Analisis Manajemen Sumber Daya Manusia Guna Mendukung Kerja Operasional Petugas Aviation Security Di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2740Abstract
AbstrakBandar Udara Tunggul Wulung Cilacap merupakan satu-satunya bandar udara yang terdapat di Kota Cilacap dan termasuk dalam kategori bandar udara kelas 3. Hal ini tentunya membuat bandar udara tersebut membutuhkan sumber daya yang berkompeten dan memenuhi syarat sehingga dapat mendukung kinerja dari masing-masing kegiatan operasioanal di bandar udara tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Petugas Aviation Security berdasarkan analisis manajemen sumber daya manusia serta untuk mengetahui bagaimana cara agar Petugas Aviation Security dapat mendukung kinerja operasional di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara terhadap personil dari unit Aviation Security (AVSEC) serta pada Kepala Unit terkait. Penelitian dilakukan selama 2 minggu di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap. Hasil dari penelitian ini adalah Petugas AVSEC di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap dapat dikatakan cukup berkualitas dikarenakan beberapa komponen dalam MSDM sudah dijalankan. Namun dapat diketahui bahwa masih terdapat kurangnya tanggung jawab dalam proses penanganan kasus serta dalam bandara tersebut hanya 2 petugas AVSECÂ yang sudah memiliki sertifikat DG (Dangerous Goods). Untuk meminimalisir resiko seperti yang telah terjadi sebelumnya maka sebagai petugas AVSEC harus lebih bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan SOP yang berlaku. Dengan begitu kesesuaian kinerja petugas AVSEC bisa tercapai dengan baik serta aktivitas penerbangan terlaksana dengan aman.
Kata Kunci: MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia), AVSEC (Aviation Security), Kinerja Operasional, Bandara Cilacap.
Â
Abstract
Cilacap Tunggul Wulung Airport is the only airport in Cilacap City and is included in the category 3 class airport. This of course makes the airport need competent and qualified resources so that it can support the performance of each operational activity at the airport. This study aims to determine the quality of Aviation Security Officers based on human resource management analysis and to find out how Aviation Security Officers can support operational performance at Cilacap's Tunggul Wulung Airport. This study uses a qualitative method, namely through observation, documentation, and interviews with personnel from the Aviation Security (AVSEC) unit as well as the Head of the related Unit. The study was conducted for 2 weeks at the Tunggul Wulung Airport, Cilacap. The results of this study are that AVSEC officers at Cilacap's Tunggul Wulung Airport can be said to be of sufficient quality because several components in HRM have been implemented. However, it can be seen that there is still a lack of responsibility in the case handling process and at the airport, only 2 AVSEC officers already have a DG (Dangerous Goods) certificate. To minimize the risk as has happened before, as an AVSEC officer, he must be more responsible in carrying out his duties by the applicable SOP. In this way, the performance of AVSEC officers can be achieved properly and flight activities can be carried out safely.
Keywords: HRM (Human Resource Management), AVSEC (Aviation Security), Operational Performance, Cilacap Airport
References
DAFTAR PUSTAKA
Anwar, M. C. (2020). Dari Sumut Hingga Papua, Jokowi Bangun 16 Bandara di 2021. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200902164239-4-183933/dari-sumut-hingga-papua-jokowi-bangun-16-bandara-di-2021
Asih, P. (2018). ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA LULUSAN ALUMNI SEKOLAH TINGGI PENERBANGAN INDONESIA GUNA MENDUKUNG KESELAMATAN PENERBANGAN DI BANDAR UDARA CAKRABHUWANA – CIREBON. Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi, 11(3), 53–62.
Bintoro, B., & Daryanto, D. (2017). Manajemen Penilaian Kerja Pegawai. Gava Media.
Dephub. (2019). JDIH | Kementerian Perhubungan. https://jdih.dephub.go.id/index.php/produk_hukum/view/UzAwZ05UUWdWR0ZvZFc0Z01qQXdOQT09
Fahmi, F. (2016). Manajemen Kinerja. Erlangga.
Fitrah, M., & Effendi, M. M. (2017). Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. CV jejak.
George Abisay, T., & Nurhadi, N. (2014). MANAJEMEN RISIKO PADA BANDARA SOEKARNO HATTA BERBASIS ISO 31000. Jurnal Teknik Industri, 14(2), 116. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol14.no2.116-130
Huzain, H. (2021). PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA. https://doi.org/10.31219/OSF.IO/CJ27D
Larasati, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia - Sri Larasati - Google Buku. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=XRRkDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=pengertian+msdm&ots=-TsgKybNxZ&sig=xZyyxX9jrcxBgsWwKb8iHzAdh3w&redir_esc=y#v=onepage&q=pengertian msdm&f=false
Pengertian Bandar Udara – Airport. (2021).
Raharjo, N. R. (2019). Pengertian, Peran Dan Fungsi Bandar Udara | Bandar Udara. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.
Ramadiana, G. I. (2018). Analisis Kinerja Unit Operation Pada PT. Gapura Angkasa di Bandar Udara Internasional Adisoemarmo. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.
Rozi, I. F. (2020). Analisis Kinerja Petugas Terminal Service Officer (TSO) Dalam Menunjang Kegiatan Operasional Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.
Sugiarto, F. (2020). Analisis Kinerja Unit Officer In Charge (OIC) Terhadap Pengawasan Operasional Di Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian. Alfabeta.
Surajiyo, S., Nasruddin, N., & Paleni, H. (2020). Penelitian Sumber Daya Manusia, Pengertian, Teori Dan Aplikasi (Menggunakan Ibm Spss 22 For Windows). Deepublish.
Sutopo, A. H., & Arief, A. (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan NVIVO. Prenada Media Group.
Tamayoga, C. M. (2020). Analisis Kinerja Aviation Security (AVSEC) Dalam Menunjang Keamanan Dan Keselamatan Di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Alna Arliana Priyono Saputri, Raden Fatchul Hilal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.