Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Moral Pelajar di Era Modern

Authors

  • Rayhan Zaki Gunawan Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Fatma Ulfatun Najicha Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2507

Abstract

Abstrak

Tujuan dari dibuatnya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Pendidikan dalam membangun karakter moral pelajar di era modern. Sistem Pendidikan nilai yang efektif di sekolah diharapkan mampu menjadi pendorong para siswa mampu untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam isi materi pokok yang diajakan pendidik serta mampu dalam membangun karakter moral yang baik. metode penelitian studi literatur secara kualitatif yang diperoleh melalui proses literasi dari berbagai buku, artikel, serta jurnal yang berkaitan dengan materi yang dibahas. Kesimpulan yang dapat diambil dari peran Pendidikan dalam membangun karakter moral pelajar di era modern. perlunya perencanaan yang terstruktur dari pembelajaran yang dilakukan di sekolah-sekolah. Perlu dilakukan suatu sistem terobosan baru dalam hal mengajar maupun dari isi materi karena hal itu akan menjadi salah satu dasar untuk mewujudkan tujuan dari Pendidikan kewarganegaraan sendiri. Ketika sistem yang dirancang tersebut efektif, maka pengimplementasian isi dari materi yang dibawakan pendidik akan diterima dengan baik oleh para siswa.

Kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter Moral, Era Modern


Abstract

The purpose of this research is to find out how the role of education in building the moral character of students in the modern era. An effective value education system in schools is expected to be able to encourage students to be able to implement the values contained in the content of the subject matter invited by educators and be able to build good moral character. qualitative literature study research method obtained through the literacy process from various books, articles, and journals related to the material discussed. Conclusions that can be drawn from the role of education in building the moral character of students in the modern era. the need for structured planning of learning carried out in schools. It is necessary to make a new breakthrough system in terms of teaching as well as from the content of the material because it will be one of the bases for realizing the goals of civic education itself. When the system designed is effective, then the implementation of the content of the material presented by the educator will be well received by the students

Keywords: Citizenship Education, High Moral Character, Modern Era

References

DAFTAR PUSTAKA

Angraini, R. (2017a). Karakteristik Media yang Tepat dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Nilai. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 14–24. https://doi.org/10.24036/8851412020171116

Angraini, R. (2017b). Karakteristik Media yang Tepat dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Nilai. Journal of Moral and Civic Education, 1(1), 22–23. https://doi.org/10.24036/8851412020171116

Ardiyansyah, H., Prima, B., Hermuttaqien, F., & Bomans Wadu, L. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21067/jmk

Ayars, A. (2016). Can model-free reinforcement learning explain deontological moral judgments? Http://Europepmc.Org/Article/Med/26918742, 150, 232–242.

Baihaqi, B. (2018, March 3). Hambatan dalam Implementasi Pendidikan Karakter _ Neraca.co.id. Neraca.Co.Id.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Psikologi.

Izza Nur Fadhila, H., & Ulfatun Najicha, F. (2021). PENTINGNYA MEMAHAMI DAN MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI-NILAI PANCASILA DI LINGKUNGAN MASYARAKAT. 4(2).

Jumriani. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH (STUDI PENYIMPANGAN SISWA DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 2 BANTAENG ).

Lawrence, K. (1995). Tahap-tahap Perkembangan Moral. Diterjemahkan oleh John de Santo dan Agus Cremers.

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Pala, A. (2011). THE NEED FOR CHARACTER EDUCATION. In INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL SCIENCES AND HUMANITY STUDIES (Vol. 3, Issue 2). Online.

Pradnyani, N. (2015). PENDAPAT TENTANG MORAL DI ZAMAN NOW. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 1(2), 54–56.

Rapoho, B. (2019). TeoriPerkembanganMoralatauEtikaMenurutPiaget (1). ResearchGate.

Stai, I. H., Falah, N., & Inhu, A. (2017a). PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA (Vol. 2, Issue 1). http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK

Stai, I. H., Falah, N., & Inhu, A. (2017b). PENGARUH PENGETAHUAN MORAL TERHADAP PERILAKU MORAL PADA SISWA SMP NEGERI KOTA PEKAN BARU BERDASARKAN PENDIDIKAN ORANGTUA. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 30–34. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK

Sudarsono. (2012). Kenakalan Remaja: prevensi, rehabilitas, dan resosialisasi. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Administrasi. (Ed. rev, Vols. 979-8433-02–5). CV Alfabeta.

Suryana, P. (2010). METODOLOGI PENELITIAN.

Yanti, S., Pitoewas, B., & Yanzi, H. (2017). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERGESERAN MORAL DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK.

Zaenul Fitri, A. (2012). Pendidikan karakter berbasis nilai dan etika di sekolah (R. T. Sari, Ed.; 978th-979th-25th-4917th–1st ed.). Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2022-04-20

Issue

Section

Articles