Penerapan Media Monopoli Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKN

Authors

  • Sukmawati Sukmawati Universitas Tadulako Palu
  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Tadulako Palu
  • Yasinta Yasinta Universitas Tadulako Palu
  • Tantri Tantri Universitas Tadulako Palu
  • Sisi Sisi Universitas Tadulako Palu
  • Sri Wahyuni Universitas Tadulako Palu
  • Fifi Fifi Universitas Tadulako Palu
  • Gita Gita Universitas Tadulako Palu
  • Hildayanti Hildayanti Universitas Tadulako Palu
  • Bela Bela Universitas Tadulako Palu

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2605

Abstract

Abstrak

Penggunaan media permainan oleh guru kepada siswa bisa digunakan sebagai bahan belajar alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan media-media pembelajaran sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena dengan adanya media pembelajaran sangat membantu pendidik maupun peserta didik agar pembelajaran lebih efisien dan mudah dipahami. Penggunaan media pembelajaran seperti permainan monopoli Pancasila sudah banyak diterapkan dan diimplementasikan oleh guru-guru kepada siswa kelas VII untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran dengan konsep permainan akan sangat disukai oleh siswa karena aktivitas pembelajaran akan menyenangkan dan tidak membosankan. Banyak keunggulan dari permainan monopoli Pancasila jika digunakan dalam proses pembelajaran. Selain permainannya yang menyenangkan dan menghibur metode ini juga memungkinkan adanya partisipasi dari siswa karena dapat dilakukan secara berkelompok.

Kata Kunci : Penerapan, Monopoli Pencasila, Hasil Belajar               

 

Abstract

The use of game media by teachers to students can be used as alternative learning materials to improve student learning outcomes. The use of learning media is very important in improving student learning outcomes, because the existence of learning media is very helpful for educators and students so that learning is more efficient and easy to understand. The use of learning media such as the Pancasila monopoly game has been widely applied and implemented by teachers to class VII students to improve student learning outcomes. Learning media with the concept of games will be very liked by students because learning activities will be fun and not boring. There are many advantages of the Pancasila monopoly game when used in the learning process. In addition to the fun and entertaining games, this method also allows the participation of students because it can be done in groups.

Keywords: Implementation, Pencasila Monopoly, Learning Outcomes

References

DAFTAR PUSTAKA

Diyanah. Ishmatud. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalaui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Media Game Monopoli. Universitas Negeri Malang. Malang

Fathoni. Muhammad Khoirul. (2016) penerapan Metode Pembelajaran Simulasi dengan Media Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan hasil Belajar PPKn siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Singosari Malang. Malang

Kartika. Ni Kadek Dela. (2021). Pengembangan Media Game Monopoli pada Beban PPKn siswa Kelas IV SD Negeri 5 Ketewel. Universitas Pendidikan Ganesha

Kartika. Ni Kadek Dela. & Putra Made. (2021). Media Permainan Monopoli pada Muatan PPKn Siswa Kelas IV sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja

Kurniawati. Edy. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Di SMAN 1 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Kurniawati. Eny. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Universitas Muhammadiyah Malang. Indonesia

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H., & Rachman, F. (2022). Nasionalisme Warga Muda di Era Globalisasi: Pendidikan Kewarganegaraan di Perbatasan. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 66–75. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.33214

Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.

Rachman, F., Nurgiansah, T. H., & Kabatiah, M. (2021). Profilisasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum Pendidikan Indonesia. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2970–2984.

Rachman, F., Ryan, T., Kabatiah, M., Batubara, A., Pratama, F. F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Pelaksanaan Kurikulum PPKn pada Kondisi Khusus Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5682–5691.

Silaban. Marianna (2015). Penerapan Model Pembelajaran Permainan Berdasarkan Inkuiri dengan Animasi Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa dalam Pengajaran Hidrolistis Garam. Universitas Negeri Medan

Sukmawati & Jamaludin (2020). Implementasi Pemanfaatan Apliukasi QR Code dalam proses pembelajaran PPKn. Universitas Tadulako. Palu

Sukmawati. (2020) Implementasi Pemanfaatan Google Classroom dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4.0. Universitas Tadulako. Palu

Umayah Rohmatul & Harmanto. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Paikem Dalam Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VII SMP negeri 1 Jabon. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya

Downloads

Published

2022-05-18

Issue

Section

Articles