Validitas Modul PPKn Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Servista Bukit Universitas Negeri Medan
  • Reh Bungana Br Perangin-angin Universitas Negeri Medan
  • Abdul Murad Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2577

Abstract

Abstrak

Modul adalah bahan ajar mandiri yang dikembangkan oleh guru untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan modul dalam pembelajaran PKn yang kemudian disebut modul PKn dinilai mampu mendukung sumber belajar siswa berbasis Contextual Teaching Learning (CTL). Pengembangan Modul PKn berbasis CTL menggunakan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dalam empat tahap: Definition, Design, Development, dan Disseminate. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas modul PKn berbasis CTL pada siswa kelas V SD. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Validasi dilakukan oleh 3 orang ahli yang merupakan dosen pascasarjana Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan hingga tahap pengembangan dengan uji kelayakan oleh Validator. Hasil uji kelayakan modul PPKn berbasis CTL oleh validator menunjukkan persentase rata-rata 93,75% (sangat layak).

Kata kunci: Validitas, Modul PPKn, Pendekatan CTL

 

Abstract

Modules are independent teaching materials developed by teachers to assist students in achieving learning objectives. The development of modules in PPKN learning which was later called the PPKn module is considered capable of supporting student learning resources based on CTL.  The development of the CTL-based PPKn Module uses a 4D model developed by Thiagarajan in four stages: Definition, Design, Development, and Disseminate. The purpose of this study was to describe the validity of the CTL-based PPKn module for 5th  grade elementary school students. Research method is Research and Development   by collecting data using a questionnaire. Validation was carried out by 3 experts who are postgraduate lecturers at the State University of Medan. This research was carried out until the development stage with a feasibility test by the Validator. The results of the feasibility test for the CTL-based PPKn module by the validator showed an average percentage of 93.75% (very feasible).

Keywords: Validity, PPKn Module, CTL Approach

References

DAFTAR PUSTAKA

Arum, T. S. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Integratif Subtema Hubungan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem Pendekatan Saintifik Untuk Kelas 5 SD. Jurnal Scholaria. (Nomor 3), 239-250.

Saputro, B. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan ( Research & Development ) Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi. Aswaja Pressindo : Yogyakarta.

Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi P-ISSN: 2303-1832e-ISSN: 2503-023XOktober 201504 (2) (2015) hlm. 241-253.

Hasim, S. (2019). Peranan Guru PPKN Dalam Mengembangkan Model Pembelajaran (Bahan Ajar) Abad 21 Di SMP Negri 2 Kota Ternate. GeoCivic Juranal P-ISSN. 2301-4334Vol 2, Nomor 1, April 2019.

Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Bandung : Bumi Aksara

Komalasari, K. 2015. Pembelajaran Kontekstual : Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Mulyadi, Y. (2017). Pembelajaran Menyenangkan Di Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan Volume XVIII Nomor 1 Edisi Juni 2017.

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Pujiriyanto, S. B. Wahyono, Suyantiningsih, Deni Hardianto. (2021). Pembelajaran Menyenangkan Sebagai Upaya Menanggulangi Pandemi Covid-19. Jurnal EPISTEMA Vol. 2 No. 1 (Mei 2021).

Riwanti, R. & Hidyati, A. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education https://jbasic.org/index.php/basiceduVol 3 No 2 Tahun 2019 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147 Halaman 572- 581.

Riza, M., R. A. Firmansyah, M. Zammi, Djuniadi. (2020). Pengembangan modul kimia berbasis kearifan lokal Kota Semarang pada materi larutan asam dan basa. JIPVA (JURNAL PENDIDIKAN IPA VETERAN) Volume 4 - Nomor 1, 2020 Available at http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva ISSN : 2598-5876 (print), 2598-0904 (online).

Sari, R. D. M & Rachmawati, L. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pada KD Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia Kelas X IIS SMAN 1 Krembung. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Volume 5 Nomor 3.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &D. Bandung : ALFABETA.

Susilawati, N. Anriani, A. Hendrayana.(2018).Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Abad 21 Untuk Guru Matematika (SMP/MTS) Pada Materi Peluang. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018 ISSN: 2528-5564.

Thiagarajan, Sivasailam; And Others. 1974. Instructional Development for Training Teachers ofExceptional Children: A Sourcebook.Washington : Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation inTeaching the Handicapped.

Tim Pasca Sarjana UNIMED. 2020. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi Serta Payung dan Road Map Penelitian. Medan : UNIMED.

Urip Purwono. (2008). Kisi-Kisi Lembar Penilaian Ahli. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Uswatun, N. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Konteksutal untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas p-ISSN : 2442-7470 e-ISSN : 2579-4442 Volume 5 Nomor 2 Edisi Juli 2019.

Widiasworo, E. 2018. Startegi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Downloads

Published

2022-05-10

Issue

Section

Articles