Analisis Fungsi Inspeksi Unit AMC (Apron Movement Control) Dalam Menunjang Kedisiplinan Petugas APRON Di Bandar Udara Adi Soemarmo Boyolali

Authors

  • Deden Dwi Cahyo Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2649

Abstract

                                                           Abstrak

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan di Bandar Udara Adi Soemarmo Boyolali. Penelitian ini mengambil data dari dokumentasi, observasi secara langsung, dan wawancara yang dilakukan bersama Senior Apron Movement Control dan Junior Apron Movement Control. Teknik analisis data menggunakan  pengorganisasian data, pengelolaan data, verifikasi dan penafsiran data, dan pengambian kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan  bahwa terdapat peningkatan kedisiplinan yang dirasakan oleh petugas Apron Movement Control di Bandar Udara Adi Soemarmo Boyolali. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tingkat keselamatan penerbangan di Bandar Udara Adi Soemarmo Boyolali tergolong aman, mengingat jarang terjadinya accident dan serious insident.

Kata Kunci : Apron Movement Control, Kedisiplinan

 

Abstract

This research uses qualitative methods with descriptive qualitative research types. Data collection in this study was conducted at Adi Soemarmo Boyolali Airport. The study took data from documentation, in-person observations, and interviews conducted with Senior Apron Movement Control and Junior Apron Movement Control. Data analysis techniques use data organizing, data management, data verification and interpretation, and inference. The results of this study showed that there was an increase in discipline felt by Apron Movement Control officers at Adi Soemarmo Boyolali Airport. The results of this study also showed that the level of flight safety at Adi Soemarmo Boyolali Airport is relatively safe, considering the rare occurrence of accidents and serious incidents.

Keywords: Apron Movement Control, Discipline

References

DAFTAR PUSTAKA

Lestari, S.P., dan Samaniatun, M. (2020). Pengaruh Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap

Loyalitas Pelanggan Pada Perusahaan Ritel Alfamart DR.Wahidin H398 Semarang. Jurnal Egaliter. Vol. 4, No. 6, pp.27-45.

Harun,R (2016). Pengaruh Pelayanan Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Syariah KCP Sungguminasa.( UIN Alauddin Makassar, 2019). Diakses dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id

Hidayat, Anwar.(2012). Pengertian Populasi dan sampel. Diakses dari https://www.statistikian.com

Naslia, A. (2019). Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah.(Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh,2019). Diakses dari : https://repository.arraniry.ac.id

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Subagja, H. (2019). International Journal of Demos. Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan , 148 - 158.

Passe, Longginus. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan NasabahStudi Pada PT. Bank Papua Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi Program Studi Manajemen Jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Published

2022-05-25

Issue

Section

Articles