Penerapan Media Pembelajaran “Mading Pancasila” Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PPKn

Authors

  • Sukmawati Sukmawati Universitas Tadulako Palu
  • Jamaludin Jamaludin Universitas Tadulako Palu
  • Miftahul Jannah Universitas Tadulako Palu
  • Hilwa Hilwa Universitas Tadulako Palu
  • Deansi Deansi Universitas Tadulako Palu
  • Fani Fani Universitas Tadulako Palu
  • Nurfaisa Nurfaisa Universitas Tadulako Palu

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2710

Abstract

Abstrak

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, guru dituntut mampu menjalankan tugasnya secara inovatif, kreatif, dan kritis dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan adanya media pembelajaran mading pancasila yang kreatif mampu menarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini guru berperan sebagai fasilitator yang menunjang keberhasilan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan, untuk itu guru harus mampu menyesuaikan dengan media pembelajaran yang digunakan, hal ini berrtujuan agar siswa mampu fokus terhadap materi yang diberikan.

Kata Kunci: Pancasila, kreatif, Perkembangan Teknologi, Tantangan Guru

 

Abstract

In the development of science and technology, teachers are required to be able to carry out their duties innovatively, creatively, and critically in the learning process. So that with the existence of creative mading pancasila learning media, it is able to attract the attention of students in the learning process. In this case, the teacher acts as a facilitator who supports the success of students in understanding the material presented, for this reason, the teacher must be able to adjust to the learning media used, this is intended so that students are able to focus on the material provided.

Keywords: Pancasila, creative, Technological Development, Teacher Challenge

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Rifai Ahadang, Bonifasius Saneba, Hasdin Hasdin (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN Palabatu 1 Melalui Metode Diskusi.

Emi, Bambang Budi Utomo, Thony Satra Atma (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 10 Pontianak

H. Harnanto (2021). Membumikan Nilai Nilai Pancasila Melalui Praktik Terbaik Guru di Masa New Normal

H Indah Rukmana, Widayati Pujiastuti (2018). Kemampuan Guru Melakukan Penilaian

Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Palu Berdasarkan Kurikulum 2013, Palu.

Hasrul Muftahki (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas X SMAN 5 Kabupaten Tangerang.

Jamaluddin, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Aplikasi QR Code dalam Proses Pembelajaran PPKn. Jurnal Kreatif Online, 8(3), 195–201.

Jufri Lanasir, Anthonius Palimbong, Hasdin (2014). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi Di Kelas III SDN Pembina Salakan KecamatanTinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan.

Kadek Dwi Widi Prditya (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Sosial Dalam Mata Pelajaran PPKn Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawan

M Aldan Prasetyo (2018). Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PPKn.

Maliada, A. (2014). Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Diskusi di Kelas III SDN 1 Okumel. 6(4), 92–102.

Mufida Hi, H. Bikuno, Jamaludin, Hasdin (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Ambelang Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TipeJigsaw.

Nurgiansah, T. H. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Masa Adaptasi

Kebiasaan Baru. Palu

Nugiansah, T.H. (2021). Pendidikan Pancasila

Pontoh, H., Jamaludin, & Hasdin. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SD Inpres Salabenda Kecamatan Bunta. Jurnal Kreatif Taduloko, 4(11), 203.

Raudatul Jannah, Okianna, Bambang Budi Utomo (2020). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Pembelajran PPKn Siswa Kelas VII SMP

Resha Sapto Apriliani, Lusiana Rahmatiani, Erwin Susanto (2020). Penerapan Model

Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.

Sukmawati, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4 . 0. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 39–46. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/15680

Sukmawati. (2019). Pelaksanaan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Integritas Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Palu.

Yudika Noviana, Bambang Budi Utomo, Thony Sastra Atmaja (2020). Penggunaan Model Jigsaw Dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar PPKn X MIPA 4 SMAN 8 Pontianak

Yulita Pujilestari (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Downloads

Published

2022-06-06

Issue

Section

Articles