Pengaruh Kualitas Pelayanan Taksi Di Bandar Udara Tebelian Sintang Terhadap Kepuasan Penumpang
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2603Abstract
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan taksi di bandar udara Tebelian Sintang. Terdiri dari aspek keamanan dan kenyamanan, kecepatan, ramah, keselamatan,tepat waktu, serta kepuasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan penyebaran kuesioner secara online, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling,  dengan pengambilan sampel sebanyak 100 reponden. Analisis data dan pengujian hipotesis dikerjakn menggunakan analisis regresi linier sederhana melalui SPPS windows release 16.0. Hasil penelitian menghasilkan HO ditolak dan H1 diterima yang memiliki arti adanya pengaruh signifikan antara pengaruh kualitas pelayanan taksi di bandar udara Tebelian Sintang terhadap kepuasan penumpang. Dimana nilai signifikasnsi uji t sebesar 0,000 lebih kecil dari α= 0,05.
Kata kunci: Bandar Udara Tebelian Sintang, kualitas pelayanan, kepuasan penumpang.
Â
Abstract
This study aims to determine the effect of taxi service quality at Tebelian Sintang airport. Consists of aspects of security and comfort, speed, friendliness, safety, on time, and satisfaction. This research is a quantitative research with online questionnaire distribution, the sampling technique used in this research is purposive sampling technique, with a sample of 100 respondents. Data analysis and hypothesis testing were carried out using simple linear regression analysis through SPPS windows release 16.0. The results showed that HO was rejected and H1 was accepted, which means that there is a significant influence between the quality of taxi service at Tebelian Sintang airport on passenger satisfaction. Where the significance value of the t test is 0.000 which is smaller than = 0.05.
Keywords: Tebelian Sintang Airport, service quality, passenger satisfaction.
References
DAFTAR PUSTAKA
Andriansyah. (2015). Manajemen Transportasi dalam Kajian dan Teori. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr Moestopo Beragama: Jakarta Pusat.
Aziz, A. 2013.Kajian Terhadap Kenyamanan Ruang Teori Di Fakultas Teknik UniversitasNegeri Yogyakarta Ditinjau Dari Pencahayaan Alami Dan Pencahayaan Campuran. Jurnal Teknik Sipil. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Danang Sunyoto. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama). Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Donni Juni Priansa., 2017., Perencanaan dan Pengembangan SDM, Alfabeta, Bandung.
Dwi Putra, A dan Suprihhadi, H. 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Taksi Prima Juanda Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 7(11):1
Fandy, T dan Anastasia, D. 2015. Pelanggan Puas? Tak Cukup. Yogyakarta. Andi.
Firdausi, M. 2019. Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Fasilitas Umum Di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang.Jurnal Teknik Sipil. 4(1): 20-23
Firmansyah, A. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish
Haryono, Sigit.2010. Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Bus Kota) di Kota Yogyakata. Jurnal Transportasi. Vol 7 No 1 Juli 2010.
Karyadi, M. 2018.Pengaruh Kualitas Pelayanan Inti Dan Kualitas Pelayanan Periferal Terhadap Kepuasan Konsumen Bus Damri Bandar Lampung. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis Dan Ekonomi Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya. Bandar Lampung.
Kotler, Philip and Gary Armstrong, (2014). Principle Of Marketing . Pearson: New Jers
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition,
Pearson Education,Inc
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Setyo, Purnomo Edwin, 2017, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 1, No. 6, hal. 755-764
Silaen, S. 2018. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. In Media. Bandung
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif.Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Populasi, Kuantitatif, dan R&D. Bandung
Supriyadi, D dan Komara, E. 2020. Studi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dilihat Dari Manajemen Pelayanan Pariwisata danKebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten Pangandaran. JurnalManajemenJasa. 2(1):104-105
Tugi Prihatma, G. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Jasa Transportasi
Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rute Merak – Bandara Soekarno Hatta Di Perum Damri Kantor Cabang Serang. Jurnal Ekonomi dan Publik 16(2): 165.
Yuliana, D.2017. Pengaruh Fasilitas, Layanan Dan Informasi Aksesbilitas Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang Di Bandar Husien Sastranegara Bandung. Jurnal Perhubungan Udara 34(1):27.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nerry Apriani, Kartika Fajar Nieamah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.