Pengaruh Kualitas Pelayanan Aviation Security Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Juanda Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.1615Abstract
Pengaruh Kualitas Pelayanan Aviation Security Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Juanda Surabaya
Muhamad Eka Putra Utama1 Maria Valeria Roellyanti2
Program Studi DIV Manajemen Transportasi Udara, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia1,2
Email: -
Abstrak
Pelayanan pada suatu bandar udara tidak terlepas dari sikap yang diberikan oleh setiap petugas, oleh karena itu setiap devisi pada bandar udara harus memberikan pelayanan secara baik dan ramah. Pelayanan yang baik pada divisi bandar udara memberikan dampak pada kualitas pelayanan keamanan dan kepuasan penumpang sebagai pengguna jasa bandar udara. Dalam tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruhnya pelayanan keamanan petugas avsec terhadap kepuasan penumpang di bandar udara Juanda Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai sumber data primernya. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang yang berada di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya Sampel yang diambil adalah sebanyak 100 penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa hasil uji T mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000 0,005 yang berarti adanya pengaruh dari kualitas pelayanan keamanan petugas avsec unit centralize(security check point) terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.Berdasarkan hasil uji R², diperoleh hasil sebesar 0,852 atau sama dengan 85,2%. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh kualitas pelayanan keamanan petugas avsec unit centralize(security check point) mendapat korelasi yang kuat) berpengaruh terhadap variabel kepuasan penumpang dan sisanya 14,8% atau 0,148 merupakan variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata Kunci: Aviation Security, Kepuasan Penumpang
References
DAFTAR PUSTAKA
Adi Prawoto, Wahyu. 2020. Pengaruh Pemeriksaan Keamanan Security Check Point (SCP) Terhadap Kepuasan Penumpang Di Unit Aviation Security (Avsec) Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Agastha Dwi Parandika, Rahma. 2020. Analisis Pelayanan Petugas Avsec Terhadap Kepuasan Penumpang di Terminal Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Annex 14 (Aerodrome). Definition of Airport. Montreal Canada: International Cicil Aviation Organization (ICAO).
Awan. 2021. Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara Terhadap Kepuasan Penumpang Domestik Di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara.
Bahri, Hairul. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Special Passanger Di Bandar Udara Internasional Lombok. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Darus, Muhammad Dhio. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kualittas Pelayanan Di Bandar Udara Internasional Kualanamu
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. (2014). Metodeoogi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Dan Kualitatif. Yogyakarta: BPFE.
Jenderal Perhubungan Udara. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 69 Tahun 2013 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional. 2013. Jakarta: Menteri Perhubungan Republik Indonesia.
Kotler, Philip. (2014). Principle of Marketing. Edisi ke 15. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Lovelock, C. 2011. Pemasaran Jasa Perspektif. Jakarta: Erlangga. Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba.
Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: salemba.
Maharani, Maharani. 2021. Pengaruh Kepuasan Penumpang Terhadap Fasilitas Ruang Tunggu Di Terminal Domestik Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Marina, Sandriana., Risit, Maulana Dika, & Ozali, Imam. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan PT. Angkasa pura I terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Lombok, Praya. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik: PP.87-92.
Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: SKEP 2756/XII/2010, Tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara, dan Barang Bawaan yang Diangkut Dengan Pesawat Udara dan Orang Perseorangan. 2010. Jakarta: Direktur Jenderal Perhubungan Udara.
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 31 Tahun 2013 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional. 2013. Jakarta: Direktor
Permatasari, Evinda Dwi. 2019. Kajian Pelaksanaan Pengamanan di Security Check Point (SCP) 1 Terhadap Tingkat Keamanan di Terminal 1B Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.
PM 49 no.5 tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.
Rizaldi, Rino. 2020. Pengaruh Faktor Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Petugas Aviation Security (Avsec) Di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.
Sitinjak, Yongky. 2017. Peranan PT.Gapura Angkasa Dalam Meningkatkan Pelayanan Penumpang Garuda Indonesia Di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam. Kertas Karya Universitas Sumatera Utara
Soter, Frederick. 2020. Peran Pelayanan Unit Aviation Security Terhadap Keamanan dan Keselamatan Penerbangan Dalam Penerapan Safety Management System di Bandar Udara Frans Seda Maumere. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip. Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Andi Offest.
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan.
Website PT.Angkasa Pura II, tentang Bandara Internasional Juanda, (online) (https://ap1.co.id/id/information/news/detail/dua-bulan-pertama-2022-angkasa-pura-airports-layani-6-juta-penumpang, di akses 09 Maret 2022)
Website PT.Angkasa Pura II, tentang Bandara Internasional Juanda, (online) https://juanda-airport.com/id/berita/index/sepekan-dua-penghargaan-dimenangkan-pt-angkasa-pura-i-persero-bandara-internasional-juanda-surabaya-1, di akses 19 September 2018)
Widagdo, Djoko. 2019. Analisa Kualitas Pelayanan Keamanan Petugas Aviation Security (AVSEC) terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Jurnal Optimal: PP 35-45
Yita, Yarlina. 2016. Evaluasi Kinerja Pelayanan Penumpang di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi. Jurrnal Perhubungan Udara: PP.79-100.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhamad Eka Putra Utama, Maria Valeria Roellyanti
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.