Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh dan Pengaruhnya Terhadap Nasionalisme Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2528Keywords:
Covid 19, Nasionalisme, Pendidikan Kewarganegaraan, Pembelajaran Jarak JauhAbstract
Abstrak
Pandemi COVID-19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah teknologi dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan melihat efektifitas metode pembelajaran jarak jauh khususnya pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, terhadap tingkat kewarganegaraan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang mengutamakan studi kepustakaan yang berkaitan dengan masalah penelitian tentang efektivitas pembelajaran online pada tingkat nasionalisme siswa. Penelitian kepustakaan juga berarti suatu metode pengumpulan informasi dengan membaca buku, artikel, surat kabar dan laporan-laporan lain yang berhubungan dengan masalah penelitian. Studi literatur juga berguna untuk memperoleh informasi melalui berbagai referensi yang relevan. Jurnal ini akan melihat efektivitas pembelajaran moral serta implementasi nasionalisme siswa terhadap pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Dengan cara ini, diharapkan pihak-pihak yang berkepentingan, baik pengawas pendidikan, peran pemerintah, maupun masyarakat umum untuk lebih memperhatikan Pendidikan Kewarganegaraan untuk memperkuat semangat nasionalisme siswa dalam menghadapi tantangan akibat pandemi Covid 19.
Kata kunci: Covid 19, Nasionalisme, Pendidikan Kewarganegaraan, Pembelajaran Jarak Jauh
Â
Abstract
The COVID-19 pandemic has changed various aspects of human life, one of which is technology and education. This study aims to assess and see the effectiveness of distance learning methods, especially in Citizenship Education courses, on the level of student nationality. The method used in this research is library research which prioritizes literature studies related to research issues on the effectiveness of online learning on the level of student nationalism. Literature research also means a method of gathering information by reading books, articles, newspapers and other reports that are related to research problems. Literature study is also useful for obtaining information through various relevant references. This journal will look at the effectiveness of moral learning as well as implementing student nationalism towards Citizenship Education lessons. In this way, it is hoped that interested parties, both education supervisors, the role of the government, and the general public will pay deeper attention to Citizenship Education to strengthen the spirit of student nationalism in facing the challenges caused by the Covid 19 pandemic.
Keywords: Covid 19, Nationalism, Citizenship Education, Distance Learning
References
DAFTAR PUSTAKA
Anitia T, dkk (2019). Model Desain Pendidikan Kewarganegaraan di era media digital sebagai pendukung implementasi pendidikan karakter. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16 (2), 154-164.
Erni Juliana (Desember 2020). Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan dan Komunikasi Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Membangkitkan Nasionalisme Mahasiswa Menghadapi Pandemi Covid 19. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 4 (2), 101-112. https://doi.org/10.24853/pk.4.2.101-112
Eva/Isa, 1 April 2021. Ciri Milenial Gampang Terpapar Terorisme Menurut BIN: Tidak Berpikir Kritis, https://news.detik.com/berita/d-5516058/ciri-milenial-gampang-terpapar-terorisme-menurut-bin-tak-berpikir-kritis diakses pada 18 April 2022 pukul 14.08
Isna Nadifah, dkk (2021). Membangun Semangat Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Indonesian Journal of Islamic Studies, 2 (02), 93-103.
Joni Tapingku, M.Th., 15 Sepemtember 2021. https://www.iainpare.ac.id/opini-tantangan-tantangan-persatuan-bangsa/ diakses 18 April 2022 pukul 10.18
Luh Devy Heliandry, dkk (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22 (1), 65-70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Najicha, F. 2021. Application of General Principles of Good Governance in Law No. 30 of 2014 as Guidelines in Implementing the Authority of Discretion by Government Officials in Indonesia. Jurnal Hukum Veteran. 3(1): 36-43
Nur Fadhila, H., & Najicha, F. 2021. Pentingnya Memahami dan Mengimplementasikan Nilai Nilai Pancasila di Lingkungan Masyarakat. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 4(2), 204-212.
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Pertiwi, P. I., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Warga Negara Indonesia. Konstruksi Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(12). Retrieved from https://journal.actual-insight.com/index.php/konstruksi-sosial/article/view/275
Rachmat (1996), kisah terbentuknya sikap nasionalis di Indonesia dilatarbelakangi oleh rasa senasib, reaksi subjektif dan objektif untuk menemukan keterkaitan itu secara geografis. Disertasi, tidak dipublikasikan.
Solohin Ichas Hamid, dkk (2021). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Keberhasilan Pelajaran PKn dalam Membangun Rasa Nasionalisme Siswa Sekolah Dasar. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1616
Sulistiyono, 7 Oktober. Generasi Muda Diharapkan Tidak Melupakan Sejarah Bangsa. https://jatengprov.go.id/beritadaerah/generasi-milenial-diharapkan-tidak-melupakan-sejarah-bangsa/ diakses pada 18 April 2022 pukul 21.00
Syamsuar, Reflianto (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1-13. https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343
Tri Endang. Pentingnya Pendidikan Pancasila sebagai Materi Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Unpublished Journal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sharfina Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.