Menerapkan Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Tujuan Membangun Karakter Anak Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2669Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun karakter anak bangsa untuk menjadi generasi penerus yang lebih baik dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik dilingkungan keluarga, lingkunagn sekolah maupun lingkungan masyarakat melalui pendidikan kewarganegaraan. Pancasila adalah lima dasar yang berperan sebagai dasar negara dan pandangan atau pedoman hidup warga negara Indonesia. Dengan adanya Pancasila diharapkan kita sebagai warga negara dapat mengimplementasikan dengan baik agar menjadi warga negara yang menaati peraturan yang diberikan dan menjadi warga yang berkarakter dalam bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara.
Kata kunci: Nilai-Nilai Pacasila, Pendidikan Kewarganegaraan, Karakter Anak Bangsa
Â
Abstract
The purpose of this research is to build the character of the nation's children to become a better future generation by applying the values of Pancasila in everyday life, both in the family environment, school environment and community environment through civic education. Pancasila are five principles that serve as the basis of the state and the views or life guidelines of Indonesian citizens. With the existence of Pancasila, it is hoped that we as citizens can implement it well so that we become citizens who obey the given regulations and become citizens with character in society, nation and state.
Keywords: Pancasila Values, Civic Education, Character Of The Nation’s ChildrenReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arif Dikdik Baehaqi. (2011). Dikdik_Pembudayaan_Pancasila_melalui_PKn. 1–15.
Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440. https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1076
Al-Hakim, Suparlan. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia. Malang: Madani.
Jasrudin, Zulfikar Putra, Farid Wajdi. (2020). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Penguatan Kopetensi PKn dan Penerapan Alternatif Pendekatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 10(2), 42.
Atmawarni, & Kesuma, S. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Pembinaan Moral Remaja. Genta Mulia, XII(1), 230–233.
Fira Ayu Dwiputri1, D. A. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. 5, 1267–1273. file:///C:/Users/Acer/Downloads/1097-Article Text-2199-1-10-20210428.pdf
Juri, J., Suseka, S., & Apoy, A. (2020). Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Nilai-Nilai Pancasila Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Ketungau Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 81–96. https://doi.org/10.31932/jpk.v5i1.707
Lestari, E. Y., Janah, M., & Wardanai, P. K. (2019). Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Adil Indonesia Jurnal, 1(1), 20–27.
Marlina, E. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Rasa Cinta Tanah Air pada Remaja di Perbatasan Indonesia-Malaysia. Psikoborneo, 4(4), 564.
Nur’aeni, N., & Khoeriah, N. D. (2019). JPK : Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 65–77.
Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37.
Pancasila, I. N. (2008). 7_Bunyamin_Maftuh_rev. II(2).
Pendidikan Kewarganegaraan Kelas Viii Smp Pancasila Palangka Raya Herman, P. DI. (n.d.). Pembelajaran Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mata.
Pertiwi, A. D., Siti Aisyah Nurfatimah, Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347
Ridla ‘Adawiyyah. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Universitas Pendidikan Indonesia, 5, 1–9.
Sianturi, Y. R. U., & Dewi, D. A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222–231. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1452
Winataputra, U. S. (2016). Jurnal moral kemasyarakatan vol. 1, no.1, juni 2016. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 15–36.
Yani, F., & Darmayanti, E. (2020). Implementasi nilai-nilai pancasila melalui pendidikan pancasila sebagai upaya membangun sikap toleransi pada mahasiswa di universitas potensi utama. Jurnal Lex Justitia, 2(1), 48–58.
Juliardi, Budi. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhineka Tuggal Ika. 2(2).
Zuchdi, D. dkk. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep Dasar dan Implementasi di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: UNY Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Zulfa Ishmah Rahadatul Aisy, Dinie Anggraenie Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.