Penerapan Media Pembelajaran Role Playing Dalam Pembelajaran PPKn

Authors

  • Sukmawati Sukmawati Universitas Tadulako Palu
  • Jamaludin Jamaludin Universitas Tadulako Palu
  • Kembarini Kembarini Universitas Tadulako Palu
  • Rahmadani Rahmadani Universitas Tadulako Palu
  • Saparudin Saparudin Universitas Tadulako Palu
  • Fitra Fitra Universitas Tadulako Palu
  • Siti Siti Universitas Tadulako Palu
  • Josua Josua Universitas Tadulako Palu
  • Ali Ali Universitas Tadulako Palu

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2611

Abstract

Abstrak

Dewasa ini partisipasi siswa dalam proses belajar dan mengajar dapat dikatakan cukup kurang terutama dalam pembelajaran PPKn,hal ini tentu dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa ini biasanya dapat disebabkan karna dalam proses pemberian materi guru lebih sering membirikan metode ceramah selain itu pembelajaran PPKn yang lebih banyak berisikan materi dibandingkan dengan praktek mengakibatkan siswa menjadi jenuh dan bersikap pasif dalam proses pembelajaran, tidak heran jika dalam proses pemberian materi siswa kadang tidak fokus. Selain itu untuk anak-anak di era sekarang ini pemberian materi akan lebih dapat tersampaikan jika dibarengi dengan praktek sedangkan materi dalam pembelajaran PPKn lebih banyak menggunakan metode ceramah dengan materi yang cukup banyak kita dapat menggunakan alternatif media pembelajaran  role playing dalam kegiatan belajar dan menggajar dalam media pembelajaran  role playing ini kita dapat mengevaluasi apakah penyampaian materi yang kita berikan dapat diterima dengan baik oleh siswa selain itu media pembelajaran  role playing ini juga dapat menambah gairah belajar siswa karna siswa dituntut harus mampu menggingat materi apa saja yang sudah diberikan. Media pembelajaran  role playing ini juga dapat melatih kerja sama antara siswa sehingga akan terjalin komunikasi bukan hanya antara siswa dan guru saja tetapi antara siswa dengan siswa juga sehingga siswa akan menjadi aktif didalam kelas.

Kata kunci:  role playing,Media Pembelajaran,Pembelajaran PPKn

 

Abstract

Today's student participation in the learning and teaching process can be said to be quite lacking, especially in Civics learning, this of course can affect student learning outcomes. The low student learning outcomes can usually be caused because in the process of providing material the teacher more often gives lecture methods in addition to PPKn learning which contains more material than practice causes students to become bored and passive in the learning process, it is not surprising that in the process of giving material students sometimes do not focus. In addition, for children in this era, the provision of material will be more conveyable if accompanied by practice, while the material in PPKn learning uses the lecture method with quite a lot of material, we can use alternative  role playing learning media in learning activities and teaching in this  role playing learning media, we can evaluate whether the delivery of the material The teaching method is well received by students. In addition, this  role playing learning media can also increase students' learning passion because students are required to be able to remember what material has been given. This  role playing learning media can also train collaboration between students so that communication will be established. not only between students and teachers but between students and students as well so that students will be active in the classroom.

Keywords:  role playing, Learning Media, Civics Learning

References

DAFTAR PUSTAKA

Ananda, Rizki. Peningkatan Pembelajaran PKn dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2018, 2. 1: 33-42.

Djaila, Maksdonal, Jamaludin; Hanis, Hasdin. Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Pokok Bahasan Kegiatan Jual Beli Di Kelas III SDN Simdo. Jurnal Kreatif Online, 2015, 5. 1.

Kisman Nurfadilah, Bonifasius Saneba, & Hasdin Hasdin. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Simulasi di Kelas V SDN Pembina Tataba. Jurnal Kreatif Online, 2(3), 126-133.

Lanasir Jufri, Anthonius Palimbong, & Hasdin. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi di Kelas III SDN Pembina Salakan Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(3), 154-163.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Solo: Rosda.

Masrita; Siang Tandi; Sabang, Sri Mulyani. Perbandingan Penerapan Metode Pembelajaran role playing Dengan Pembelajaran Konvensional Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Akademika Kimia, 2013, 2. 1: 47-53.

Mustafa. Penggunaan Metode Bermain Peran (role playing) dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar PKn Siswa Kelas VI SD Negeri 016 Kundur. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 2018, 2. 4: 628-634.

Nasution. 2012. Teknologi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.

Nurhidaya; Firmansyah, Arif; Hasdin. Penggunaan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Jual Beli di kelas IV SDN Fatufia Kecamatan Bahodopi Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online, 3. 1.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H., Hendri, & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597

Rosetiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusdiana . 2014. Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sinanglingtyas, Rahayu, et al. Penerapan Metode role playing untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Bentuk-Bentuk Keputusan Bersama di SDN Tukum 01 Lumajang. 2013.

Sukmawati; Jamaluddin. Implementasi Pemanfaatan Aplikasi QR Code dalam Proses Pembelajaran PPKn. Jurnal Kreatif Online, 8. 3.

Sukmawati. Pelaksanaan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Integritas Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Edu Civic, 7. 2.

Sulastri; Jamaludin; Hasdin. Pemanfaatan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN 1 Toili. Jurnal Kreatif Tadulako, 4. 11: 114451.

Tambalo Dorkas, Imran, & Dwi Septiwiharti. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kasimbar Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 44-63.

Tarigan, Arleni. Penerapan Model Pembelajaran role playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2017, 5. 3: 102-112.

Ulfaira, Jamaludin, Septiwiharti. Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Siswa Kelas III di SDInpresMarantale Dalam Pembelajaran Pkn Melalui Penerapan Metode Pembelajaran role playing. Jurnal Kreatif Online, 3. 3.

Umami, Ovi Fauziah. Penerapan Metode role playing untuk meningkatkan Keaktifan dalam Proses Pembelajaran PKn pada Peserta Didik Kelas IV SD N Ngebung 1 Kalijambe Sragen Tahun 2012/2013. 2013. PhD Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yanto, Ari. Metode bermain peran (role playing) untuk meningkatkan hasil Belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 2015, 1. 1: 53-57.

Yuliani, Eka; Palimbong, Anthonius; Saneba, Bonifasius. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran role playing di Kelas IV SD Inpres Cendanapura. Jurnal Kreatif Online, 2015, 51

Downloads

Published

2022-05-18

Issue

Section

Articles