Penerapan Media Pembelajaran “Mading Pancasila†Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PPKn
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2710Abstract
Abstrak
Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, guru dituntut mampu menjalankan tugasnya secara inovatif, kreatif, dan kritis dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan adanya media pembelajaran mading pancasila yang kreatif mampu menarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini guru berperan sebagai fasilitator yang menunjang keberhasilan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan, untuk itu guru harus mampu menyesuaikan dengan media pembelajaran yang digunakan, hal ini berrtujuan agar siswa mampu fokus terhadap materi yang diberikan.
Kata Kunci: Pancasila, kreatif, Perkembangan Teknologi, Tantangan Guru
Â
Abstract
In the development of science and technology, teachers are required to be able to carry out their duties innovatively, creatively, and critically in the learning process. So that with the existence of creative mading pancasila learning media, it is able to attract the attention of students in the learning process. In this case, the teacher acts as a facilitator who supports the success of students in understanding the material presented, for this reason, the teacher must be able to adjust to the learning media used, this is intended so that students are able to focus on the material provided.
Keywords: Pancasila, creative, Technological Development, Teacher ChallengeReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Rifai Ahadang, Bonifasius Saneba, Hasdin Hasdin (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN Palabatu 1 Melalui Metode Diskusi.
Emi, Bambang Budi Utomo, Thony Satra Atma (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Mata Pelajaran PPKn Di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 10 Pontianak
H. Harnanto (2021). Membumikan Nilai Nilai Pancasila Melalui Praktik Terbaik Guru di Masa New Normal
H Indah Rukmana, Widayati Pujiastuti (2018). Kemampuan Guru Melakukan Penilaian
Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Palu Berdasarkan Kurikulum 2013, Palu.
Hasrul Muftahki (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas X SMAN 5 Kabupaten Tangerang.
Jamaluddin, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Aplikasi QR Code dalam Proses Pembelajaran PPKn. Jurnal Kreatif Online, 8(3), 195–201.
Jufri Lanasir, Anthonius Palimbong, Hasdin (2014). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Diskusi Di Kelas III SDN Pembina Salakan KecamatanTinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan.
Kadek Dwi Widi Prditya (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Sosial Dalam Mata Pelajaran PPKn Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sawan
M Aldan Prasetyo (2018). Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PPKn.
Maliada, A. (2014). Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui Metode Diskusi di Kelas III SDN 1 Okumel. 6(4), 92–102.
Mufida Hi, H. Bikuno, Jamaludin, Hasdin (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Ambelang Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TipeJigsaw.
Nurgiansah, T. H. (2020). Tantangan Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Masa Adaptasi
Kebiasaan Baru. Palu
Nugiansah, T.H. (2021). Pendidikan Pancasila
Pontoh, H., Jamaludin, & Hasdin. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V SD Inpres Salabenda Kecamatan Bunta. Jurnal Kreatif Taduloko, 4(11), 203.
Raudatul Jannah, Okianna, Bambang Budi Utomo (2020). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Pembelajran PPKn Siswa Kelas VII SMP
Resha Sapto Apriliani, Lusiana Rahmatiani, Erwin Susanto (2020). Penerapan Model
Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.
Sukmawati, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4 . 0. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 39–46. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/15680
Sukmawati. (2019). Pelaksanaan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Integritas Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Palu.
Yudika Noviana, Bambang Budi Utomo, Thony Sastra Atmaja (2020). Penggunaan Model Jigsaw Dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar PPKn X MIPA 4 SMAN 8 Pontianak
Yulita Pujilestari (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sukmawati Sukmawati, Jamaludin Jamaludin, Miftahul Jannah, Hilwa Hilwa, Deansi Deansi, Fani Fani, Nurfaisa Nurfaisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.