Pengaruh Kesiapan dan Motivasi Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring

Authors

  • Santi Yuniarti Universitas Terbuka Yogyakarta
  • Septian Aji Permana Universitas PGRI Yogyakarta
  • Ketut Budiastra Universitas Terbuka Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2444

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kesiapan dan motivasi terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas V SD di Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo dalam pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V SD Negeri di Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo dengan populasi berjumlah 638. Sampel yang digunakan sebanyak 245. Variabel independen pada penelitian ini adalah kesiapan belajar dan motivasi belajar, sedangkan variabel dependen adalah kemandirian belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket secara daring. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS 26. Dari nilai koefisien regresi kesiapan belajar (X1), motivasi belajar (X2), dan kemandirian belajar (Y) dapat dibuat persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 3,207 + 0,431X1 + 0,772X2. Berdasarkan analisis data statistik pengaruh kesiapan dan motivasi belajar terhadap kemandirian belajar diperoleh koefisien korelasi ganda (R) = 0,801 dan koefisien determinan (R2) = 0,642. Hal tersebut berarti bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara kesiapan dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar Peserta Didik Kelas V SD di Kapanewon Wates Kabupaten Kulon Progo dalam pembelajaran daring sebesar 64,2% dan selebihnya 35,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci: Kesiapan, Motivasi, dan Kemandirian Belajar

 

Abstract

This research aims to examine the influence of readiness and motivation on the learning independence of elementary school V students in Kapanewon Wates Kulon Progo Regency in online learning. This research was conducted on students of class V of State Elementary School in Kapanewon Wates Kulon Progo Regency with a population of 638. The sample used was 245. The independent variables in this study are learning readiness and learning motivation, while the dependent variable is learning independence. Data collection in this study using questionnaires online. Variable measurements are carried out using the Likert scale. Data analysis is performed using multiple linear regression with the help of SPSS 26 software. From the value of the learning readiness regression coefficient (X1), learning motivation (X2), and learning independence (Y) can be made double linear regression equations as follows Y = 3.207 + 0.431X1 + 0.772X2. Based on statistical data analysis, the influence of readiness and motivation of learning on learning independence obtained a double correlation coefficient (R) = 0.801 and determinant coefficient (R2) = 0.642. This means that there is a strong influence between the readiness and motivation of learning together on the learning independence of Class V elementary school learners in Kapanewon Wates Kulon Progo Regency in online learning by 64.2% and the remaining 35.8% influenced by other factors.

Keywords: Readiness, Motivation, and Learning Independence

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad & Joko. (2013). Model Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Aini & Taman (2015). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 1.

Ali, M. & Asrori, M. (2010). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Anfas, A. (2020). Pengaruh Pelatihan Keterampilan Belajar Mandiri terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan, Vol. 21, No. 1, Hal: 18–27.

Ansel. (2020). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Peserta Didik SDN Ende 5 Kabupaten Ende. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol.6, No.1.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Assagaf, G. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Regulasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Ambon. Matematika Dan Pembelajaranya, Vol. 2, No. 1, Hal: 105–126.

Aydin, C. H. & Tasci, D. (2005). Measuring Readiness for E-learning: Reflections from an Emerging Country. Journal of Educational Technology & Society, Vol. 8, No. 4, pp. 244-257.

Aziz, A. & Nana. (2020). Mobile Learning Sebagai Inovasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran di Sekolah. Jurnal of Educational Research and Riview, Vol. 3, No. 1.

Dedi, S. R., dkk. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 PGSD Masukan Sarjana Di UPBJJ UT Bandung. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. Vol. 8, No. 2, Hal: 163-177.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2, No. 1, Hal: 55–61.

Dhull, I. & Sakshi, M. S. (2017). Online Learning. International Education & Research. Journal IERJ Research Paper Astronomy, Vol. 3, No. 8.

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. 2013. Profil Pendidikan Kabupaten Kulon Progo Tahun Pelajaran 2013/2014. Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendi, E. (2017). Hubungan Readiness (Kesiapan) Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 03 Sukaraja. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 5, No. 1, Hal: 15.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, Vol. 5, No. 2, Hal: 172.

Faizah, I. N. & Subroto, W. T. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Education and Development, Vol. 9, No. 2, Hal: 101–106.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, Vol. 11, No. 1, Hal: 85.

Fitriani, W., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2020). Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Vol. 5, No. 6, Hal: 828.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 7, No. 1, Hal: 121–132.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hadi, Sutrisno. (2015). Statistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Halim, S. N. H. & Rahma, R. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep. MANDALIKA Mathematics and Educations Journal, Vol. 2, No. 2, Hal: 102.

Hamalik, Oemar. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayat, D. R., dkk. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, Vol. 34, No. 2, Hal: 147–154.

Hung, M. L., et al. (2010). Learner Readiness for Online Learning: Scale Development and Student Perceptions. Computers & Education, Vol. 55, No. 3, pp: 1080-1090.

Isnawati, N., & Samian. (2010). Kemandirian Belajar Ditinjau dari Kreativitas Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa. Journals.Ums.Ac.Id, Vol. 1, Hal: 128–144.

Kebijakan Nasional tentang Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025. Jakarta: Depdiknas.

Kurtarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, Vol. 1, No. 2, Hal: 207–220.

Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring sebagai Dampak Covid-19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), Vol. 1, No. 1, Hal: 7–13.

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mudjiman, Haris. (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS PRESS.

Muhammad, Iryana. (2020). Pengaruh Perkuliahan Daring terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi. Vol. 4, No. 1, Hal: 24–30.

Mustiko, A. B. & Novi Trisnawati, N. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru, Kesiapan Belajar dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration: Education and Practice, Vol. 1, No. 1, Hal: 42-52

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2022). Nasionalisme Warga Muda di Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan di Perbatasan. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 66–75. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214

Ningsih, R. & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, Vol. 6, No. 1, Hal: 73–84.

Pane, A. & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 03 No. 2.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Prawiradilaga. D. S. (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Kencana.

Rachman, F., Sugara, mochmamad H., & Nurgiansah, T. H. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Sunda Dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Negeri Purwakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 252–262.

Rahmasari, A. F., Setiawan, F., & Faradita, M. N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Online terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19. Inventa, Vol. 4, No. 2, Hal: 158–168.

Retmanto. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X IIS di MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019. OIKONOMIA. Vol. 8, No. 271-276.

Sadikin, A. & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, Vol. 6, No. 2, Hal: 214-224.

Sari, A. K., Muhsin, & Rozi, F. (Hasanah, 2017). Pengaruh Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri, dan Penyesuaian Diri terhadap Kemandirian Belajar. Economic Education Analysis Journal, Vol. 6, No. 3, Hal: 923-935.

Sari, Y. I. & Trisnawati, N. (2021). Analisis Pengaruh E-Learning dan Kesiapan Belajar Terhadap Minat Belajar Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Mahasiswa Program Beasiswa FLATS di Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan, Vol. 7, No. 2, Hal: 346-360.

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Setiaji, B. & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis Kesiapan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Menggunakan E-learning dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan, Vol. 6, No. 1.

Setiawardhani, R. T. (2013). Pembelajaran Elektronik (E-Learning) dan Internet dalam Rangka Mengoptimalkan Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Edunomic, Vol.1, No.2.

Shella & Dariyo, A. (2016). Hubungan Antara Persepsi Siswa terhadap Keterlibatan Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar (Studi di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung). Jurnal Psikogenesis, Vol. 4, No. 1, Hal: 1–11.

Siregar, Sofyan. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuanitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slamento. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Soemanto, Wasty. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarwo, R., Yusuf, & Anfas. (2018). Influence of Learning Facilities and Student (Empirical Study on Bidikmisi Scholarship Students Regional Office of Universitas Terbuka at Ternate) Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa (Studi Empiris Pada Mahasiswa Beasiswa Bidikmisi UPBJJ-UT Ternate. Jurnal Pendidikan, Vol. 19, No. 2, Hal: 69.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suid, dkk. (2017). Nalisis Kemandirian Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Pesona. Vol. 1, No.5, Hal: 70-81.

Sumarmo, U. (2015). Pengembangan dan Contoh Butir Skala Nilai, Karakter, Budaya, dan Aspek Afektif Lain dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung.

Sundayana, Rostina. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Garut, Vol. 8, No. 1, Hal: 31-40.

Sutama, Wahyudiyanto, & Narimo (Hasanah, 2017). Dampak Motivasi Berprestasi terhadap Kemandirian Belajar Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Managemen Pendidikan, Vol. 12, No. 2, Hal: 191-200.

Uki, F. & Ilham, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, Vol. 6, No. 1, Hal: 89.

Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Valentin, R. R. & Hadi, N. U. (2018). Analisis Keyakinan Diri (Self Efficacy) Akademik dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, Vol. 12, No. 1, Hal: 142.

Vosloo, S. & Belle, J. P. (2009) E-Goverment and E-Readiness of Non Profit Organisation in the Western Cape. South America.

Warmi, Adirakasiwi, & Santoso, (Hasanah, 2017). Motivasi Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Peserta Didik Kelas VII B SMPN 3 Karawang Tahun Pelajaran 2019-2020). Jurnal Education and development. Vol.8, No.3.

Wijaya, A. (2018). How do Open-Ended Problems Promote Mathematical Creativity? A reflection of Bare Mathematics Problem and Contextual Problem. Journal of Physics, Series 983.

Yu, T. & Richardson, J. C. (2015). An Exploratory Factor Analysis and Reliability Analysis of the Student Online Learning Readiness (SOLR) Instrument. Online Learning, Vol. 19, No. 5, pp. 120-141.

Yulikasari & Pramusinto. (2016). Pengaruh Kesiapan Belajar, Kompetensi Profesional Guru, dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Mata Pelajaran Kearsipan. Economic Education Analysis Journal, Vol. 5, No. 3, Hal: 825-837.

Zanita, E. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar Sekolah dan Motivasi terhadap Kemandirian Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri 14 Bengkulu Selatan. Tesis. Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu

Downloads

Published

2022-04-09

Issue

Section

Articles