Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Solusi Dari Tantangan Generasi Milenial

Authors

  • Asti Widiastuti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2666

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan deskripsi mengenai implementasi nilai Pancasila terhadap tantangan yang terjadi dikalangan generasi milenial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif berbasis studi literatur dengan mencari, membaca dan menganalisis berbagai sumber seperti buku, jurnal, artikel dan sumber-sumber lainnya yang dapat dipertanggungjawabkan. Seperti yang kita ketahui bahwa minimnya penerapan dan pengaplikasian nilai-nilai Pancasila dikalangan generasi milenial itu disebabkan oleh berbagai tantangan pada generasi milenial itu sendiri yang membuat generasi milenial tidak mengimlementasikan atau menerapkan nilai-nilai Pancasila dengan baik dan benar dalam kehidupannya. Nilai-nilai Pancasila yang seharusnya dijunjung tinggi dan dijadikan sebagai pedoman hidup dalam kehidupan bermasyarakat, saat ini sudah mulai pudar bahkan ditinggalkan dan diacuhkan. Dapat dilihat pada generasi milenial yang cenderung hidup individu, lebih menyukai dan tertarik pada hal-hal baru yang bahkan mereka tidak tahu apakah itu hal yang baik atau buruk untuk dirinya, dan juga generasi milenial cenderung lebih sering berinteraksi dengan menggunakan ponsel pintarnya. Jika hal ini dibiarkan begitu saja dan dianggap sebagai hal yang wajar, maka nilai-nilai Pancasila akan dengan mudah tergantikan oleh ideologi dan aliran-aliran baru lainnya yang datang dari luar. Untuk itu agar mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, perlu diadakannya upaya atau cara untuk mengubah prilaku dan kebiasaan buruk serta menangani tantangan yang ada pada generasi milenial.

Kata kunci: Generasi Milenial, Implementasi, Nilai-nilai Pancasila

 

Abstract

The purpose of this study is to provide a description of the implementation of Pancasila values to the challenges that occur among the current-=;millennial generation. The research method used in this study is a qualitative method based on literature study by searching, reading and analyzing various sources such as books, journals, articles and other sources that can be accounted for. As we know that the lack of application and application of Pancasila values among the millennial generation is caused by various challenges to the millennial generation itself which makes the millennial generation not implement or apply Pancasila values properly and correctly in their lives. The values of Pancasila, which should be upheld and used as a way of life in social life, are now starting to fade, even being abandoned and ignored. It can be seen in the millennial generation who tend to live individually, prefer and be interested in new things that they don't even know whether it's a good or bad thing for themselves, and also the millennial generation tends to interact more often using their smart phones. If this is left unchecked and considered as a natural thing, then the values of Pancasila will be easily replaced by other ideologies and new sects that come from outside. For this reason, in order to prevent unwanted things from happening, it is necessary to make efforts or ways to change bad behavior and habits and deal with the challenges that exist in the millennial generation.

Keywords: Millennial Generation, Implementation, Pancasila values

References

DAFTAR PUSTAKA

Angel Dwi Septianingrum, & Dini Anggraeni Dewi. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial Di Era Serba Modern. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 3(1), 28–35.

Dan Tantangan Millenial, P., Nilai Pancasila Pada Generasi Millenial Sebagai Landasan Dalam Bertindak Dan Berpikir Mei Nur Rusmiati, M., Anggraeni Dewi, D., & kunci, K. (2021). 8 | Page. Jurnal Mahasiswa Indonesia, 1(1), 18–29.

Darmawan. (2018). Revitalisasi Pancasila sebagai Pedoman Hidup Bermasyarakat di Era Globalisasi. 1–120.

Faujan, I. F. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Secara Komprehensif Menghadapi Tantangan. Rhizome : Jurnal Kajian Ilmu Ilmu Humaniora, 1(12), 1–6.

Gender, P. E., Seksualitas, D., Penyiapan, U., Berkeluarga, K., Remaja, B., Isni, K., Putri, T. A., Qomariyah, N., Studi, P., Masyarakat, K., & Dahlan, A. (2021). Jurnal Warta LPM, 24(4), 667–676.

Meynawati, L., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Millenial di dalam Kehidupan Sehari-hari. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 944–951.

Mutmainah, D., & Kamaluddin. (2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai. 1(1), 12–17.

Anggraini, F., (2018). Opini Mengenai Hilangnya Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

Oktari, D., & Dewi, D. A. (2021). Pemicu Lunturnya Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 93–103.

Siti, S., & Anggraeni, D. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Bagi Generasi Milenial. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 1(11), 1–6.

Sultoni, S., Gunawan, I., & Argadinata, H. (2020). Dampak Pembelajaran Berkarakter Terhadap Penguatan Karakter Siswa Generasi Milenial. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2019), 160–170.

Utami, I. S. (2021). Implementasi Pancasila Dalam Teknologi Pendidikan Di Era Pandemi. Generasi Pancasila, 1(1), 54–63.

Yuyun Yuniati. Spd. M.Pd. (2019). Pancasila Sebagai Sumber Nilai Tertinggi Bagi Peningkatan Dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Indonesia Di Era Revolusi 4.0. Jurnal Ekonomi Stie Pasim Sukabumi, 08(01), 61–78.

Downloads

Published

2022-05-29

Issue

Section

Articles