Implikasi Media Sosial Terhadap Formulasi Kebijakan Publik

Authors

  • Khasanah Nur Latifah Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Fatma Ulfatun Najicha Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2525

Abstract

Abstrak

Dengan adanya revolusi industri 4.0 ini, membawa kemajuan terhadap teknologi terkhususnya media sosial. Indonesia merupakan negara demokrasi yang berorientasi pada kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan media sosial masyarakat bisa memberikan partisipasi politiknya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dan keefektifan media sosial terhadap formulasi kebijakan publik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian case study (studi kasus) dan bersifat deskriptif berdasarkan perolehan data dari masyarakat dengan sumber informasi jurnal. Hasil penelitian membuktikan bahwa media sosial dinilai efektif dalam penyampaian aspirasi, dengan media sosial ini dapat mempermudah komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Tentunya, dengan kebebasan berpendapat yang ada, kita juga harus memperhatikan nilai dan norma yang berlaku.

Kata kunci: Media Sosial, Aspirasi, Formulasi Kebijakan

 

Abstract

With the industrial revolution 4.0, advances in technology, especially social media. , Indonesia is a democratic country that is oriented towards the welfare of the people. Therefore, by utilizing social media the community can provide political participation. The purpose of the study was to determine the influence and effectiveness of social media on the formulation of public policies. The method used in this research is a qualitative approach method with the type of case study and descriptive research based on data acquisition from the public with journal information sources. The results of the study prove that social media is considered effective in conveying aspirations, with social media it can facilitate communication between the government and the community. Of course, with the existing freedom of expression, we must also pay attention to the prevailing norms.

Keywords: Social Media, Aspiration, Policy Formulation

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, F. 2019. Fenomena Digital Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain. 4 (1): 47-58.

Bungin, M. Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana.

Fadlan, M., Khaidir, A. and Eka Putri, N., 2020. PARTISIPASI MEDIA SOSIAL UNTUK MEMPENGARUHI KEBIJAKAN PUBLIK PEMERINTAH KOTA PADANG. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 1(4), pp.49-57.

Flew, Terry. 2002. New Media: An Introduction. UK: Oxford University Press.

Kusumasari, B. 2014. Social Media dan Eksklusi Remaja dalam Perumusan Kebijakan Publik: Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik. 18(2): 119-129

Kominfo. 2019. Apa Itu Industri 4.0 dan Bagaimana Indonesia Menyongsongnya. URL:https://kominfo.go.id/content/detail/16505/apa-itu-industri-40-dan-bagaimana-indonesia-menyongsongnya/0/sorotan_media. Diakses pada 6 Maret 2022.

Munzir, A. A. 2019. Beragam peran media sosial dalam dunia politik di Indonesia. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political Social UMA). 7(2):173-182.

Najicha, F. 2021. Application of General Principles of Good Governance in Law No. 30 of 2014 as Guidelines in Implementing the Authority of Discretion by Government Officials in Indonesia. Jurnal Hukum Veteran. 3(1): 36-43

Nur Fadhila, H., & Najicha, F. (2021). Pentingnya Memahami dan Mengimplementasikan Nilai Nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204-212.

Nurcahyani, A., 2022. Media Sosial dan Partisipasi Masyarakat dalam Kebijakan Pemerintah. [online] kumparan. URL: https://kumparan.com/asihncp/media-sosial-dan-partisipasi-masyarakat-dalam-kebijakan-pemerintah-1x65KIzflLX. Diakses pada 17 April 2022

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Purbohastuti, Arum Wahyuni. 2019. Perilaku Mahasiswa Terhadap Sosial Media. SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis. 9(2): 237-253.

Sawitri, Dara. 2019. Revolusi Industri 4.0 : Big Data Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Maksitek. 4 (3): 1-9.

Schaffrin, A. 2013. Policy Change: Concept, Measurement, and Causes. An Empirical Analysis of Climate Mitigation Policy.

Yovinus, Y., 2018. Peran Komunikasi Publik Media Sosial dalam Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Di Kota Bandung. Jurnal Academia Praja, 1(01), pp.185-211.

Downloads

Published

2022-04-25

Issue

Section

Articles