Pengaruh Persepsi Harga Tiket Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Maskapai Wings Air Di Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin III Sumbawa Besar

Authors

  • Yulia Aji Puspitasari Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Imti Ulfa Septialisman Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2691

Abstract

Abstrak

Transportasi udara memiliki peranan yang cukup penting dalam meperlancar arus pengangkutan penumpang dan juga barang baik dalam negeri maupun keluar negeri. Sarana dan prasarana yang disediakan oleh transportasi udara sudah cukup efektif dan efisien untuk digunakan. Persaingan antara maskpai penerbangan semakin tidka bisa dipungkiri, mereka berlomba-lomba untuk meberikan kulitas terbaik mereka untuk dapat menarik penumpang. Penelitian ini dilakukan utnuk mengetahui seberapa besar pengaruh persepsi hargaharga dan kemanan terhadap minat menggunakan maskapai Wings Air di Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin III Sumbawa Besar dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan menggunakan teknik sampling yaitu Nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menberakan kuisoner dan bebrapa angket kepada 100 responden. Hasil dari dari datang yang diperoleh kemudian akan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil pengolahan data yang diperoleh peneliti menunjukkan bahwa variabel persepsi harga secara signifikan berpengaruh terhadap minant menggunakan maskapai Wings Air dan persepsi keamanan secara siginifikan tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan maskapai Wings Air di Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharudin III Sumbawa Besar.

Kata Kunci : Persepsi Harga, Persepsi Keamanan, Minat Menggunakan

 

Abstract

Air transportation has an important role in facilitating the flow of passenger and goods transportation both domestically and abroad. The facilities and infrastructure provided by air transportation are effective and efficient enough to be used. Competition between airlines is increasingly undeniable, they are competing to provide their best quality to attract passengers. This research was conducted to find out how much influence the perception of prices and security have on the interest in using the Wings Air airline at Sultan Muhammad Kaharuddin III Airport, Sumbawa Besar, using quantitative research methods. This study uses a sampling technique, namely Nonprobability sampling with purposive sampling method. Data was collected by distributing questionnaires and several questionnaires to 100 respondents. The results of the arrivals obtained will then be processed using the SPSS version 22 application. The results of data processing obtained by the researchers indicate that the price perception variable significantly affects the interest in using the Wings Air airline and the security perception does not significantly affect the interest in using the Wings Air airline in Bandar Air Sultan Muhammad Kaharudin III Sumbawa Besar.

Keywords: Perception of Price, Perception of Security, Interest in Using

References

DAFTAR PUSTAKA

Amanda, L dkk. (2019). Uji Validitas dan relibiltass tingkat partisipasi politik massyarakat kota Padang. Vol.VIII. No.1, 179-188. Diakses pada 13 Juli 2021, dari Universitas Andalas.

Fakhrudin, Arif. 2021. Pengaruh citra dan keamanan terhadap keputusan penumpang menggunakan maskpai Sriwijaya Air di Yogyakarta. Vol. 8, No.1, 20-32.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Joan, L dan Sitinjak, T (2019). Pengeruh Persepsi Kebermanfaatan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Pemabayaran digital Go-Pay. Vol.8, No.2, 27-40. Diakses pada 10 Juli 2021. Kwik Kian Gie School of Business.

Kartika, Apriliya, 2018. “ Pengaruh Persepsi Kegunaan, persepsi Kemudahan, dan Persepsi Keamanan terhadap Minat Menggunakan E-Moneyâ€. Skripsi

Kiswantoro, A. & Damiasih. (2018). Persepsi kualitas layanan Museum sebagai sarana edukasi masyarakat. Vol.12, No.2, 58-60. Diakses 10 Juli 2021, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (STIPRAM) Yogyakarta.

Megawanti, P dkk (2020). Persepsi peserta didik terhadap PJJ pada masa pandemic Covid 19. Vol.7, No.2, 75-82. Diakses 10 Juli 2021, Universitas Indraprasta PGRI.

PT (persero) Angkasa Pura. Pengertian Bandar Udara. 2018. Diakses pada 20 Juli 2021.

Rahayu, Rurie Wiedya, 2018. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Resiko, dan Inovasi Teknologi Terhadap Aplikassi Go-pay dari PT. Gojek Indonesia. Skripsi

Sofyan, Mohammad dkk (2021). Analisis Kualitas Layanan, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Jasa Ekspedisi PT.Kadiri Logistik Cargo. Diakses pada 1 Agustus 2021. Institut Ilmu Sosial dan Manajement.

Subagyo, Leonardo, Y, S, 2018. “Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Keamanan Terhadap Adopsi Mobile Banking Nasabah BNI di Surabaya Dengan Pemediasi Motivasi Hedonik. Skripsi

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alvabeta.

Yonathan, Michell Suwariyanti (2021). Pengaruh Persepsi Nilai, Persepsi Kualitas, Persepsi Harga dan Citra merek Terhadap Niat Beli produk Pakaian Nevada. Diakses pada 3 Agustus 2021. Universitas Atma Jaya.

Downloads

Published

2022-06-04

Issue

Section

Articles