Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Kargo Maskapai Citilink Bandar Udara Hasan Sampit

Authors

  • Rahmat Rinaldy Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Zenita Kurniasari Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2703

Abstract

Abstrak

Kualitas layanan dan harga adalah ukuran tingkat layanan yang diterima dan diharapkan oleh konsumen. Penelitian ini untuk melihat apakah kualitas layanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa kargo maskapai Citilink. Penelitian ini menguji hubungan antara dua variabel independent, kualitas layanan dan harga, dengan satu variabel dependent, kepuasan. Penelitian ini memakai metode kuantitatif. Sumber data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuisoner offline yang didistribusikan kepada pengguna jasa kargo maskapai Citilink sebanyak 65 responden dan data sekunder berupa dukumen, buku, dan jurnal, sebagai data pendukung dan pelengkap penulisan penelitian ini dengan uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t dan ujif serta koefisien determinan. Hasil penelitian menjelaskan apabila indikator ini sifatnya valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi heterokedastisitas dan multikolineritas. Pada uji hipotesis, tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan. Dan pengujian hipotesis penetapan harga berpengaruh besar terhadap kepuasan pengguna jasa kargo maskapai Citilink. Hasil uji determinan yaitu 0,248 yang berarti bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh 24,8% terhadap kepuasan.

Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Harga dan kepuasan

 

Abstract

Quality of service and Price is a from of consumer assessment of the level of service received and expected. This study aims to determine whether there is an effect of service quality and price on customer satisfaction with Citilink Airline Cargo Services. This study uses two independent variables, namely service quality and price with one dependent variabel, namely satisfaction. This research uses quantitative methods. Sources of primary data were obtained by distributing offline questionnaires distributed offline questionnaires distributed to users of Citilink Airline Cargo services as many as 65 respondents and secondary data in the from of documents, books, and journals, as supporting data and caompleting this research writing with validity and rea;ibility tests, classical assumption test, regression analysis multiple, t test and f test as well as the determinant coefficient. According to the findings of this research, these indicators are genuine and dependable. In the traditional assumption test, the data are normally distributed, heteroscedasticity and multicollinearity are absent, and there is no evidence of heteroscedasticity. The pricing hypothesis test has a substantial influence on customer satisfaction with Citilink Airline Cargo Service, however the service quality hypothesis test has no effect. The outcome of the determinant test is 0.248, which indicates that service quality and pricing have a 24.8% impact on satisfaction.

Keywords: service quality, price and satisfaction.

References

DAFTAR PUSTAKA

Andrianto, Tomy dan Ariani Noor, Any 2013, Jurnal pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan di Bandara Husein Sastranegara Bandung

Andriyanto Rendy, 2020 kepuasaan pelanggan https://blog.sribu.com/id/kepuasan- pelanggan/. Diakses pada tanggal 18 Mei 2021.

Andra tersiana, 2018. Metode Penelitian. Penerbit Yogyakarta. Yogyakarta

Asfihan Akbar, 2019 kualitas pelayanan https://adalah.co.id/kualitas-pelayanan/. Diakses pada tanggal 20 Mei 2021

Adi Wibowo, Priyanto dan Abid Muhtarom, 2018. Jurnal determinasi kualitas pelayanan: Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, Responsiveness Terhadap Kepuasaan Pelanggan (Studi Kasus Pada J&T Exspress Lamongan). Universitas Islam Lamongan Fakultas Ekonomi

Atmadjati, arista, 2012. Meraih kunci sukses service excellence, Leutika Nouvalitera, Yogyakarta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Citilink ,2021 Makapai Citilink https://www.citilink.co.id/en/company-profile. Diakses pada tanggal 18 mei 2021

Darmawan Deni. 2013. Metode penelitian Pendidikan. Bandung: PT . Remaja Rosdakarya

Ditjen Perhubungan Udara, 2005, KM 29 pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) 03-0747-2004 Kementrian Perhubungan Republik Indonesia.

Ditjen Perhubungan Udara, 2008, KM 25 peraturan Menteri tentang penyelenggaraan Angkutan Udara.

Dinar Dewi K, Eko P dan Hanifah 2016, Jurnal analisis factor kebudayaan keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) pada penanganan kargo di bandara Soekarno Hatta International Airport.

Ghozali Imam. 2005. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Edisi keempat semarang: Penerbit Universitas Dipenegoro.

Ghozali Imam. 2009. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Edisi keempat semarang: Penerbit Universitas Dipenegoro.

Hayuningrum Dewanti, 2020. Skripsi pengaruh kualitas pelayanan melalui (tangible,reliability,responsiveness, assurance, empathy) terhadap kepuasaan pelanggan pada maskapai lion air di Bandara udara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin. Universitas Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Hidayat Anwar 2018. Penjelasan tetorial regresi linear berganda.

Hidayat Anwar 2012. Uji pearson product moment and asumsi klasik.

Husein Umar, 2011. Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis, Edisi Kedua. Jakarta : PT . Raja Grafindo Persada.

Iranita, Sofia Mytna dan Prahmana Satria, 2018. Jurnal pengaruh dimensi kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, empathy) terhadap kepuasaan penumpang KM. Bukit Raya (Studi pada mahasiswa Universitas maritime Raja Ali Haji yang berasal dari Natuna dan Anambas). Universitas Maritim Raja Ali Tanjungpinang Fakutas Ekonomi).

Indrastuty Dini, (2011:29). RPUL rangkuman pengetahuan umum lengkap

Juanda siahaan, 2011. Jurnal layanan kargo udara internasional di bandara udara Soekarno Hatta

Kotler dan Amstrong, 2016. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi keduabelas, Jakarta: Erlangga

Kargo.tech 2021. Pengertian, jenis dan klasifikasinya https://kargo.tech/en/blog/apa-itu-cargo-pengertian-dan-jenisnya/ . Diakses pada tanggal 01 Agustus 2021

Ma’mun Zahrudin, 2015 metode penelitian jenis penelitian http://metodologinurelghazy.blogspot.com/2015/06/jenis-penelitian.html. Diakses pada tanggal 23 Mei 2021.

Mahargiono, Bambang 2020. Jurnal pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan konsumen dan harga terhadap loyalitas konsumen pada PT. Rajawali Mentari Kargo Sidoarjo.

Martua Chando dan Djati S. 2018 jurnal pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasaan pelanggan yang berdampak pada loyalitas pelanggan jasa pengiriman AB cargo

Natalia Michelle. 2020 citilik optimalkan armada layani kargo international dan domestic.https://ekbis.sindonews.com/read/8991/34/citilink-optimalkan-armada-layani-kargo-internasional-dan-domestik-1587978273 .di akses tanggal 13 juli 2021.

Prawiratmadja Denon. 2021 kargo udara, masa depan bisnis penerbangan nasional. https://money.kompas.com/read/2021/05/11/140600726/kargo-udara-masa-depan-bisnis-penerbangan-nasional?page=all. Diakses pada tanggal 01 juli 2021.

Kotler dan Amstrong, 2011. Dasar-dasar pemasaran. Jilid I, Jakarta: Prenhalindo

Kotler dan Amstrong, 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi keduabelas. Jakarta: Erlangga.

Rengga Rahman. 2015. Thesis pengaruh pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan kargo pada PT. Indonesia Air Asia di Bandar Udara International Adisutjipto Yogyakarta.

rahmatul Julia. 2021. Skripsi pengaruh konflik dan ambiguitas peran terhadap pelayanan yang diberikan kepada penumpang maskapai citilink.

Ridhwanullah, 2016. Skripsi pengaruh kualitas pelayanan terhadap Citra Perusahaan Jasa Penerbangan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel modering pada PT. Lion Mentari Airlines : UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Raharjo Sahid, 2018. Makna koefisien Determinasi R square. Diakses dari http://www.spssindonesia.com.html.

Selin, 2019. Skripsi pengaruh kualitas pelayanan pengiriman barang dan harga terhadap kepuasan konsumen di PT Angkasa Pura Logistik Bandar Udara International Adisutjipto Yogyakarta.

Sigit Fajar, 2019. Skirpsi pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasaan pelanggan Masakapai Garuda Indonesia terminal 3 rute CGK-JOG di Bandar Udara International Soekarno - Hatta

Sitti Subekti, 2013. Jurnal pelananan Kargo Udara di Terminal Kargo Domestik Bandar Udara Soekarno Hatta

Sugiyono, 2012. Statistika Untuk Peneltian, Bandung: ALFABET

Sugiyono, 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABET

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif dan R&D), Bandung: ALFABET.

Tjiptono Fandy 2007. Strategi pemasaran Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta.

Tjiptono Fandy 2005. Pemasaran Jasa, Edisi pertama, Malang: Banyuwangi.

Tjiptono Fandy 2014. Pemasaran jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian, Yogyakarta.

Tjiptono Fandy 2015. Starategi pemasaran. Andi Ofset. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Manajemen mengukur kinerja pelayanan dan kepuasaan konsumen. Jakarta: DeliyantiOentroro

Tiyono Andri, 2010. Skrpsi analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Maskapai Penerbangan Express Airlines di Bandar udara Babullah Ternate. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Fakultas Ekonomi.

Utami, Novia Widya 2020. 4 indikator kepuasaan pelanggan untuk bisnis anda. https://www.jurnal.id/id/blog/indikator-kepuasaan-pelanggan-untuk-bisnis/#:~:text=Menurut%20Kotler%2C%20et%20al.%2C,pelanggan%2C%20dan%20survey%20kepuasaan%20pelanggan. Diakses pada tanggal 28 mei 2021.

Wardani, Tri Ulfa, 2017. Skripsi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan konsumen pada bisnis jasa transportasi GOJEK. UIN Sumatra Utara.

Wijayanti Dewi. 2020. Skripsi Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pengguna jasa pengiriman barang.

Downloads

Published

2022-06-04

Issue

Section

Articles