Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Minat Beli Tiket Pada Maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak

Authors

  • Yuliani Yuliani Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Arif Fakhrudin Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2515

Abstract

Abstrak

Lion Air  adalah  salah satu maskapai bertarif rendah ( Low Cost Carrier), karena banyaknya pesaing. Persaingan antar industri penerbangan ditandai dengan hadirnya Low Cost Carrier atau  layanan LCC. Layanan LCC memiliki dampak luas pada industri penerbangan di Asia Pasifik dan ASEAN. Mengingat beberapa dampaknya,  pertama persaingan dari layanan LCC dapat menekan maskapai yang ada menjadi lebih efisiensi, mengurangi lalu lintas udara secara keseluruhan dan meningkatkan permintaan di semua penerbangan. kedua maskapai yang ada dapat mengharapkan persaingan berkat layanan LCC, termasuk penurunan harga tiket yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada  pengaruh citra merek dan  harga terhadap minat beli tiket  Lion Air di Bandara Internasional Supadio Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang atau /pelanggan  Lion Air. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan kuesioner dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden. metode pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel X1 dan X2  berpengaruh positif terhadap variabel Y. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat dikatakan ada hubungan yang positif signifikansi antara variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y. Sehingga citra merk memiliki tHitung ( 5,515) > t tabel (1,984) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,005. dan harga memperoleh tHitung  (3,336)  > t tabel ( 1,984) dengan nilai signifikan sebesar 0,001< 0,005.  Sedangkan hasil dari Fhitung memperoleh nilai sebesar (61,672)> Ftabel (309) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,005 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel  Citra Merek (X1) dan Variabel harga (X2) secara simultan terhadap Variabel Y.

Kata Kunci: Citra Merk, Harga,Minat beli tiket

 

Abstract

Lion Air is one of the low cost airlines (Low Cost Carrier), because of the many competitors. Competition between the aviation industry is marked by the presence of Low Cost Carrier or LCC services. LCC services have a broad impact on the aviation industry in Asia Pacific and ASEAN. Given the multiple impacts, firstly, competition from LCC services could pressure existing airlines to become more efficient, reduce overall air traffic and increase demand across all flights. both existing airlines can expect competition thanks to LCC services, including significant ticket price reductions. This study aims to determine whether there is an influence of brand image and price on interest in buying Lion Air tickets at Supadio Pontianak International Airport. The population in this study were all passengers or/customers of Lion Air. This research uses quantitative research with questionnaires and samples taken are 100 Respondent. sampling method using non-probability sampling technique with purposive sampling method. The results of this study indicate that the regression coefficient values of the variables X1 and X2 have a positive effect on the Y variable. So the hypothesis in this study can be said that there is a significant positive relationship between the X1 and X2 variables on the Y variable. So that the brand image has tcount (5,515) > t table (1.984) with a significance value of 0.000 < 0.005. and the price obtained tcount (3.336) > t table (1.984) with a significant value of 0.001 < 0.005.

Keywords: Brand Image,Price, Buying interest

References

DAFTAR PUSTAKA

Amilia dan Asmara.(2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa.Jurnal Manajemen dan Keuangan.Volume 6 (1): 660-669

Feizal, M., & Rachmawati, I. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Sony Xperia Di Indonesia. eProceedings of Management.

Fitria, L. (2012). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Erlangga. Jakarta

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Imron, M. F., & Widaningsih, S. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Minat Beli Mobil Daihatsu New Ayla (Studi Kasus Terhadap Konsumen di Kota Bandung pada Tahun 2019). eProceedings of Applied Science, 6(1).

Kotler,Amstrong.2016. Principles of Marketing Sixteenth edition Global Edition,Egland .Pearson Education Limitied

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller.(2017). Maketing Manajemen. Edisi 15. Global Edition.United Kingdom.Pearson Education.

Novena, monika. 2011. Indonesia menjadi pasar potensial industri penerbangan. https://industri.kontan.co.id/news/indonesia-menjadi-pasar-potensial-industri-penerbangan-1. diakses tanggal 18 Agustus 2021.

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Priansa, Donny J. (2017). Perilaku Konsumen.Bandung: Alfabeta

Simamora, H. (2014). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Erlangga. Jakarta

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susanti, Ani. 2018. Visi-Misi dan Sejarah Berdirinya Lion Air https://anisusanti1982.blogspot.com/2018/03/visi-misi-dan-sejarah-berdirinya-pt_11.html diakses 11 mare8018

Taqiyya, Q., Simarmata, P., & Husniati, R. (2020, November). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Wardah Pada Mahasiswa di DKI Jakarta. In Prosiding

BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) (Vol. 1, pp. 656-666).

Tjiptono,F & Chandra, G.(2017).“Pemasaran Strategik.†Yogyakarta

Undang Undang Republik Indonesia No.1 Tahun 2019, Tentang Penerbangan, Diaksesdari:https://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/uu/2009/UU/No.1Tahun 2009.pdf

Wikipedia Ensikpledia Bebas. diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_udara

https://id.wikipedia.org/wiki/Lion_Air#:~:text=7%20Pranala%20luar ,Sejarah,oleh%20Rusdi%20Kirana%20dan%20keluarganya

Downloads

Published

2022-04-21

Issue

Section

Articles