Kebijakan Pembelajaran Daring Sebagai Inovasi Pendidikan Di Era Pandemi

Authors

  • Yohana R. U. Sianturi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Amanda Ramadhan Firdaus Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2690

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan atau membahas tentang inovasi pendidikan dan pembelajaran yang dapat dan harus dilakukan dalam kondisi Negara Indonesia bahkan dunia yang masih mengalami pandemi Covid-19. Segala sumber teori dan bahan pembahasan diperoleh dengan metode studi pustaka dari berbagai literatur yang relevan, diantaranya yaitu artikel, jurnal, dan buku mengenai materi yang mendukung dan berkaitan dengan tema pembahasan yang diteliti. Dari hasil kajian studi pustaka didapat bahwa solusi atau inovasi agar tetap berjalannya pendidikan di masa Covid-19 adalah dengan  melaksanakan pembelajaran secara daring dan memanfaatkan teknologi sebagai inovasi pembelajarannya. Kebijakan dan inovasi dilakukan untuk membatasi penularan dan penyebaran virus. Adanya kebijakan pemerintah terkait pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 tersebut, maka diperlukan peran serta dan kerjasama dari berbagai pihak agar pelaksanaan pendidikan tetap berjalan dengan baik dan efektif selama pandemi Covid-19.

Kata Kunci: Inovasi pendidikan, inovasi pembelajaran, pembelajaran daring

 

Abstrak

This study aims to describe or discuss educational and learning innovations that can and should be carried out in the conditions of the State of Indonesia and even the world which is still experiencing the Covid-19 pandemic. All sources of theory and discussion materials were obtained by using a literature study method from various relevant literatures, including articles, journals, and books on materials that support and relate to the topic of discussion under study. From the results of the literature review, it was found that the solution or innovation to keep education going during the Covid-19 period was to carry out online learning and use technology as a learning innovation. Policies and innovations are made to limit the transmission and spread of the virus. With government policies related to online learning during the Covid-19 pandemic, participation and cooperation from various parties is needed so that the implementation of education continues to run well and effectively.

Keywords: Educational innovation, learning innovation, online learning

References

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, M. Y. (2020). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar selama Masa Pandemi COVID-19. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 7(2), 202-213.

Akmal. (2019). Lebih Dekat Dengan Industri 4.0 . Yogyakarta: Deepublish.

Alif, S. M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Serang: 3M Media Karya.

Ansori, A., & Sari, A. F. (2020). Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 133-148.

Benyamin, F. P. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. Kharismata: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 13-24.

Dian Ratu Ayu Uswatun Khasanah, H. P. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

I Ketut Sudarsana, d. (2021). COVID-19: Perspektif Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis problematika pembelajaran daring dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Genta mulia: jurnal ilmiah pendidikan, 12(1).

Karim, B. A. (2020). Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102-112.

Koko Adya Winata, Q. Y. (2021). KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI. Al-Man-Pend: Jurnal Adminitrasi Manajemen Pendidikan, 1-6.

Mukhlis, F. F. (2021). URGENSI PENGGUNAAN DIGITAL LITERASI DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN DIMASA PANDEMI: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah dasar, 2(1), 13-20.

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 4(1), 49-56.

Rahayu, F. F. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Rahmi, R. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. AL-TARBIYAH: JURNAL PENDIDIKAN (The Educational Journal), 30(2), 111-123.

Saleh, A. M. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah PandemiDan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia. OSF Preprints, 1-5.

Sari, A. A. (2020). Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 133-148.

Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342-362.

Sri Gusty, d. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sukarno, S. H. (2021). INOVASI PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(2), 479-485.

Sultan Hadi Prabowo, A. F. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM . Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191-207.

Sumarnib, M. H. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA UNNES, 298-303.

Unik Hanifah Salsabila, L. I. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al- Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.

Winaya, I. P. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270-290.

Downloads

Published

2022-06-04

Issue

Section

Articles