Pendidikan Karakter dan Bela Negara Melalui Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Luxni Maulana Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Syamsunasir Syamsunasir Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Panji Suwarno Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Tomi Aris Universitas Pertahanan Republik Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2523

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan satu bidang yang menjadi tanggung jawab Negara. Pemerintah Indonesia telah menetapkan tujuan pertama Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025 adalah pembentukan karakter bangsa. Pendidikan karakter di Indonesia merupakan gerakan nasional untuk menciptakan sekolah dalam membina generasimuda yang beretika, bertanggung jawab, karena pendidikan karakter lebih menekankan pada aspek nilai yang universal. Lembaga pendidikan dihadapkan dengan masalah besar untuk menanamkan nilai nilai bela Negara, dimana kondisi pergeseran ancaman maupun tantangan bagi Indonesia saat ini begitu nyata. Sebagai lembaga pendidikan, sekolah dasar harus dapat mempersiapkan generasi penerus yang memiliki karakter khususnya di era pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan studi pustaka. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Pendidikan karakter bela negara memerlukan strategi yang lebih inovatif dan efektif dalam pembelajarannya sehingga mampu meminimalkan dampak pandemi covid-19 khususnya pada perubahan perilaku peserta didik. Penilaian pendidikan karakter bela negara tetap dapat berjalan dengan baik melalui pembelajaran yang terbimbing dan terarah sehingga setiap siswa efektif belajar dan memanfaatkan waktu dengan baik. Selain itu Pendidikan karakter melalui pembelajaran daring bisa dilakukan dengan pembiasaan melakukan hal-hal yang positif, seperti yang kebanyakan diterapkan pada saat interaksi langsung dengan orang lain, baik itu teman, guru, dosen maupun yang lainnya.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pandemi Covid-19, Bela Negara

 

Abstract

Reserve Component as a national resource that is prepared to be deployed through mobilization to enlarge and strengthen the strength and capabilities of the main components, namely the TNI and POLRI. The existence of an active period and an inactive period of Komcad on the other hand is also a question of whether Komcad can maintain its leadership competence during an in the off period. This study aims to improve the leadership competence of backup components through Reserve Component Integrated Training and Monitoring System (SPMT Komcad) in the off period. The method used in this research is a quantitative approach. The data collection technique in this research is using literature study, the authors develop a system with the waterfall model, namely sequentially starting from the analysis, design, coding, testing and support stages. Improving the leadership competence of backup components through through Reserve Component Integrated Training and Monitoring System (SPMT Komcad) in the off period can be a solution to increasing the leadership competence of Reserve Components during in off periods.

Keywords: Character Education, Covid-19 Pandemic, National Defense

References

DAFTAR PUSTAKA

Alfiyana, F. M., & Dewi, D. A. (2021). Manfaat Pendidikan Kewarganegaraan Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 303–305. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1426

Asrori, M. Abdul Roziq. 2016. Peran Pendidikan Karakter Melalui Revolusi Mental untuk Membangun Generasi Bangsa. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan. DOI: 10.29100/ ppkn. v2i2.343.

Carvalho, Shelby dan Hares, Susannah. 2020. More from Our Database on School Closures: New Education Policies May Be Increasing Educational Inequality. https://www.cgdev.org/blog/more-our-database-school-closures-new-education-policies-may-be-increasing-educational,

Chairunissa, C., & Dewi, D. A. (2021). Sudahkan Pancasila Terimplementasi Dengan Benar? Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 316–321. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1435

Edi, Johan. 2019. Pengembangan Modul Pendidikan Karakter Bela Negara dalam Pembelajaran. Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Febriyanti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 476–482. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1772

Fitriani, D., & Dewi, D. A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Pengimplementasian Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 489–499. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1840

Handayani, V., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Untuk Meningkatkan Jiwa Nasionalisme. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 811–816. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.2096

Hikmah, S. N., & Dewi, D. A. (2021). Meninjau Sejauh Mana Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 417–425. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1745

Isnaini, P. N., & Dewi, D. A. (2021). Upaya Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Di Masa Pandemi Covid-. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 322–328. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1344

Kosilah & Septian. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian Vol.1 No.6 Nopember 2020

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Regiani, E., & Dewi, D. A. (2021). Pudarnya Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 30–38. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1402

Rika Maria, Rifma, Syahril. 2021. Efektivitas Pembelajaran dan Pembinaan Karakter di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 4 Tahun 2021 Halm 1503 - 1512.

Soepandji, Kris Wijoyo dan Farid, muhammad. 2018. Konsep Bela Negara Dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Hukum & Pembangunan. Vol 48, No 3 (2018).

Sofiyatul, N., & Dewi, A. (2021). SKKP BAWASLU Sebagai Sarana Pendidikan Politik dalam Upaya meningkatkan Partisipasi Politik Warga Negara. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 355–363.

Suyahmoa. Santosoa. Rachmana, Maman. Utomo, Cahyo Budi. Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pascasarjana 2020: ISSN: 2686 6404

Wajihuddin, W. (2021). Analisis Ketahanan Ideologi Pancasila Generasi Milenial Di Sman Wilayah Kota Kabupaten Jember. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 782–793. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.2080

Yusuf, Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo. Cetakan I: November 2018

Downloads

Published

2022-04-26

Issue

Section

Articles