Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Pemanfaatan Media Gadget Terhadap Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas V di Kecamatan Jumo

Authors

  • Sapti Yulianti Universitas terbuka Yogyakarta
  • Septian Aji Permana Universitas PGRI Yogyakarta
  • Ketut Budiastra Universitas Terbuka Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2445

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan pemanfaatan media gadget terhadap sikap tanggung jawab peserta didik SD kelas V di Kecamatan Jumo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji diskriptif statistik, uji prasyarat, dan uji hipotesis (uji t dan uji f). Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh positif pola asuh orang tua terhadap sikap tanggung jawab peserta didik sebesar 25,3%.Terdapat pengaruh positif pemanfaatan media gadget terhadap sikap tanggung jawab peserta didik sebesar 23,0%. Terdapat pengaruh positif pola asuh orang tua terhadap pemanfaatan media gadget sebesar 18,1%. Terdapat pengaruh positif pola asuh orang tua dan pemanfaatan media gadget secara bersama-sama terhadap sikap tanggung jawab peserta didik SD Kelas V di Kecamatan Jumo sebesar 33,9% dan selebihnya 66,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin baik sikap-sikap pola asuh orang tua yang diberikan pada anaknya maka semakin baik pula sikap tanggung jawab peserta didik. Semakin baik pemanfaatan media gadget yang digunakan peserta didik maka semakin baik pula sikap tanggung jawab peserta didik. Begitu juga semakin baik pola asuh orang tua dan semakin baik pemanfatan media gadget maka semakin baik pula sikap tanggung jawab peserta didik. Sebaliknya semakin buruk pola asuh orang tua dan semakin buruk pemanfaatan media gadget maka semakin buruk sikap tanggung jawab peserta didik.

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Pemanfaatan Media Gadget, Sikap Tanggung Jawab

 

Abstract

The purpose of this study is to find out the influence of parenting and the use of gadget media on the attitude of responsibility of class V elementary school students in Jumo District. This type of research is quantitative research with survey methods. The instrument used is a questionnaire that has previously been tested to determine its validity and reliability. Data analysis techniques use statistical disqualified tests, prerequisite tests, and hypothesis tests (t test and f test). The results of the study are that there is a positive influence of parenting on the attitude of student responsibility by 25.3%. There is a positive influence on the use of gadget media on the attitude of responsibility of students by 23.0%. There is a positive influence of parenting on the use of gadget media by 18.1%. There is a positive influence on parenting and the use of gadget media together on the attitude of responsibility of Class V elementary school students in Jumo District by 33.9% and the remaining 66.1% influenced by other factors. So it can be concluded that the better the parenting attitudes given to their children, the better the attitude of responsibility of learners. The better the use of gadget media used by students, the better the attitude of responsibility of students. Likewise, the better the parenting of parents and the better the utilization of gadget media, the better the attitude of responsibility of learners. Conversely, the worse the parenting of parents and the worse the use of gadget media, the worse the attitude of responsibility of learners.

Keywords: Parenting, Gadget Media Utilization, Attitude of Responsibility

References

DAFTAR PUSTAKA

Aeni, W., Suhirman, S., dan Alkusaery, A. (2021). Hubungan Kinerja Guru Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian; Belajar Siswa. Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran, 2(3), 84-91.

Ahmadi, A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, S.W. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Sikap Sosial Siswa SD. Joyful Learning Journal 9 (3) pp 158-163.

Azwar, S. (2016). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bella, R., Gujali, A. I., Dewi, R. S., Lion, E., & Maryam, M. (2021). Sistem Masyarakat dan Organisasi Suku Dayak Ngaju (Studi Kasus di Desa Mandomai Kalimantan Tengah). Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 364–375.

Chilwanto, E., Safna, S., Mutiara, M., Rahmad, G., Offeny, O., & Saefulloh, A. (2021). Upacara Mamapas Lewu (Studi Kasus di Kota Kasongan Kalimantan Tengah). Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 374–354. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1673/pdf

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 315-330.

Dewi Sarah, S., Julita, S., Yowisa Yolanda, P., Nurtia Indah, S., Risa, S., & Yohana, M. (2021). Peranan Pemerintah Desa dalam Pembangunan Infrastruktur. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 295–302. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i1.46323

Djamarah, S.B. (2008). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathkurozzi, A.U. (2018). Hubungan Pola Asuh Demokratis Dengan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Remaja Di RW 05 Desa Semambung, Kec. Gedangan, Kab. Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Volume 01 Nomor 01 Tahun 2018.

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika Di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handika, D. A., Wahyuni, S, dan Ronald, J. (2021). Pengelolaan Kelas, Minat Belajar, Penggunan Handphone, Rasa Percaya Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP 3 Palembayan. Jurnal Horizon Pendidikan, 1(2), 420-436.

Hapipa, N. S, dan Wiza, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Akhlak Remaja. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1, No 2, hal 152-158.

Hidayatul, F.A. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Singosari. JPIPS: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol. 5, No. 1, hal 40-48.

Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2).

Jamun, Y. M., Wejang, H. E., dan Ngalu, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Siswa SMA Di Kecamatan Langke Rembong. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 3(1), 1-7.

Kurnianto, B., dan Rahmawati, R. D. (2020). Hubungan pola asuh Orang Tua terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Daring Masa Pandemi. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 2, No. 1).

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., dan Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.

Kusumastuti, F. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas Atas SDN Brahu Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Larasati, L., dan Nikmah, C. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone dan E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Dalam Masa Pelatihan Kerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(2), 214-233.

Lickona, T. (2013). Mendidik untuk membentuk karakter: bagaimana sekolah dapat memberikan pendidikan tentang sikap hormat dan tanggung jawab. (Terjemahan Juma Abdu Wamaungo). Jakarta: Bumi Aksara.

Manalu, E. dan Supianto, N. L. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Sosial Siswa SD Negeri Se-Desa Sukamaju Kecamatan Sunggal TA 2015/2016. Jurnal Handayani PGSD FID Unimed, 5(1), 22-99.

Mulyadi, S., Basuki, H., dan Raharjo, W.2016. Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Depok: Raja Grafindo Persada.

Mulyawati, Y dan Christine, C. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. JPPGuseda Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar Vol 2 No 1.

Muslimah, M., Sa’diyah, C., dan Nasrulloh, M. E. (2021). Peran Orang Tua Mengatasi Perilaku Anak Dalam Pemanfaatan Media Sosial Selama Pandemi Covid-19 Di Dusun Arjosari Ampelgading Malang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 39-49.

Nugraha, F., dan Nurani, R. Z. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4037-4044.

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2022). Nasionalisme Warga Muda di Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan di Perbatasan. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 66–75. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214

Nuroniyah, S. (2018). Pengembangan Instrumen Pengukuran Sikap Tanggung Jawab Siswa Madrasah Aliyah. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6 (2).

Oktavia, N. dan Mulabbiyah, M. (2019). Gawai dan Kompetensi Sikap Sosial Siswa MI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V MIN 2 Kota Mataram). El Midad, 11(1), 19-40.

Patalatu, J. S., dan Besare, S. D. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Peduli Sampah pada Anak. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 19-27.

Primayana, K. H., dan Dewi, P. Y. A. (2020). Hubungan Pola Asuh Demokratis dan Intensitas Penggunaan Gawai pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 710-718.

Purwanti, R. (2021). Peran Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 Dari Segi Pemanfaatan Gawai. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Rachman, F., Sugara, mochmamad H., & Nurgiansah, T. H. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Sunda Dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Negeri Purwakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 252–262.

Ramadona, M., Anjani, A. R., dan Putriani, R. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Teknindo Jaya Depok. Research and Development Journal of Education, 6(2), 13-23.

Rohmah, C. O. (2017). Pengaruh penggunaan gadget dan lingkungan belajar terhadap minat belajar siswa kelas XI kompetensi keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722-731.

Sari, T. T. (2020). Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga Dalam Keberhasilan Belajar Dari Rumah di Masa Pandemi Covid-19. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 127-136.

Sastradiharja, E. J., dan Habibah, F. (2021). Pengaruh Metode Resitasi Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Tanggung Jawab Peserta Didik Di Kelas X SMKN 9 Jakarta. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 15-26.

Sayekti, A., Darmawati, D., dan Sulistyandari, S. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter, Pola Asuh Orang Tua dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Baturaden. Soedirman Economics Education Journal, 2(1), 21-34.

Sembiring, A. A. (2020). Pengaruh Pola Asuh Demokratis Orang Tua Terhadap Sikap Tanggung Jawab Anak di TK Baiturrahmah Kota Jambi. https://repository.unja.ac.id/10362/

Shochib, M. (2010). Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sriyono, S. (2018). Internet Sebagai Media Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 1, No. 1).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukarno, Z. A., & Hardinto, P. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget, Minat Belajar Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Iis Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA N 1 Kepanjen. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 9-19.

Sundawa, Y. A., Maliga, I., dan Kesuma, E. G. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Sosio Emosioal Anak Usia Pra Sekolah Di PAUD As-Salam Sumbawa. Jurnal Kesehatan dan Sains, 4(1), 1-13.

Surahman, E. dan Mukminan, M. (2017). Peran guru IPS sebagai pendidik dan pengajar dalam meningkatkan sikap sosial dan tanggung jawab sosial siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1-13.

Susanto, A. A. V., dan Aman, A. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Pergaulan Teman Sebaya, Media Televisi Terhadap Karakter Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 105-111.

Suyadi, (2013). Strategi pembelajaran pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thoyyibah, L. R. (2017) Korelasi Usia Masuk Sekolah Dasar Dan Pola Asuh Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Blitar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

Tridhonanto, A. dan Agency, B. (2014). Mengmbangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Utami, P.Y. (2020). Membangun Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Literasi Media Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Internasional Kolokium 2020.

Viandari, K. D. dan Susilawati KPA. (2019). Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 76-87.

Waliid, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Karakter Siswa Di SMP 01 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Widayani, S. dan Astuti, K. (2020). Pembentukan Karakter Melalui Pola Asuh Demokratis Untuk Mencegah Kecanduan Gadget Remaja Di Era Revolusi Industri 4.0. Psycho Idea, 18(1), 74-81.

Widiastiti, N. L. G. M. dan Agustika, G. N. S. (2020). Intensitas Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua di Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 112-120.

Widiastuti, N. dan Elshap, D. S. (2015). Pola Asuh Orang Tua Sebagai Upaya Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab pada Anak Dalam Menggunakan Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 148-159.

Widyanti, A., Hasudungan, S., dan Park, J. (2020). e-Learning readiness and perceived learning workload among students in an Indonesian university. Knowledge Management & E-Learning: An International Journal, 12(1), 18-29.

Yani, W. R. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Kedisiplinan Siswa Di MAN 1 Dumai. Jurnal Wibawa, 1(1), 13-23.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, Dan Implementasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., dan Wulandari, H. (2018). Pendekatan saintifik untuk mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 13(2).

Yustina, A., dan Setyowati, S. (2021). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua dalam Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 10(1), 1-7.

Yusuf, S. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuriah, N. (2008). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zurqoni, M. (2019). Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Downloads

Published

2022-04-07

Issue

Section

Articles