Pengaruh E-commerce, Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan Hijab pada Alifah Griya Muslimah

Authors

  • Ni’matul Maulla Universitas Muhadi Setiabudi
  • Syariefful Ikhwan Universitas Muhadi Setiabudi
  • Gian Fitralisma Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.1864

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur volume penjualan melalui variabel bebas e-commerce, kualitas produk, kualitas layanan dan penetapan harga yang menggunakan metode penelitian kuantitatif. Peneliti membuat dan menyebar kuisisoner kepada 97 responden pelanggan yang membeli hijab pada Alifah Griya Muslimah. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas, Uji Heterekedastisitas, Uji Regresi Linier Berganda, Uji Parsial (Uji t), Uji Simultan (Uji F), dan Uji Determinasi (Uji R). Hasil analisis deskriptif yang dikategorikan baik dari semua variabel bebas yaitu terdapat pengaruh positif dan signifikan e-commerce, kualitas produk, kualitas layanan, dan penetapan harga terhadap volume penjualan dengan Fhitung 11,408 > Ftabel 3,94 pada taraf signifikan 5%.

Kata Kunci: E-commerce, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Penetapan Harga dan Volume Penjualan

 

Abstract

This study was conducted to measure sales volume through the independent variables of e-commerce, product quality, service quality and pricing using quantitative research methods. Researchers created and distributed questionnaires to 97 customer respondents who bought hijab at Alifah Griya Muslimah. The analytical techniques used are Validity Test, Reliability Test, Normality Test, Multicollinearity Test, Heteredasticity Test, Multiple Linear Regression Test, Partial Test (t Test), Simultaneous Test (F Test), and Determination Test (R Test). The results of descriptive analysis are categorized as good from all independent variables, namely there is a positive and significant effect of e-commerce, product quality, service quality, and pricing on sales volume with Fcount 11.408 > Ftable 3.94 at a significant level of 5%.

Keywords: E-commerce, Product Quality, Service Quality, Pricing and Sales Volume.

References

DAFTAR PUSTAKA

Afifah, Syariefful Ikhwan, dkk (2021). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk Tape Ketan Daun Jeruk.

Bryan Y.P, Aditya A.H, Annisa W.A (2019) Pengaruh E-commerce Tokopedia.com terhadap Minat Beli Pakaian Secara Online pada Mahasiswa Universitas Mulawarman.

Dedi Renaldi (2021) Pengaruh Layanan Goo Food dan Penetapan Harga terhadap Volume Penjualan di PT. Evismadalia Anugrah (KOPIKOHI).

Gian Fitralisma, Yenny Ernitawati (2021), Kualitas Pelayanan Aparatur Desa Saat Situasi Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Dari Kementrian Desa.

Rahmat (2022) Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Masyarakat Menggunakan E-commerce pada masa Pandemi Covid-19.

Rayhan Hasbi (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Portobello Café Semarang.

Tesa Nurul Safrianti (2020) Pengaruh Transaksi Online (e-commerce), Modal dan Lama Usaha terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Kabupaten Tegal

Yudha Tri Maulana Bangun (2020) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Trans Sumatera Agung Gatot Subroto Medan

Yuli Rahmini Suci (2019) Pengembangan UMKM di Indonesia. Fia Handrianingsih (2020) Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Citra Merk terhadap Kepuasan Pelanggan pada E-commerce Blibli.com.

Downloads

Published

2022-09-21