Pengaruh Kualitas Pelayanan Aviation Security Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Juanda Surabaya

Authors

  • Muhamad Eka Putra Utama Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Maria Valeria Roellyanti Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i3.1615

Abstract

Pengaruh Kualitas Pelayanan Aviation Security Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Juanda Surabaya

 

Muhamad Eka Putra Utama1 Maria Valeria Roellyanti2

Program Studi DIV Manajemen Transportasi Udara, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia1,2

Email: -

 

Abstrak

Pelayanan pada suatu bandar udara tidak terlepas dari sikap yang diberikan oleh setiap petugas, oleh karena itu setiap devisi pada bandar udara harus memberikan pelayanan secara baik dan ramah. Pelayanan yang baik pada divisi bandar udara memberikan dampak pada kualitas pelayanan keamanan dan kepuasan penumpang sebagai pengguna jasa bandar udara. Dalam tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruhnya pelayanan keamanan petugas avsec terhadap kepuasan penumpang di bandar udara Juanda Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai sumber data primernya. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang yang berada di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya Sampel yang diambil adalah sebanyak 100 penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa hasil uji T mempunyai nilai signifikan sebesar 0,000 0,005 yang berarti adanya pengaruh dari kualitas pelayanan keamanan petugas avsec unit centralize(security check point) terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.Berdasarkan hasil uji R², diperoleh hasil sebesar 0,852 atau sama dengan 85,2%. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh kualitas pelayanan keamanan petugas avsec unit centralize(security check point) mendapat korelasi yang kuat) berpengaruh terhadap variabel kepuasan penumpang dan sisanya 14,8% atau 0,148 merupakan variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Kata Kunci: Aviation Security, Kepuasan Penumpang

Author Biography

Muhamad Eka Putra Utama, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

Universitas Negeri Malang 2011, Ekaterinburg Ural Federal University 2017, Kementerian Perindustrian

References

DAFTAR PUSTAKA

Adi Prawoto, Wahyu. 2020. Pengaruh Pemeriksaan Keamanan Security Check Point (SCP) Terhadap Kepuasan Penumpang Di Unit Aviation Security (Avsec) Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Agastha Dwi Parandika, Rahma. 2020. Analisis Pelayanan Petugas Avsec Terhadap Kepuasan Penumpang di Terminal Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Annex 14 (Aerodrome). Definition of Airport. Montreal Canada: International Cicil Aviation Organization (ICAO).

Awan. 2021. Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara Terhadap Kepuasan Penumpang Domestik Di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara.

Bahri, Hairul. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Special Passanger Di Bandar Udara Internasional Lombok. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Darus, Muhammad Dhio. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang Terhadap Kualittas Pelayanan Di Bandar Udara Internasional Kualanamu

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. (2014). Metodeoogi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Dan Kualitatif. Yogyakarta: BPFE.

Jenderal Perhubungan Udara. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: PM 69 Tahun 2013 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional. 2013. Jakarta: Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

Kotler, Philip. (2014). Principle of Marketing. Edisi ke 15. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Lovelock, C. 2011. Pemasaran Jasa Perspektif. Jakarta: Erlangga. Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba.

Lupiyoadi, Rambat. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: salemba.

Maharani, Maharani. 2021. Pengaruh Kepuasan Penumpang Terhadap Fasilitas Ruang Tunggu Di Terminal Domestik Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Marina, Sandriana., Risit, Maulana Dika, & Ozali, Imam. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan PT. Angkasa pura I terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Lombok, Praya. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik: PP.87-92.

Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: SKEP 2756/XII/2010, Tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara, dan Barang Bawaan yang Diangkut Dengan Pesawat Udara dan Orang Perseorangan. 2010. Jakarta: Direktur Jenderal Perhubungan Udara.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 31 Tahun 2013 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional. 2013. Jakarta: Direktor

Permatasari, Evinda Dwi. 2019. Kajian Pelaksanaan Pengamanan di Security Check Point (SCP) 1 Terhadap Tingkat Keamanan di Terminal 1B Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya.

PM 49 no.5 tahun 2012 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Rizaldi, Rino. 2020. Pengaruh Faktor Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Petugas Aviation Security (Avsec) Di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.

Sitinjak, Yongky. 2017. Peranan PT.Gapura Angkasa Dalam Meningkatkan Pelayanan Penumpang Garuda Indonesia Di Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam. Kertas Karya Universitas Sumatera Utara

Soter, Frederick. 2020. Peran Pelayanan Unit Aviation Security Terhadap Keamanan dan Keselamatan Penerbangan Dalam Penerapan Safety Management System di Bandar Udara Frans Seda Maumere. Skripsi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip. Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: Andi Offest.

Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan.

Website PT.Angkasa Pura II, tentang Bandara Internasional Juanda, (online) (https://ap1.co.id/id/information/news/detail/dua-bulan-pertama-2022-angkasa-pura-airports-layani-6-juta-penumpang, di akses 09 Maret 2022)

Website PT.Angkasa Pura II, tentang Bandara Internasional Juanda, (online) https://juanda-airport.com/id/berita/index/sepekan-dua-penghargaan-dimenangkan-pt-angkasa-pura-i-persero-bandara-internasional-juanda-surabaya-1, di akses 19 September 2018)

Widagdo, Djoko. 2019. Analisa Kualitas Pelayanan Keamanan Petugas Aviation Security (AVSEC) terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Jurnal Optimal: PP 35-45

Yita, Yarlina. 2016. Evaluasi Kinerja Pelayanan Penumpang di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi. Jurrnal Perhubungan Udara: PP.79-100.

Downloads

Published

2022-10-13