PENERAPAN PENGGUNAAN BANDICAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PADA KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA

Authors

  • Ari Retno Purwanti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Famatul Basiroh Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.2236

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan penggunaan Bandicam untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa pada kuliah pendidikan Pancasila. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakaan kualitatif dan metode deskriptif, peneliti menggunakan eksplorasi dalam pembelajaran daring dengan aplikasi online menggunakan elearning, Bandicam, Youtube dan Google meeting, subyek penelitian adalah 28 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan dari aplikasi Bandicam. Dari angket google form dapat diketahui efektivitas pembelajaran elearning dengan bandicam, You Tube dan google meeting. Teknik analisis data menggunakan analisis dari Miles dan Huberman. Dari hasil Penelitian berupa kegiatan reduksi data, data display dan verifikasi data atau kesimpulan. Perkuliahan Pancasila yang dilaksanakan dengan elearning yang semula hanya menggunakan PPT biasa untuk diberikan pada mahasiswa, hasil nya yang efektif hanya ada 5 orang/mahasiswa namun setelah PPT nya menggunakan bandicam mahasiswa yang efektif meningkat menjadi 21 orang. Hal ini dikarenakan bandicam membantu pemahaman mahasiswa untuk menangkap materi perkuliahan Pancasila yang tidak hanya melihat tulisan tapi juga mendengarkan penjelasan dosen yang telah dibuat dalam aplikasi bandicam dan ditayangkan berulang-ulang untuk lebih memahami kembali.

Kata Kunci:  Penerpan, Bandicam, Pancasila

 

Abstract

This research aims to find out the application of the use of Bandicam to improve student understanding in Pancasila education lectures. The approach in this study uses qualitative and descriptive methods, researchers use exploration in online learning with online applications using elearning, Bandicam, Youtube and Google meetings, the study subjects were 28 students. Data collection techniques with participant observations from the Bandicam application. From the google form questionnaire can be known the effectiveness of elearning learning with bandicam, You Tube and google google meeting. Data analysis techniques use analysis from Miles and Huberman. From the results of research in the form of data reduction activities, display data and data verification or conclusions. Pancasila lectures are carried out by elearning which originally only uses regular PPT to be given to students, the results are effective there are only 5 people / students but after the PPT uses an effective student bandicam increased to 21 people. This is because bandicam helps students understand to capture Pancasila lecture material that not only sees writing but also listens to lecturer explanations that have been made in bandicam applications and aired repeatedly to better understand again.

Keywords: Penerpan, Bandicam, Pancasila

References

DAFTAR PUSTAKA

Anderson, Ronald. H. 1994. Pemilihandan pengembangan media video pembelajaran. Jakarta: Grafindo Pers

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti. (2013)

Harjanto. (2006). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Herayanti, L, Safitri, B.R., Suroyanti, B.A., Putrayadi, W. (2019). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran bagi guru-guru di SDN 1 Ubung Dengan Memanfaatkan Bandicam. Universitas Pendidikan Mandalika Indonesia

Husein, H. (2020). Materi Perkuliahan: Perekaman Video Pembelajaran Dengan Bandicam dan Powerpoint. UIN Walisongo Semarang.

Ignacio, N.G., Blanco, N.L.J., & Barona, E.G. 2006. The Affective Domain in Mathematics Learning. International Electronic Journal of Mathematics Education. Vol.1 No.1:16–32

Kaelan, M.S. dkk. (2003). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma.

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Tentang Pedoman Pelaksanaan Mata Kuliah Wajib pada Kurikulum Pendidikan Tinggi

Laku, S. K, & Andrean D. B. (2010). Pandangan Atau Tanggapan Akhir Peserta Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Terhadap Pendidikan Pancasila di UNPAR. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan Bandung

Mufarokah, A. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: TERAS

Riyana, C. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia

Ruminiati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Depdiknas

Sanjaya, W. (2006). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencana

Sudjana, N (1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudijono, A. (2000). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Downloads

Published

2022-01-17