Penerapan Media Monopoli Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2605Abstract
Abstrak
Penggunaan media permainan oleh guru kepada siswa bisa digunakan sebagai bahan belajar alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media-media pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena dengan adanya media pembelajaran sangat membantu pendidik maupun peserta didik agar pembelajaran lebih efisien dan mudah dipahami. Penggunaan media pembelajaran seperti permainan monopoli Pancasila sudah banyak diterapkan dan diimplementasikan oleh guru-guru kepada siswa kelas VII untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran dengan konsep permainan akan sangat disukai oleh siswa karena aktivitas pembelajaran akan menyenangkan dan tidak membosankan. Banyak keunggulan dari permainan monopoli Pancasila jika digunakan dalam proses pembelajaran. Selain permainannya yang menyenangkan dan menghibur metode ini juga memungkinkan adanya partisipasi dari siswa karena dapat dilakukan secara berkelompok.
Kata Kunci : Penerapan, Monopoli Pencasila, Hasil Belajar              Â
Â
Abstract
The use of game media by teachers to students can be used as alternative learning materials to improve student learning outcomes. The use of learning media is very important in improving student learning outcomes, because the existence of learning media is very helpful for educators and students so that learning is more efficient and easy to understand. The use of learning media such as the Pancasila monopoly game has been widely applied and implemented by teachers to class VII students to improve student learning outcomes. Learning media with the concept of games will be very liked by students because learning activities will be fun and not boring. There are many advantages of the Pancasila monopoly game when used in the learning process. In addition to the fun and entertaining games, this method also allows the participation of students because it can be done in groups.
Keywords: Implementation, Pencasila Monopoly, Learning Outcomes
References
DAFTAR PUSTAKA
Diyanah. Ishmatud. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalaui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Media Game Monopoli. Universitas Negeri Malang. Malang
Fathoni. Muhammad Khoirul. (2016) penerapan Metode Pembelajaran Simulasi dengan Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan hasil Belajar PPKn siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Singosari Malang. Malang
Kartika. Ni Kadek Dela. (2021). Pengembangan Media Game Monopoli pada Beban PPKn siswa Kelas IV SD Negeri 5 Ketewel. Universitas Pendidikan Ganesha
Kartika. Ni Kadek Dela. & Putra Made. (2021). Media Permainan Monopoli pada Muatan PPKn Siswa Kelas IV sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja
Kurniawati. Edy. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Di SMAN 1 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.
Kurniawati. Eny. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Universitas Muhammadiyah Malang. Indonesia
Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.
Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.
Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2022). Nasionalisme Warga Muda di Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan di Perbatasan. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 66–75. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214
Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.
Rachman, F., Nurgiansah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2970–2984.
Rachman, F., Ryan, T., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan Kurikulum PPKn pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5682–5691.
Silaban. Marianna (2015). Penerapan Model Pembelajaran Permainan Berdasarkan Inkuiri dengan Animasi Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa dalam Pengajaran Hidrolistis Garam. Universitas Negeri Medan
Sukmawati & Jamaludin (2020). Implementasi Pemanfaatan Apliukasi QR Code dalam proses pembelajaran PPKn. Universitas Tadulako. Palu
Sukmawati. (2020) Implementasi Pemanfaatan Google Classroom dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4.0. Universitas Tadulako. Palu
Umayah Rohmatul & Harmanto. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Paikem Dalam Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII SMP negeri 1 Jabon. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sukmawati Sukmawati, Jamaluddin Jamaluddin, Yasinta Yasinta, Tantri Tantri, Sisi Sisi, Sri Wahyuni, Fifi Fifi, Gita Gita, Hildayanti Hildayanti, Bela Bela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.