Studi Komparasi Kebijakan Pendidikan Di Era Reformasi Dengan Era Industri 4.0

Authors

  • Ratih Novi Septian Universitas Pendidikan Indonesia
  • Silviana Lilis Apriliani Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2655

Abstract

Abstrak

Era reformasi dan revolusi industri 4.0 adalah era yang saling berkelanjutan. Namun, setiap kebijakan yang diambil pada setiap era tentu saja berbeda-beda, menyesuaikan kebutuhan dan perkembangan pada zaman masing-masing. Begitu juga dalam bidang pendidikannya. Selama periode awal reformasi hingga era revolusi industri 4.0, kebijakan pendidikan di Indonesia banyak mengalami perubahan. Dan juga, setiap era memiliki karakteristik masing-masing. Untuk itu, melalui studi literatur, penulis membahas bagaimana perbedaan dari kedua era ini. Penulis mengumpulkan banyak bahan literatur yang kemudian dikaji dan disimpulkan. Di dapatkan bahwa kebijakan pendidikan di kedua era ini sangat terlihat atau sangat menonjol pada arah tujuan pembelajaran dan kurikulumnya. KBK dan KTSP dipilih untuk menjadi kurikulum di era reformasi, serta Kurikulum 2013 menjadi pilihan pemerintah Indonesia di era revolusi industri 4.0. Namun, pada dasarnya pelaksanaan pembelajaran dari keduanya sama-sama mengharapkan sistem student center. Di era reformasi, pemerintah fokus pada pengembangan lokalitas, sedangkan di era industri pemerintah memfokuskan pada keterampilan individu untuk menghadapi persaingan global.

Kata Kunci: Kebijakan Pendidikan, Era Reformasi, Revolusi Industri 4.0

 

Abstract

The era of reform and the 4.0 industrial revolution is a mutually sustainable era. However, each policy taken in each era is of course different, adjusting the needs and developments of each other's times. So does his field of education. During the early period of reform up to the era of the industrial revolution 4.0 education policy in Indonesia underwent many changes. And also, each era has its own characteristics. To this end, through the study of literature, the author discusses how the differences from these two eras are. The author collects many literature materials that are then examined and inferred. It is earned that educational policies in these two eras are highly visible or very prominent in the direction of its learning goals and curriculum. KBK and KTSP were selected to be curriculums in the reform era, as well as the 2013 Curriculum became the Indonesian government's choice in the industrial era. However, basically the learning implementation of the two equally expects the student center system. In the era of reform, the government focuses on developing locality, whereas in the era of the industrial revolution, the government focuses on individual skills to deal with global competition.  

Keywords: Education Policy, Reformation Era, Industrial Revolution 4.0.

References

DAFTAR PUSTAKA

Amri, U, R Rifma, and S Syahril. 2021. “Konsistensi Kebijakan Pendidikan Di Indonesia.†Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (5): 2200–2205. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/778.

Anwar, Saiful. 2019. “Orba Dan Reformasi†6 (2): 87–91.

Fat, Mona, P D F Pack, Revisi Makalah, Sejarah Pemikiran, Pendidikan Islam, Mona Fat, Revisi Makalah Perbandingan, et al. n.d. “Perbandingan Pemikiran Pendidikan Pada Masa Orde Baru Dan Masa Reformasi.â€

Fernandes, Reno. 2019. “Relevansi Kurikulum 2013 Dengan Kebutuhan Peserta Didik Di Era Revolusi 4.0.†Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education 6 (2): 70. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157.

Hasbullah, M. 2015. Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Teori, Aplikasi Dan Kondisi Objektif Di Indonesia. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Herlambang, Yusuf Tri. 2016. “Pendidikan Kearifan Etnik Dalam Mengembangkan Karakter.†EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 7 (1). https://doi.org/10.17509/eh.v7i1.2789.

Herlambang, Y.T. 2021. Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Bumi Aksara.

Juliya, Mira, and Yusuf Tri Herlambang. 2021. “Analisis Problematika Pembelajaran Daring Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa.†Genta Mulia XII (1): 281–94.

Lama, Orde, Orde Baru, and D A N Kabinet Kerja. 1994. “PERATURAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA PADA MASA Abstrack Abstrak Pendahuluan Pada Dasarnya , Landasan Adalah Suatu Alas Atau Dasar Pijakan Dari Sesuatu Hal Atau Suatu Titik Tumpu Atau Titik Tolak Dari Sesuatu Hal Atau Suatu Fundasi Tempat Berdirinya†1 (2): 56–78.

Mardina, Riana. 2011. “Potensi Digital Natives Dalam Representasi Literasi Informasi Multimedia Berbasis Web Di Perguruan Tinggi.†Jurnal Pustakawan Indonesia 11 (1): 7.

Mareta, Iske, Indah Ayuningtyas, Dina Rosa, and Nur Wahdaniah Ijatul Islamiah. 2021. “Analisis Kebijakan Zonasi : Terampasnya Hak Sekolah Dan Siswa Dalam Pendidikan.†Jurnal Pendidikan 30 (2): 235. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1522.

Maskuri. 2017. “KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEBAGAI KEBIJAKAN PUBLIK DALAM SISTEM POLITIK DI INDONESIA.†JPII 2: 78–91.

Nanang, Fatah. 2013. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nugroho, Riant, and Dwijowijoto. 2004. Kebijakan Publik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Prasojo, Lantip Diat. 2012. “Financial Resources Sebagai Faktor Penentu Dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan.†Jurnal Internasional Manajemen Pendidikan 4 (02): 19–27.

Ritonga, Maimuna. 2018. “Politik Dan Dinamika Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Hingga Masa Reformasi.†Bina Gogik 5 (2): 1–15.

Sagala, S. 2017. Human Capital: Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas. Depok: Kencana.

Sasikirana, Vania, and Yusuf Tri Herlambang. 2020. “URGENSI MERDEKA BELAJAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN TANTANGAN SOCIETY 5.0.†E Tech 08. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00.

Solichin, M. 2015. “Imlementasi Kebijakan Pendidikan Dan Peran Birokrasi.†Jurnal Studi Islam 6 (2): 148–78.

Syafaruddin, S. 2008. Efektivitas Kebijakan Pendidikan: Konsep, Strategi Dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif. Rineka Cipta.

Yuliah, Elih. 2020. “Implementasi Kebijakan Pendidikan.†At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan 30: 129–53.

Yusnaini, and Slamet. 2019. “Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 2: 1073–85. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2668.

Downloads

Published

2022-05-27

Issue

Section

Articles