Korelasi Pedagogik Dan Kebijakan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Authors

  • Leni Yulia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zihan Suryani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2648

Abstract

Abstrak

Pendidikan Indonesia dewasa ini masih dihadapkan dengan problematika mutu Pendidikan yang rendah. Kualitas, sarana prasarana, layanan, tenaga pendidik serta kebijakan-kebijakan Pendidikan yang masih jauh dari mutu berkualitas merupakan salah satu dampak penyebab rendahnya kualitas sumber daya manusia Indonesia. Adanya upaya peningkatan yang terus digempurkan pada mutu Pendidikan akan berdampak besar pada aspek-aspek Pendidikan. Upaya peningkatan harus difokuskan terutama pada tenaga pendidik. Kompetensi pedagogik pendidik menjadi fokus utama dalam mengimplementasikan mutu Pendidikan yang berkualitas. Disamping itu, kebijakan-kebijakan Pendidikan sangat berandil besar dalam menata dan mengatur sistem Pendidikan

Kata Kunci: Pedagogik, Mutu Pendidikan, Kebijakan Pendidikan

 

Abstract

Indonesian education today is still faced with the problem of low quality education. The quality, infrastructure, services, teaching staff and educational policies that are still far from qualified are one of the causes of the low quality of Indonesia's human resources. The existence of continuous efforts to improve the quality of education will have a major impact on aspects of education. Improvement efforts should be focused primarily on teaching staff. The pedagogic competence of educators is the main focus in implementing quality education. In addition, education policies play a major role in organizing and regulating the education system

Keywords: Pedagogy, Quality of Education, Education Policy

References

DAFTAR PUSTAKA

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157-165.

Arwildayanto, dkk (2018). Kebijakan pendidikan. ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN, 133.

Aziz, A. (2015). Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Studi Islam, 10 (2), 2 - 12.

Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 309-324.

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Bumi Aksara.

Hasbullah, H.M. (2015). Kebijakan Pendidikan; Dalam Perspektif Teori, Aplikasi, dan Kondisi Objektif Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Jakaria, Y. (2014). Analisis Kelayakan Dan Kesesuaian Antara Latar Belakang Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dengan Mata Pelajaran Yang Diampu. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20 (4), 3 - 8.

Koyan, I. W. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. UNDIKSHA Singaraja.

Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Untuk Meningkatkan Mutu Dan Profesionalisme Guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) (Pp. 2 - 5). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi permasalahan pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, 1415-1420.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.

Mufiz, A. (1999). Pengantar Administrasi Negara (Jakarta:Universitas Terbuka Depdikbud)

Nasution, E. (2016). Problematika pendidikan di Indonesia. Mediasi, 8(1).

Nurwenda, W (2016). Kompetensi Pedagogik Guru Geografi Dalam Proses Pembelajaran Di SMA Negeri Se-Kabupaten Bandung (Kompetensi Inti Guru Dalam Menyelenggarakan Pembelajaran Yang Mendidik. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Rohman, Arif. Politik Ideologi Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama, 2009.

Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900-912.

Suparno, P. (2004). Pendidikan Dan Peran Guru. Jakarta: Buku Kompas.

Tjalla, A. (2010). Potret mutu pendidikan indonesia ditinjau dari hasil-hasil studi internasional.

Tilaar, H.A.R. 2006. Standar Pendidikan Nasional Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Rineka Cipta

Tilaar, H.A.R. Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.

Tri Herlambang, Y. (2018). Pedagogik. Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Bumi Aksara. Jakarta.

Wibawa, S. (1994). Kebijakan Publik; Proses dan Analisis. Jakarta: Intermedia.

Yusuf, S. A., & Khasanah, U. (2019). Kajian Literatur Dan Teori Sosial Dalam Penelitian. Metodelogi Penelitian Ekonomi Syariah, 80.

Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30(2), 129-153.

Downloads

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles