Penerapan Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid di FKIP Universitas Pattimura
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2576Abstract
Abstrak
Perkembangan situasi pandemi covid 19 di indonesia mulai memberikan dampak penurunan, pendidikan diberbagai jenjang mulai menerapkan pembelajaran tatap muka, evaluasi perlu dilakukan hal ini menjadi mawas diri sewaktu-waktu terjadi peningkatan pandemic covid. Pembelajaran dengan berbagai model suda diterapkan dalam dunia pendidikan pada masa pandemic agar ke depan lebih baik lagi dalam penerapan-nya maka perlu dilakukan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk menggali informasi terkait penerapan model pembelajaran pada masa pandemic dengan mengutamakan data-data variabel. Hasil penelitian didapat dalam penerapan model pembelajaran daring pada masa pandemic di FKIP jurusan IPS universitas Pattimura antara lain aplikasi yang sering digunakan 47% menggunakan Zoom, aktifitas pembelajaran dengan pemberian tugas, praktek, diskusi dan pemberian materi, 40 % dilakukan dengan pemberian materi presentasi. 38% tidak paham dan 20% sangat tidak paham serta 42% memahami.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Penerapan, Evaluasi, Pandemic Covid 19.
Â
Abstract
The development of the Covid-19 pandemic situation in Indonesia began to have a decreased impact, education at various levels began to implement face-to-face learning, evaluation needs to be done this becomes self-aware at any time there is an increase in the covid pandemic. Learning with various models is applied in the world of education during the pandemic so that in the future it is better in its application, it needs to be evaluated. This research uses a quantitative descriptive approach to explore information related to the application of learning models during the pandemic by prioritizing variable data. The results of the research obtained in the application of online learning models during the pandemic at FKIP majoring in IPS Pattimura university include applications that are often used 47% using Zoom, learning activities with assignments, practices, discussions and material giving, 40% are carried out by giving presentation materials. 38% do not understand and 20% are very clueless and 42% understand.
Keywords : Learning Model, Implementation, Evaluation, Covid 19 Pandemic.
References
DAFTAR PUSTAKA
Afnibar, N, D. F., & Putra, A. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA DALAM KULIAH ONLINE ( Studi pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Imam Bonjol Padang ). Al-Irsyad, 11(2), 187–196.
Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51.
Ismiyarti, W., Hudaya, C., & Rodianto. (2021). Efektivitas Metode Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tambora, 5(3), 1–7.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Kamijan, Y. (2021). Faktor Internal Dan Faktor Eksternalterhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 630–638. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.589
Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Provinsi Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 200. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945
Marifa, K., Komariah, K., & Hamidah, S. (2021). HAMBATAN PEMBELAJARAN DARING DALAM PERKULIAHAN PADA MASA PANDEMI COVID-19.
Meisa Diningrat, S. W. (2019). Desain Model Pembelajaran Online Sebagai Upaya Memfasilitasi Belajar Di Tempat Kerja. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 20(1), 17–24. https://doi.org/10.33830/ptjj.v20i1.333.2019
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendididikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 61–65.
Ratnawati, E., & Putra Utama, A. (2021). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(1), 96–113. https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i1.8085
SALIM, W. A. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 CEMENG KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN PACITAN TAHUN 2020 WAHYU AGUS SALIM SD Negeri 3 Cemeng , Kecamatan Donorojo , Kabupaten Pacitan Korespondensi : gussalimpacitan@gmail.com PENDAHULUAN Peran. 2, 98–109.
Shima, S. N. (2021). Permasalahan, Solusi, dan Harapan Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19 dari Mahasiswa FATIK IAIN Ponorogo. Proceeding of Integrative Science Education Seminar (PISCES), 1, 441–448.
Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1), 120. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12878
Tarigan, A. L. (2021). Evaluasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Minas. Strategi Pembelajaran Di Masa Pandemi.
Ulfaida, & Pahlevi, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Melalui Minat Belajar Siswa Pada Kelas X OTKP di SMKN1 Lamongan. Jurnal Edukasi, 8(2), 25–31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fatimah Sialana, Jumiati Tuharea, Maslan Abdin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.