Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Authors

  • Desi Nursyifa Ramdhani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2676

Abstract

Abstrak

Pada dewasa ini masa semakin canggih yang dimana peran digital sudah merajalela begitu pula ilmu pengetaahuan dan teknologi. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat perubahan besar bagi kehidupan saat ini. Dengan adanya perkembangan IPTEK yang sangat pesat membawa pengaruh baik yang dapat memudahkan segala urusan manusia, namun selain itu perkembangan IPTEK ini juga membawa pengaruh buruk bagi manusia jika tidak digunakan dengan bijak. Akibat jelek dengan adanya IPTEK bagi kehidupan manusia yaitu: pada hakikatnya jika manusia diberi kemudahan dalam melakukan segala hal seperti adanya alat-alat yang memudahkan pekerjaan mereka, hal ini membuat manusia ketergantungan dan merasa malas, karena sudah terbiasa dengan teknologi yang membantunya. Lalu manusia dapat melakukan penyelewangan terhadap IPTEK seperti penipuan di sosial media, dan melakukan transaksi ilegal. Mudahnya budaya asing masuk ke dalam negeri dengan tidak di saring oleh pelajar maupun mahasiswa. Banyaknya remaja saat ini menonton pornografi dan perjudian online. Oleh sebab itu nilai-nilai pancasila harus ditingkatkan pada jati diri masyarakat Indonesia untuk mempunyai sikap perilaku yang cocok dengan lima dasar pancasila, dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari untuk terlepas dari sikap buruk pada jati diri sendiri maupun orang lain. Hal ini akan menjadikan bangsa Indonesia yang aman dan sejahtera.

Kata Kunci: Pancasila,IPTEK

 

Abstract

In today's increasingly modern era where the role of digital is rampant as well as science and technology (Science and Technology). The development of science and technology makes major changes to life today. With the rapid development of science and technology, it has a good influence that can facilitate all human affairs, but besides that, the development of science and technology also has a bad influence on humans if it is not used wisely. The bad influence of the development of science and technology for human life, namely: in essence if humans are given the convenience of doing everything such as the existence of tools that facilitate their work, this makes humans dependent and feel lazy, because they are used to technology that helps them. . Then humans can commit fraud against science and technology such as fraud on social media, and make illegal transactions. It is easy for foreign cultures to enter the country without being filtered by students or students. Many teenagers nowadays watch pornography and online gambling. Therefore, the values of Pancasila must be instilled in the identity of the Indonesian people so that they have behavioral attitudes that are in accordance with the five basic principles of Pancasila, and practice them in everyday life in order to avoid bad attitudes towards themselves and others. This will make the Indonesian nation safe and prosperous.

Keywords: Pancasila, science and technology

References

DAFTAR PUSTAKA

Amir, S. (2013). Pancasila As Integration Philosophy of Education and National Character. Internasional Journal of Scientific & Techonology Research, 2(1).

Ani Sulianti, D. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 54–65.

Dikti, D. P. dan K. (2016). Pendidikan Pancasila. Dikti.

Emzir, M. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Raja Grafindo.

Febriyanti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 476–482. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1772

Kaelan. (2000). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Paradigma.

Kalisha, L., k dkk. (2021). MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER MASYARAKAT YANG BERLANDASAN NILAI PANCASILA. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2).

Maemunah. (2018). Kebijakan Pendidikan pada Era Revolusi 4.0 Prosiding Seminar Nasional. Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila. CV Mitra Cendekia Media.

Pertiwi, S. G., & Hidayah, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Hak Asasi Manusiadalam Dunia Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 376–380. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1717

Saverina, P.I., & Martoredjo, N. T. (2020). Pancasila di Tengah Perkembangan IPTEK. Character Building. https://binus.ac.id/character-building/pancasila/pancasila-di- tengah-perkembangan-iptek/.

Sulaswati, A. (2009). Perkembangan IPTEK, Lingkungan dan Budaya Bangsa. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Sung, T. . (2017). Industri 4.0 : a Korea perspective. Techonological Forecasting and Social Change Journal, 1–6.

Ulfah, N., Hidayah Y & Trihastuti, M. (2021). Urgensi Etika Demokrasi di Era Global: Membangun Etika dalam Mengemukakan Pendapat bagi Masyarakat Akademis Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 329–346. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/1576

Wahab, A. A. (2001). Implementasi dan Arahan Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan (civic education) di Indonesia. Civicus Jurnal Ilmu Politik, Hukum PKn Edisi I.

Downloads

Published

2022-05-30

Issue

Section

Articles