Analisis Pengaruh Store Atmosphere dan Service Quality Terhadap Brand Preference (Studi Kasus Pelanggan Gerai Ritel Kopi di DKI Jakarta)

Authors

  • Aisyah Solehati Politeknik LP3I Bandung
  • Fahrina Mustafa Universitas Hasanuddin
  • Eka Hendrayani Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim Bukittinggi
  • Kiki Setyawati Universitas Krisnadwipayana
  • Iwan Henri Kusnadi Universitas Subang
  • Yohanes Totok Suyoto Universitas Pembangunan Jaya
  • Magdalena Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Hendy Tannady Universitas Multimedia Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.2607

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan store atmosphere terhadap brand preference Bangi Kopitiam Kelapa Gading. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang diolah menggunakan SPSS versi 20. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan penyebaran kuisioner sebagai alat untuk pengambilan data. Penelitian ini menggunakan 135 responden dengan kriteria mengetahui serta mengkonsumsi Bangi Koptiam Kelapa Gading. Hasil dari uji hipotesis menunjukan bahwa variabel kualitas layanan berpengaruh terhadap brand preference dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05, variabel store atmosphere berpengaruh terhadap brand preference dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05, serta variabel kualitas layanan dan store atmosphere secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli dengan nilaifhitung > ftabel atau 50,725 >3,06.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Store Atmosphere, Brand Preference

References

DAFTAR PUSTAKA

Afandi, P., (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia; Teori, Konsep dan Indikator, edisi 1. ed. Zanafa, Pekanbaru

Alma Buchari,2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.C.V Alfabeta, Bandung

Berman, Berry and Joel R. Evans. (2014). Retail Management, New Jersey: Prentice Hall.

Danang Sunyoto. (2015). Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Center for Academic Publishing Service, Yogyakarta

Fandy, Tjiptono. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang

Kasmir. (2017). Customer Service Excellent. PT Raja Grafindo Persada, Depok.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Gary Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran.Jilid 1, Edisi Kesembilan, Erlangga. p125, Jakarta

Lamb, Hair and Mcdaniel. (2012). Pemasaran, Edisi Pertama, Salemba Empat, Jakarta Malayu S.P Hasibuan, (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia, PT Bumi Aksara, Jakarta

Downloads

Published

2022-09-21