Pengaruh Brand Loyalty Maskapai Citilink Terhadap Minat Beli di Bandara Udara Internasional Supadio Pontianak Kalimantan Barat

Authors

  • Utari Murtianingsih Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Maria Valeria Roellyanti Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2482

Abstract

Abstrak

Seiring dengan perkembangan jaman, transportasi di Indonesia sangat diperlukan bagi semua kalangan salah satunya jasa transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat saat ini adalah transportasi udara, meningkatnya jumlah penumpang tersebut menunjukan bahwa antusiasme dan minat penumpang dalam menggunakan jasa layanan angkutan udara semakin tinggi. Dengan meningkatnya jumlah penumpang tentu akan sangat berpengaruh, juga terhadap minat beli. Peneliti ini menggunakan data kuisioner dengan populasi seluruh penumpang Maskapai Citilink di Bandar Udara Supadio Pontianak Kalimantan Barat dan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif kemudian data hasil responden tersebut akan diolah menggunakan SPSS versi 12. Hasil pengolahan data yang diperoleh oleh peneliti menunjukan bahwa variabel brand loyalty berpengaruh terhadap minat beli terdapat pengaruh antara variabel independen (X) Brand Loyalty terhadap variabel dependen (Y) Minat Beli, yaitu sebesar 84,6%.

Kata kunci: brand loyalty, Minat beli

 

Abstract

Along with the times, transportation in Indonesia is very necessary for all circles, one of which is the transportation service that is often used by the community today, namely air transportation, the increasing number of passengers shows that the enthusiasm and interest of passengers in using air transportation services is getting higher. With the increase in the number of passengers, of course, it will also greatly affect buying interest. This researcher uses questionnaire data with a population of all Citilink airline passengers at Supadio Pontianak Airport, West Kalimantan and the sample used is 100 respondents. By using quantitative research methods, the respondent's data will be processed using SPSS version 12. The results of data processing obtained by researchers show that the brand loyalty variable affects buying interest, there is an influence between the independent variable (X) Brand Loyalty on the dependent variable (Y) Buying Interest, which is 84.6%

Keywords: brand loyalty, buying interest

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Ashshiddiqi, T. (2018). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness terhadap Minat Beli Konsumen di TOSERBA BORMA Cipadung: Studi pada Konsumen di Wilayah Kota Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Dananjaya, R., Waridin, W., & Widiyanto, I. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Pelanggan Maskapai Batavia Air Di Bandara Ahmad Yani Semarang (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Kamilia, R., & Djatmiko, D. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Maskapai Penerbangan Lion Air Di Surabaya Tahun 2017. eProceedings of Management, 5(1).

Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Lucas, D. B. (2012). Measuring Advertising Effectiveness . New York.

Natasha Gabrielle, L. H. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Maskapai Garuda Indonesia. Jurnal Manajemen, 8(1).

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2022). Nasionalisme Warga Muda di Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan di Perbatasan. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 66–75. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214

Rachman, F., Sugara, mochmamad H., & Nurgiansah, T. H. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Sunda Dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Negeri Purwakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 252–262.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.Bandung.

Valentina, E. N., Rosinta, F., Andayani, E., & Suwaryono, I. L. (2014). Pengaruh citra merek terhadap minat beli konsumen (studi pada batik air sebagai brand extension dari lion air)= The influence of brand image toward purchase intention (study on batik air as a brand extension from lion air).

IBM SPSS Statistic 21. leading statistical software used to solve business and research problems by means of ad-hoc analysis, hypothesis testing, and predictive analytics.

Downloads

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles