Pengaruh Persepsi Harga dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Maskapai Lion Air di Bandar Udara Kalimaru Berau
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2580Abstract
Abstrak
Bandar udara (Bandara) kalimarau merupakan Bandara yang ada di kecamatan teluk bayur, kabupaten berau, kalimantan timur. Dengan berkembangnya zaman, manusia memerlukan sebuah alat transportasi yang lebih efektif serta efisien. jasa penerbangan merupakan pilihan utama para penumpang mengingat dapat menghemat waktu, dengan biaya yang relatif murah. tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui adakah pegaruh persepsi harga dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan maskapai lion air. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan banyaknya sampel 100 responden. hasil penelitiannya memperlihatkan bahwasannya nilai koefisien regresi dari variabel persepsi harga (X1) serta nilai pelanggan (X2) itu memiliki pengaruh pada variabel loyalitas pelanggan (Y). sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat dikatakan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel persepsi harga (X1) dan nilai pelanggan (X2) terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y). sehingga persepsi harga memperoleh signifikan senilai 0,018 < 0,05 serta skor thitung 2,403 > ttabel 1.985 dan nilai pelanggan memperoleh signifikan senilai 0,012 < 0,05 serta skor thitung 2,549 > ttabel 1.985. sedangkan hasil dari f hitung 35.596 > t tabel 3.09 dengan nilai signifikan senilai 0,000 < 0,05 jadi bisa ditarik kesimpulan bahwasannya terdapat pengaruh variabel persepsi harga (X1) dan nilai pelaggan (X2) secara simultan terhadap loyalitas pelanggan (Y).
Kata Kunci: Harga, Loyalitas, Pelanggan
Â
Abstract
Kalimarau airport is an airport located in teluk bayur district, berau regency, east borneo. along with the development of the times, humans need a means of transportation that is more effective and efficient. aviation services are the main choice for consumers with the consideration that they can save time, with research is to find out whether there is an influence of price perception an customer value on lion air airline customer loyalty. in this study using quantitative methods using a sample of 100 respondents. the results of this study indicate that the regression coefficient value of the price perpection variable (X1) and customer value (X2) has an influence on the customer loyalty variable (Y). so that the hypothesis in this study can be said that there is a significant relationship between the price perception variable (X1) and customer value (X2) on the customer loyalty variable (Y). so that the perpection of price is significant at 0.018 < 0.05 and the t value is 2.403 > t table is 1.985 and the customer value is significant is 0.012 < 0.05 and the t value is 2.549 > t table i 1.985. while the results of f arithmetic is 35.596 > f tabel is 3.09 with a significant value of 0.000 < 0.05, it can be concluded that there is an effect of price perpection variables (X1) and customer value (X2) simultaneously on customer loyalty (Y).
Keywords: price, loyalty, customer
References
DAFTAR PUSTAKA
Adnyana, dewa G.A. dan Suprapti, Ni Wayan S. 2018. Pengaruh pelayanan dan persepsi harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan gojek di kota Denpasar. Bali.
Amin Widjaja Tunggal. 2008. Dasar – Dasar Customor Realitionship Management (CRM). Jakarta: Harvindo
Assuri, Sofjan. 2018. Manajemen Bisnis Pemasaran. Cetakan ke-1. Depok : PT Raja Grafindo Persada.
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Sejarah Bandara Kalimarau.
http://dephub.go.id/org/upbukalimarau/sejarah#:~:text=Bandar%20Udara%20Kalimarau %20didirikan%20tahun,sebagai%20bandar%20udara%20Kelas%20I./ diakses pada tanggal 22 juni 2021
Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Lalu Lintas Angkutan Udara.
http://hubud.go.id/website/AULLU.php. Diakses pada tanggal 23 juli 2021
Ernandoes, 2021,Sejarah Lion Air. http:///ernandoes.wordpress.com/2012/05/29/sejarah-lion-air2/ diakses pada tanggal 29 mei 2019
Fauzi, Rizal. 2020. Pengaruh persepsi harga dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan shuttlecock Claudia di kabupaten tegal. Tegal.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Semarang:
Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasan,Ali. (2014), Marketing Dan Kasus – Kasus Pilihan, Cetakan Kedua, Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service)
Hindayani, Neni., Werdiasih, Rustiani D. dan zamroni. 2020. Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan tingkat kepercayaan konsumen terhadap loyalitas pelanggan studi kasus pada maskapai susi air cilacap. Cilacap.
Husaini, Azis. 2019. Lion Air Merilis Kinerja Ketepatan Waktu 89,73%. http://m.kontan.co.id/ (diakses tanggal 07 juli 2020)
Malau, Harman. 2018. Manajemen Pemasaran – Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung.
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 69 Tahun 2013 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional. Jakarta.
Slameto. 2010. Belajar dalam faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Schiffman dan Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen.Edisi 7. Prentice Hall. Jakarta
Subekti, Sitti. 2019. Pengaruh kualitas layanan dan nilai pelanggan terhadap loyalitas penumpang garuda indonesia di Bandar udara radin inten II lampung. Lampung.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran jasa (prinsip, penerapan dan penelitian). Yogyakarta: ANDI.
Undang-undang nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan.
Wijayanti, ika wahyu. 2015. Pengaruh pelayanan, persepsi harga dan nilai pelanggan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Semarang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Arif Fakhrudin, Wahyu Fajar Suci
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.