Implementasi Pemanfaatan Kartu Sakti Sebagai Media Pembelajaran PPKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2612Abstract
Abstrak
Pendidikan di era revolusi industri 4.0 pendidik dihadapkan dengan banyak tantangan, salah satunya peningkatan kemampuan dan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran. Sehingga kartu sakti merupakan salah satu media pembelajaran sederhana yang di gunakan oleh pendidik untuk melatih peserta didik dalam hal kreativitas, berpikir kritis, mampu bekerja sama, kecakapan komunikasi, serta membantu peningkatan kepercayaan diri. Penulis memilih kartu sakti sebagai media pembelajaran sederhana yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, karena selain bentuknya yang sederhana, media ini mudah dipahami oleh peserta didik. Media ini di desain se menarik mungkin oleh penulis agar menarik minat peserta didik untuk belajar, sehingga akan mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran PPKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Kata Kunci: Industri 4.0, Tantangan Guru, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Pembelajaran PPKn
Â
Abstract
Education in the industrial revolution 4.0 era, educators are faced with many challenges, one of which is increasing the abilities and skills of students in the learning process. So the magic card is one of the simple learning media used by educators to train students in terms of creativity, critical thinking, able to work together, communication skills, and help increase self-confidence. The author chooses the magic card as a simple learning media used in teaching and learning activities, because in addition to its simple form, this media is easily understood by students. This media is designed as attractive as possible by the author in order to attract the interest of students to learn, so that it will make it easier for students to understand Civics material.
Keywords: Industrial 4.0, Teacher Challenge, jigsaw cooperative learning model, PPKn LearningReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Rifai Ahadang, Bonifasius Saneba, Hasdin Hasdin (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN Palabatu 1 Melalui Metode Diskusi.
Arfiana, Ana Purnama (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran PPKn di MA YPI Baiturrahman Leles.
Emi, Bambang Budi Utomo, Thony Satra Atma (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 10 Pontianak
Fathur Rozi (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri 1 Kalianget.
H Indah Rukmana, Widayati Pujiastuti (2018). Kemampuan Guru Melakukan Penilaian
Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Palu Berdasarkan Kurikulum 2013, Palu.
Hasrul Muftahki (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas X SMAN 5 Kabupaten Tangerang.
Nurgiansah, T. H., Hendri, & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 10–23.
Nurgiansah, T. H., & Sukmawati. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurpis: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 17(2), 139–149.
Sukmawati; Jamaluddin. Implementasi Pemanfaatan Aplikasi QR Code dalam Proses Pembelajaran PPKn. Jurnal Kreatif Online, 8. 3.
Sukmawati. Pelaksanaan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Integritas Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Edu Civic, 7. 2.
Sulastri; Jamaludin; Hasdin. Pemanfaatan Media Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN 1 Toili. Jurnal Kreatif Tadulako, 4. 11: 114451.
Tambalo Dorkas, Imran, & Dwi Septiwiharti. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kasimbar Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 44-63.
Tarigan, Arleni. Penerapan Model Pembelajaran role playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri 013 Lubuk Kembang Sari Kecamatan Ukui. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2017, 5. 3: 102-112.
Ulfaira, Jamaludin, Septiwiharti. Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Siswa Kelas III di SDInpresMarantale Dalam Pembelajaran Pkn Melalui Penerapan Metode Pembelajaran role playing. Jurnal Kreatif Online, 3. 3.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sukmawati Sukmawati, Jamaluddin Jamaluddin, Nurul Falah, Septiana Septiana, Rifqa Rifqa, Anastasya Anastasya, Aditya Aditya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.