Korelasi Pedagogik Dan Kebijakan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2648Abstract
Abstrak
Pendidikan Indonesia dewasa ini masih dihadapkan dengan problematika mutu Pendidikan yang rendah. Kualitas, sarana prasarana, layanan, tenaga pendidik serta kebijakan-kebijakan Pendidikan yang masih jauh dari mutu berkualitas merupakan salah satu dampak penyebab rendahnya kualitas sumber daya manusia Indonesia. Adanya upaya peningkatan yang terus digempurkan pada mutu Pendidikan akan berdampak besar pada aspek-aspek Pendidikan. Upaya peningkatan harus difokuskan terutama pada tenaga pendidik. Kompetensi pedagogik pendidik menjadi fokus utama dalam mengimplementasikan mutu Pendidikan yang berkualitas. Disamping itu, kebijakan-kebijakan Pendidikan sangat berandil besar dalam menata dan mengatur sistem Pendidikan
Kata Kunci: Pedagogik, Mutu Pendidikan, Kebijakan Pendidikan
Â
Abstract
Indonesian education today is still faced with the problem of low quality education. The quality, infrastructure, services, teaching staff and educational policies that are still far from qualified are one of the causes of the low quality of Indonesia's human resources. The existence of continuous efforts to improve the quality of education will have a major impact on aspects of education. Improvement efforts should be focused primarily on teaching staff. The pedagogic competence of educators is the main focus in implementing quality education. In addition, education policies play a major role in organizing and regulating the education system
Keywords: Pedagogy, Quality of Education, Education Policy
References
DAFTAR PUSTAKA
Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157-165.
Arwildayanto, dkk (2018). Kebijakan pendidikan. ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN, 133.
Aziz, A. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam, 10 (2), 2 - 12.
Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 309-324.
Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi Aksara.
Hasbullah, H.M. (2015). Kebijakan Pendidikan; Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.
Jakaria, Y. (2014). Analisis Kelayakan Dan Kesesuaian Antara Latar Belakang Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dengan Mata Pelajaran Yang Diampu. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20 (4), 3 - 8.
Koyan, I. W. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. UNDIKSHA Singaraja.
Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Untuk Meningkatkan Mutu Dan Profesionalisme Guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) (Pp. 2 - 5). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi permasalahan pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, 1415-1420.
Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.
Mufiz, A. (1999). Pengantar Administrasi Negara (Jakarta:Universitas Terbuka Depdikbud)
Nasution, E. (2016). Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi, 8(1).
Nurwenda, W (2016). Kompetensi Pedagogik Guru Geografi Dalam Proses Pembelajaran Di SMA Negeri Se-Kabupaten Bandung (Kompetensi Inti Guru Dalam Menyelenggarakan Pembelajaran Yang Mendidik. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Rohman, Arif. Politik Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama, 2009.
Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900-912.
Suparno, P. (2004). Pendidikan Dan Peran Guru. Jakarta: Buku Kompas.
Tjalla, A. (2010). Potret mutu pendidikan indonesia ditinjau dari hasil-hasil studi internasional.
Tilaar, H.A.R. 2006. Standar Pendidikan Nasional Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Rineka Cipta
Tilaar, H.A.R. Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.
Tri Herlambang, Y. (2018). Pedagogik. Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Bumi Aksara. Jakarta.
Wibawa, S. (1994). Kebijakan Publik; Proses dan Analisis. Jakarta: Intermedia.
Yusuf, S. A., & Khasanah, U. (2019). Kajian Literatur Dan Teori Sosial Dalam Penelitian. Metodelogi Penelitian Ekonomi Syariah, 80.
Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30(2), 129-153.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Leni Yulia, Zihan Suryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.