Perkembangan Materi Hak Dan Kewajiban Menggunakan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga

Authors

  • Sukmawati Sukmawati Universitas Tadulako Palu
  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Tadulako Palu
  • Agusmita Agusmita Universitas Tadulako Palu
  • Stevania Stevania Universitas Tadulako Palu
  • Putri Putri Universitas Tadulako Palu
  • Ariyadi Ariyadi Universitas Tadulako Palu
  • Bulan Bulan Universitas Tadulako Palu
  • Fitria Fitria Universitas Tadulako Palu

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2601

Abstract

Abstrak

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Materi Hak dan kewajiabn menggunakan media pembelajaran permainan Ular Tangga pada kelas VII SMP untuk meningkatakan belajar, serta untuk mengetahui apa yang menjadi faktro pendukung, faktor hambatan dan solusi dalam memberikan materi mata pelajaran PPKn menggunakan permainan ular tangga,mengarahkan siswa menunjukan siakap dan perilaku yang menyimpang dari nilai – nilai tanggungjawab dan karakter kebangsaan, dan memberi informasi melalui permaian Ular tangga agar menumbuhkan motivasi dan keaktifan siswa dikelas. Dengan menggunakan Media pemeblajaran ini untuk mengantisipasi  kebosanan siswa dikelas dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Materi Hak dan Kwajiban dikelas VII SMP,mengenai metode pembelajaran apa saja yang digunakan. Penelitian ini dilakukan di SMP dengan menggunakan metode pendekatan Kualitatif.

Kata Kunci: Media  permaianan ular tangga dan hasil belajar.

 

Abstract

This study aims to determine the development of the material rights and obligations to use the learning media game Snakes and ladders in class VII SMP to improve learning, as well as to find out what are the supporting factors, obstacles and solutions in providing PPKn subject matter using the snake and ladder game, directing students to show attitudes and behaviors that deviate from the values of responsibility and national character, and providing information through the Snakes and Ladders game in order to foster student motivation and activity in class. By using this learning media to anticipate student boredom in class in the subjects of Pancasila and Citizenship Education in the Material of Rights and Responsibilities in class VII SMP, regarding what learning methods are used. This research was conducted in junior high school using a qualitative approach.

Keywords: Snakes and ladders game media and learning outcoment

References

DAFTAR PUSTAKA

A MATAKO. Penerapan strategi pemebalajaran kontekstual dalam meningkatakan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn materi bela negara dikelas IX SMP Negeri 2 Wanggarasi. Skripsi,2014 - Repository.ung.ac.id

A Novitasari, F Kristin. Pengembangan Media Pembelajaran UTAPSI (Ular Tangga Pintar Edukasi) untuk Meningkatkan Hassil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2021

AP Nugroho, T Raharjo, D Wahyuningsih.

Perkembangan Media pemebalajaran fisika mengunakan permainan Ulat Tangga ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII. Jurnal pendidikan fisika 2013 – academia.edu

Bahrudin, Wika Hardika Legiani. Penanaman Kompetisi Kewenangan Melalui Pembelajaran Pendidikan Dan Kewarganegaraan Terhadap Siswa.

Cecep Rohana. Upaya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran PKN Pokok Bahasan Kewajiban Hak dan Tanggung Jawab sebagai Warga Masyarakat dengan menggunakan model pemebalajaran Tipe Question Student. Jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2018.

E Jaelani, W Wahidin, E Rovianti. Penerapan Media Ulat Tangga untuk menignkatakan keterampilan berpikir ktiris siswa kelasVII pada konsep pencemaran Lingkungan MTS. Scientiae Education: 2016

Hasdin Hanis. Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kenakalan Anak Di Kecamatan Luwuk. Edu Civic 6 (02)

Herdi Winagun,Dahmanhuri Dahmanhuri, Ronni Juadin. Pemanfaatan E-Learning Dalam Menanamkan Kemampuan Berpikir Kritis Kewarganegaraan (Intellectual Civic Skills) Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.

H Indah Rukmana,Widayati Pujiastuti. Kemampuan guru melakukan penilaian pembelajaran PKn di SMP NEGERI 15 Palu. Edu Civic, 43-54, 2018

LA Agnggriani, NW Rochmadi. Meningkatkan kemampuan berpikir kitris siswa kelas VIII melalui media Ular Tangga kewarganegaraan pada mata pelajaran PPKn. Jurnal Iilmiah pendidikan pancasial dan ekawarnegaraan 2022 – jurnal2.um.ac.id

LA Anggraini. Pengembangan media pembelajaran ular tangga kewarganegaraan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMP Laboratorium Malang. Repository.um.ac.id

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.

Rahina Nugrahani. Media Pembelajaran Berbasis Visual berbentuk permainan ular tangga untuk menigkatakn kualitas belajar mengajar di sekolah dasar.

Reza pahlawan lemuel dawsan, Muhammad Daffa Pratama, Daffa Ananda pratama resyaly. Analisis Hak Dan Kewajiban Warga Negara Terkait Vaksianasi Civid-19 Dari Prespektif Hubungan Warga Negara Negara Dan Antar Manusia.

S Sumawati. Pelaksanaan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Intergritas Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Edu Civic (2019), 2019.

S Sukmawati, J Jamaluddin. Implementasi Pemanfaatan Aplikasi QR code dalam prsose Pembelajaran PPKn. Jurnal Kreatif Online 8 (3), 2020.

S Sukmawati, J Jamaluddin, I Bachtiar. Pengaruh model pemebalajaran berbasis masalah (PBM) Berbantuan Multimedia Trehadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas vii smp negeri 2 mataram ditinjau dari kemampaun Akademik. Jurnal Pijar Mipa 12 (2), 64-70, 2017

T Maharani. Pengatuh penerapan model pemebalajaran connecting,organizing,reflecting, extending (CORE) dengan media pembelajaran monopoli dan ular tangga terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pemelajaran PPKn di SMP.

Titin Rohaini Titin Rohaini, Zahirman Zahirman, Sri Erlinda Sri Erlinda. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Ular. Tangga terhadap Motivasi Belajar Pkn Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk di Kabupaten Siak. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 3 (1), 1-12.

Yohana R. U. Sianturi, Amanda Ramadhan Firdaus, prihatini Prihatini, Peran Pendidik Dalam Pengelolaan Pembelajaran.

Zekap Saba. Meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui media pembelajaran Modifikasi Permainan Ular Tangga pada siswa kelas X 3 SMA Negeri 1 Telaga Biru. Repository.ung.ac.id

Downloads

Published

2022-05-17

Issue

Section

Articles