Pengaruh Kualitas Pelayanan Taksi Di Bandar Udara Tebelian Sintang Terhadap Kepuasan Penumpang

Authors

  • Nerry Apriani Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Kartika Fajar Nieamah Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2603

Abstract

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan taksi di bandar udara Tebelian Sintang. Terdiri dari aspek  keamanan dan kenyamanan, kecepatan, ramah, keselamatan,tepat waktu, serta kepuasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif dengan penyebaran kuesioner secara online, teknik sampling  yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling,  dengan pengambilan sampel sebanyak 100 reponden. Analisis data dan pengujian hipotesis dikerjakn menggunakan analisis regresi linier sederhana melalui SPPS windows release 16.0. Hasil penelitian menghasilkan HO ditolak dan H1 diterima yang memiliki arti adanya pengaruh signifikan antara pengaruh kualitas  pelayanan taksi di bandar udara Tebelian Sintang terhadap kepuasan penumpang. Dimana nilai signifikasnsi uji t sebesar 0,000 lebih kecil dari α= 0,05.

Kata kunci: Bandar Udara Tebelian Sintang, kualitas pelayanan, kepuasan penumpang.

 

Abstract

This study aims to determine the effect of taxi service quality at Tebelian Sintang airport. Consists of aspects of security and comfort, speed, friendliness, safety, on time, and satisfaction. This research is a quantitative research with online questionnaire distribution, the sampling technique used in this research is purposive sampling technique, with a sample of 100 respondents. Data analysis and hypothesis testing were carried out using simple linear regression analysis through SPPS windows release 16.0. The results showed that HO was rejected and H1 was accepted, which means that there is a significant influence between the quality of taxi service at Tebelian Sintang airport on passenger satisfaction. Where the significance value of the t test is 0.000 which is smaller than = 0.05.

Keywords: Tebelian Sintang Airport, service quality, passenger satisfaction.

References

DAFTAR PUSTAKA

Andriansyah. (2015). Manajemen Transportasi dalam Kajian dan Teori. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr Moestopo Beragama: Jakarta Pusat.

Aziz, A. 2013.Kajian Terhadap Kenyamanan Ruang Teori Di Fakultas Teknik UniversitasNegeri Yogyakarta Ditinjau Dari Pencahayaan Alami Dan Pencahayaan Campuran. Jurnal Teknik Sipil. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Danang Sunyoto. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Cetakan Pertama). Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Donni Juni Priansa., 2017., Perencanaan dan Pengembangan SDM, Alfabeta, Bandung.

Dwi Putra, A dan Suprihhadi, H. 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Taksi Prima Juanda Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 7(11):1

Fandy, T dan Anastasia, D. 2015. Pelanggan Puas? Tak Cukup. Yogyakarta. Andi.

Firdausi, M. 2019. Analisis Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Fasilitas Umum Di Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang.Jurnal Teknik Sipil. 4(1): 20-23

Firmansyah, A. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish

Haryono, Sigit.2010. Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Bus Kota) di Kota Yogyakata. Jurnal Transportasi. Vol 7 No 1 Juli 2010.

Karyadi, M. 2018.Pengaruh Kualitas Pelayanan Inti Dan Kualitas Pelayanan Periferal Terhadap Kepuasan Konsumen Bus Damri Bandar Lampung. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis Dan Ekonomi Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya. Bandar Lampung.

Kotler, Philip and Gary Armstrong, (2014). Principle Of Marketing . Pearson: New Jers

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition,

Pearson Education,Inc

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Setyo, Purnomo Edwin, 2017, Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Best Autoworks, Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 1, No. 6, hal. 755-764

Silaen, S. 2018. Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. In Media. Bandung

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif.Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Populasi, Kuantitatif, dan R&D. Bandung

Supriyadi, D dan Komara, E. 2020. Studi Terhadap Kepuasan Wisatawan Dilihat Dari Manajemen Pelayanan Pariwisata danKebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Kabupaten Pangandaran. JurnalManajemenJasa. 2(1):104-105

Tugi Prihatma, G. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Jasa Transportasi

Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rute Merak – Bandara Soekarno Hatta Di Perum Damri Kantor Cabang Serang. Jurnal Ekonomi dan Publik 16(2): 165.

Yuliana, D.2017. Pengaruh Fasilitas, Layanan Dan Informasi Aksesbilitas Terhadap Tingkat Kepuasan Penumpang Di Bandar Husien Sastranegara Bandung. Jurnal Perhubungan Udara 34(1):27.

Downloads

Published

2022-05-17

Issue

Section

Articles