Pengaruh Lokasi Dan Fasilitas Transportasi Terhadap Minat Pengguna Jasa Layanan Bandar Udara Internasional Yogyakarta

Authors

  • Nurul Rahman Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Arif Fakhrudin Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2692

Abstract

Abstrak

Bandar Udara Internasional Yogyakarta adalah bandara baru di Yogyakarta, menggantikan Bandar Udara Internasional Adisutjipto. Bandara ini berlokasi di Kulon Progo, Kapanewon Temon, sekitar 42 km dari pusat kota Yogyakarta, yang mana Bandar Udara Internasional Yogyakarta memiliki arsitektur modern dan desain futuristik yang berada di lahan seluas 600 hektar. Hal ini tentu mempengaruhi kualitas pelayanan Bandar Udara Internasional Yogyakarta yang dimana Bandar udara internasional Yogyakarta berlokasi di kulon progo jauh dari pusat kota Yogyakarta yang mengharuskan penumpang untuk melanjutkan lagi perjalanan ke pusat Yogyakarta. Transportasi darat yang bisa digunakan penumpang untuk sampai ke pusat kota meliputi transposrtasi Damri, Travel, Satelqu, kereta api bandara YIA, taxi bandara dan yang lainnya. Hal ini lah yang menjadikan pelayanan yang kurang baik ke penumpang. Dimana letak lokasi Bandar udara yang jauh dari pusat kota Yogyakarta, meskipun transportasi darat cukup mendukung di Bandar udara tersebut. Berdasarkan uraian diatas dan merujuk pada kasus lokasi Bandar udara terhadap minat pengguna jasa layanan Bandar udara maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait “PENGARUH LOKASI DAN FASILITAS TRANSPORTASI TERHADAP MINAT PENGGUNA JASA LAYANAN BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTAâ€. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data yang dipakai salah satunya adalah data primer, data yang di dapat dari penumpang yang menggunakan jasa layanan Bandar Udara Internasional Yogyakarta yang dimintai tanggapan melalui kuesioner yang diberikan, tentang variabel penelitian yang meliputi variabel lokasi, variabel fasilitas transportasi dan variabel minat pengguna jasa. Berdasrkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Variabel lokasi (X1) mempunyai pengaruh terhadap Minat Pengguna Jasa Layanan Bandar Udara Internasional Yogyakarta, variabel Fasilitas Transportasi (X2) mempunyai pengaruh terhadap Minat Pengguna Jasa Layanan Bandar Udara Internasional Yogyakarta, dan variabel Lokasi (X1) dan Fasilitas Transportasi (X2) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap Minat Pengguna Jasa Layanan Bandar Udara Internasional Yogyakarta.

Kata kunci : Lokasi, Fasilitas Transportasi, Minat pengguna jasa

 

 

Abstract

Yogyakarta International Airport is a new airport in Yogyakarta, replacing Adisutjipto International Airport. The airport is located in Kulon Progo, Kapanewon Temon, about 42 km from downtown Yogyakarta, where Yogyakarta International Airport has modern architecture and futuristic design that stands on an area of 600 hectares. This certainly affects the service quality of Yogyakarta International Airport, where Yogyakarta International Airport is located in Kulon Progo, far from the center of Yogyakarta, which requires passengers to continue their journey to the center of Yogyakarta. Land transportation that can be used by passengers to get to the city center includes Damri transportation, Travel, Satelqu, YIA airport trains, airport taxis and others. This is what makes the service less good for passengers. Where is the location of the airport which is far from the city center of Yogyakarta, although land transportation is quite supportive at the airport. Based on the description above and referring to the case of airport location on the interest of airport service users, the authors are interested in conducting further research related to "INFLUENCE OF LOCATION AND TRANSPORTATION FACILITIES ON THE INTEREST OF YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT SERVICE USERS". This research uses quantitative methods, one of the data sources used is primary data, data obtained from passengers who use the services of Yogyakarta International Airport who were asked for responses through a questionnaire given, about research variables which include location variables, transportation facilities variables and service user interest variables. Based on the data analysis carried out, it was concluded that the location variable (X1) has an influence on the Interest of Yogyakarta International Airport Service Users, the Transportation Facility variable (X2) has an influence on the Interest of Yogyakarta International Airport Service Users, and the Location variable (X1) and Transportation Facilities (X2) have a simultaneous influence on the Interest of Yogyakarta International Airport Service Users.

Keywords: Location, Transportation Facilities, Interests of service users

References

DAFTAR PUSTAKA

Alvera, V. (2020). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Minat Pengunjung Acara OH Beauty Festival (Doctoral dissertation, Podomoro University).

Coanto, V. V., Novaria, R., & Pujianto, A. (2018). PENGARUH KUALITAS PRODUK, LOKASI, DAN FASILITIAS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 4(2).

Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghozali, Imam.â€Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS19â€. Cetakan kelima, Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2011

Hasibuan, P. H. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Damri Di Bandara Soekarno-Hatta (Bachelor's thesis, Perpustakaan FEB UIN Jakarta).

https://ecampus.pelitabangsa.ac.id/pb/AmbilLampiran?ref=25250&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain

https://yogyakarta.bps.go.id/pressrelease/2022/03/01/1197/perkembangan-pariwisata-dan-transportasi-d-i--yogyakarta--januari-2022.html

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kusuma Wardani, A. (2020). PENGARUH BENCANA NASIONAL PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT PENGGUNA JASA TRANSPORTASI UDARA DI YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA).

Kusuma Wardani, A. (2020). PENGARUH BENCANA NASIONAL PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT PENGGUNA JASA TRANSPORTASI UDARA DI YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA).

Laksmita, A. H. M. (2017). Rasionalitas pengguna jasa calo dalam pengurusan SIM baru di Polres Sidoarjo. Paradigma, 5(1).

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Kencana. Jakarta

Pandensolang, Y. C. (2015). Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Pengembangan Stasiun Kereta Api Tanjung Karang di Lampung (Doctoral dissertation, UAJY).

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM 20 Tahun 2014 tentang Tata Cara dan Prosedur Penetapan Bandar Udara. 2015. Jakarta: Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

Pertiwi, E. N. (2019). PENGARUH LOKASI, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PERUMAHAN GRAND GRESIK HARMONI DESA SREMBI–KEMBANGAN KECAMATAN KEBOMAS GRESIK. MANAJERIAL, 5(1), 51-63.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jakarta: Salemba Empat.

Romatua, D., & Nurlina, N. (2019). ANALISIS PENGARUH HARGA, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA LAPANGAN ALL STAR FUTSAL PADANG. JURNAL AKUNTANSI BARELANG, 2(1), 14-23.

Saputri, R. A. (2021). PENGARUH PENGETAHUAN SANTRI, LOKASI, DAN FASILITAS PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Sunan Giri).

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Cetakan ke-16. Alfabeta. Bandung

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.Bandung.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan. praktik rineka cipta Jakarta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2022-06-04

Issue

Section

Articles