Learning Loss: Analisis Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Anti Muthmainnah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Rohmah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2662

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan infromasi dan menganalisis: (1) Permasalahan learning loss pada anak dan (2) Solusi permasalahan learning loss pada anak. Metode studi literatur dan metode analisis adalah metode yang dipakai dalam penelitian ini. Pengumpulan informasi atau data dibuat dengan cara pengumpulan data pustaka, membaca dan mengolah bahan atau data penelitian. Setelah itu, analisis pengumpulan informasi serta teori tinjauan didapat dari hasil memperoleh data dari berbagai macam sumber dokumen seperti jurnal, buku, serta artikel yang meliputi sumber dari riset para pakar Hasil pembahasannya, yaitu pertama, permasalahan learning loss pada anak. Kedua, solusi permasalahan learning loss pada anak. Solusi atas permasalahan tersebut adalah coaching fasilitator, sosialisasi, talkshow atau FGD parenting, monitoring dan evaluasi, pendampingan literasi numerasi

Kata kunci: learning loss, analisis, pembelajaran jarak jauh

 

Abstract

The purpose of this study was to obtain information and analyze: (1) problems of learning loss in children and (2) solutions to problems of learning loss in children. Literature study method and analytical method are the methods used in this research. The collection of information or data is made by collecting library data, reading and processing research materials or data. After that, the analysis of information collection and theoretical review was obtained from the results of obtaining data from various document sources such as journals, books, and articles that included sources from expert research. The results of the discussion, namely first, the problem of learning loss in children. Second, the solution to the problem of learning loss in children. The solutions to these problems are facilitator coaching, socialization, parenting talk shows or FGDs, monitoring and evaluation, numeracy literacy assistance.

Keywords: learning loss, analysis, distance learning

References

DAFTAR PUSTAKA

Aini, T. N., Lestari, R., & Psi, S. (2021). Hubungan Religiusitas Dengan Resiliensi Akademik Mahasiswa Muslim Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 6.

Amsikan, S., Nahak, S., & Mone, F. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SEBAGAI ALTERNATIVE SOLUSI MENGATASI LEARNING LOSS SISWA SMPN NUNUFAFI. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(4).

Andriani, W., Subandowo, M., Karyono, H., & Gunawan, W. (2021). Learning Loss dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Corona. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 484–501.

Bahar, S. (2020). Permasalahan-Permasalahan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bunda Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Sebagai Dampak Pandemi Covid-19. Alasma: Jurnal Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah, 02(02), 217–230.

Budi, S., Utami, I. S. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607–3613.

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., N, F. A. L., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., Azzahra, T. S., & Toharudin, T. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. E-Prosiding Nasional| Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran, 10(1), 27–27.

Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., Rahmani, R., Elian, S. A., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145–148. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2290/1270

Hadi, B. (2021). A Learninng Loss Pada Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia: Learning Loss. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6, 290–296. http://ojs.iptpisurakarta.org/index.php/Edudikara/article/view/262

Haryadi, R., & Selviani, F. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. AoEJ: Academy of Education Journal, 12, 254–261.

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, XII(1), 281–294.

Kashyap, A. M., Sailaja, S., Venkata, K., Srinivas, R., & Raju, S. S. (2021). Challenges in Online Teaching amidst Covid Crisis : Impact on Engineering Educators of Different Levels. Journal of Engineering Education Transformations, 34(January), 38–43.

Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169.

Lubis, W. (2020). Analisis efektivitas belajar pada pembelajaran jarak jauh (pjj) di masa pandemi covid-19. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 132–141.

Muthmainnah, A. &, & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gawaii Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Elementary, 4(2), 121–124.

Patrinos, H., & Donnelly, R. (2021). Learning Loss During COVID-19 : An Early Systematic Review. Covid Economics Vetted and Real-Time Papers, 1–11.

Pratiwi. (2021). Learning loss : Jurnal EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 147–153.

Sarwa, S. S. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah dan Solusi. Penerbit Adab.

Simanjuntak, S. Y., Kismartini, Dwimawanti, I. H., & Hidayatullah, M. A. (2020). Respons Guru Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 125–136. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.108

Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Daring Luring, Bdr. Elex Media Komputindo.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51–58.

Downloads

Published

2022-05-29

Issue

Section

Articles