Analisis Implementasi Digitalisasi Layanan Angkasa Pura Kargo (TERKA) Terhadap Mobilitas Pengiriman Kargo Udara Selama Pandemi Covid-19 Di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang

Authors

  • Puteri Meidya Qatrunada Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Dhiani Dyahjatmayanti Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2744

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat digitalisasi layanan kargo udara Bandar Udara Soekarno Hatta. Selain itu juga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengoptimalisasian fungsi dari sistem digitalisasi layanan kargo udara bagi para pengguna jasa, serta memahami langkah-langkah pengembangan teknologi digitalisasi layanan kargo di Bandar Udara Soekarno-Hatta Tangerang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana digitalisasi layanan dapat mempengaruhi mobilitas pengirirman kargo udara selama pandemic Covid-19 di Bandar Udara Soekarno Hatta Tangerang. Hal ini tentunya menjadi perhatian bagi masyarakat sehingga mereka dapat melakukan efisiensi waktu dan efektivitas tenaga terutama bagi penyedia jasa dan pengguna jasa. Dalam hal ini  para penyedia jasa transportasi tentunya harus menyediakan pra sarana bagi para pengguna jasa untuk mempermudah para stakeholder baik dari pihak consignee maupun shipper. Dikarenakan hal ini penulis melakukan penelitian yang dilakukan pada tanggal 20 November 2021 sampai dengan 20 Desember 2021, di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang. Penelitian dilakukan di beberapa unit khusus seperti IT dan CSC KSO (LOD) dengan menggunakan data sekunder dan data primer. Meliputi data yang diperoleh dari dokumen perusahaan dan melalui wawancara yang dilakukan pada unit IT, kantor pusat, dan CSC KSO (LOD) serta data yang juga diambil dari unit-unit terkait. Teknik analisis data yang digunakan penulis adalah dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing/ verification. Angkasa Pura Kargo Bandar Udara Soekarno Hatta Tangerang juga bekerja sama dengan pesawat Garuda Indonesia untuk penanganan kargo udara dari bulan Agustus tahun 2019. Dari hasil penelitian yang didapatkan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa aplikasi tersebut merupakan proyek yang dikembangkan oleh user sebagai fasilitas pelayanan pandemic Covid-19 di Angkasa Pura Kargo Bandar Udara Soekarno Hatta. Aplikasi ini juga telah di implementasikan sejak tahun 2020 dan masih dalam tahap pengembangan. Pada tahun 2021 aplikasi ini telah digunakan oleh shipper dan consignee sebagai bentuk realisasi pencegahan pandemic Covid-19 di Angkasa Pura Kargo Bandar Udara Soekarno Hatta Tangerang.

Kata Kunci: Digitalisasi Layanan, Mobilitas Pengiriman, Pandemi Covid-19

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the benefits of digitizing air cargo services at Soekarno Hatta Airport. In addition, this study aims to analyze the optimization of the function of the air cargo service digitization system for service users, as well as to understand the steps for developing cargo service digitization technology at Soekarno-Hatta Airport, Tangerang. This study also aims to find out how digitizing services can affect the mobility of air cargo delivery during the Covid-19 pandemic at Soekarno Hatta Airport, Tangerang. This is certainly a concern for the community so that they can make time efficiency and energy effectiveness, especially for service providers and service users. In this case, the transportation service providers must of course provide pre-facilities for service users to make it easier for stakeholders, both from the consignee and the shipper. Due to this the author conducted a research conducted on November 20, 2021 to December 20, 2021, at Soekarno-Hatta International Airport, Tangerang. The research was conducted in several special units such as IT and CSC KSO (LOD) using secondary data and primary data. Includes data obtained from company documents and through interviews conducted at the IT unit, head office, and CSC KSO (LOD) as well as data also taken from related units. The data analysis technique used by the author is to perform data reduction, data presentation, and conclusion drawing/verification. Angkasa Pura Kargo Soekarno Hatta Airport Tangerang is also working with Garuda Indonesia aircraft to handle air cargo from August 2019. From the research results obtained by the author, it can be concluded that the application is a project developed by the user as a Covid-19 pandemic service facility at Angkasa Pura Kargo Soekarno Hatta Airport. This application has also been implemented since 2020 and is still in the development stage. In 2021 this application has been used by shippers and consignees as a form of realization of the prevention of the Covid-19 pandemic at Angkasa Pura Kargo Soekarno Hatta Airport Tangerang.

Keywords: Service Digitization, Delivery Mobility, Covid-19 Pandemic.

References

DAFTAR PUSTAKA

Akmaliah, Nurul. (2020). “Pengaruh Persepsi Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Digitalisasi Produk Perbankan Di Bank Bri Kantor Cabang Manadoâ€. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi Perbankan Syariah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado. Manado.

Amabile, T., Conti, R., & Coon, H. e. (1996). Assessing the Work Environment for Creativity. Academy of Management Journal, 39, 1154-1184.

Anwar, Fadriansyah. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan Terminal Kargo Bandara Dengan Jaringan Probabilistik. Jurnal Perhubungan Udara. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara . Volume 41 No. 2 Juni 2015, hal. 59 – 68.

Badan Kepegawaian Daerah Kota Jambi. (2015). Digitasilisasi Arsip Kepegawaian Pemerintah Kota Jambi.

Cahyarini, Farida Dwi. (2021). Implementasi Digital Leadership Dalam Pengembangan Kompetensi Digital Pada Pelayanan Publik. Jurnal Studi Komunikasi dan Media. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai. Vol. 25 No. 1 Juni 2021 Hal : 47 – 60.

Departemen Pendidikan Nasional. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Halaman 628. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

DEPHUB. (2009, maret 4). Pengertian Peran dan Fungsi Bandar udara. Dipetik November 2, 2020, dari Direktorat jenderal perhubungan udara.

DEPHUB. (2017, september 1). jdih.dephub. Dipetik oktober 1, 2020

DEPHUB. (2020, november 19). Membahas Digitalisasi Pelayanan Dalam Rangka Mendukung National Logistics Ecosystem Bersama Asperindo.

Digital, Sasana. (2021). Apa Itu Digitalisasi Serta Perannya di Dunia Bisnis dan Industri.

Fadhilah, Muhammad Naufal. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Mahasiswa Menghadapi Praktik Klinik Saat Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Keperawatan Poltekke Kemnkes Yogyakarta.

Firdausy. Carunia Mulya. (2020). Memajukan Logistik Indonesia yang Berdaya Saing. Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Firdausy, Carunia Mulya dkk. (2019). Prosiding Seminar Nasional Bagian II Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI Revolusi Industri 4.0 dan Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan. Jakarta: Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI.

Jatmik, Bambang P. (2021). Kargo Udara Masa Depan Bisnis Penerbangan Nasional, dari Kompas

Kargo, Angkasa Pura. (2021, April 12). PT Angkasa Pura Kargo Gandeng Ritase Aplikasikan Digital Logistik.

Moleong. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Dalam moleong, Metode Penelitian Kualitatif (hal. 132). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyani, Astriana. (2018). Aplikasi Warehouse Controling Berbasis Android. Stmik Nusa Mandiri Jakarta.

Mutirasari, Kanya Anindita. (2022). Pengertian Pandemi Covid-19 dan Statusnya di Indonesia, dari Prudential

Nafizahni, Mike. (2021). Melihat Penerapan Transformasi Digital di Dunia.

Pendidikan, Dosen. (2021, September 27). Pengertian Kargo. Dipetik oktober 18, 2021, dari Pendidikan Dosen.

Peraturan Menteri Perhubungan No 18 Tahun 2020. Pengendalian Transportasi dalam Rangka Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan No 25 Tahun 2020. Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Odul Fitri 1441 H dalam Rangka Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta.

Prabandari, Arum. (2015). “Kualitas Pelayanan Berbasis Teknologi Informasi Studi Kasus Pelayanan Izin Gangguan (HO) di Kantor Pelayanan Perizinanâ€. Fakultas Ilmu Sosial. Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Pusat Analisis Determinan Kesehatan. (2020). Hindari Lansia Dari COVID19. Diakses pada: 21 Mei 2022.

Puwaningrum, Amin Rahmawati; Madrah, Muna Yastuti. (2019). Digitalisasi Layanan Kesehatan dalam Perspektif Islam. Conference on Islamic Studies (CoIS) 2019. Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Semarang.

Rahmayani, Indah (2015). “Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asiaâ€. Jakarta:Kementrian Komunikasi dan Informatika RI.

Rombe, Yusuf. (2020). Strategi Meningkatkan Kualitas Layanan Melalui Digitaliasi Jasa Perbankan Di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Pusat Jakarta Pusat. Jurnal Ekonomika. Fakultas Vokasi Program Studi Perbankan dan Keuangan Universitas Kristen Indonesia. Vol 4, No 2, Oktober 2020, pp 34-44.

Sugiyono. (2013). Penelitian kuantitatif dan kualitatif. Dalam sugiyono, Teknik Pengumpulan data (hal. 224). bandung: ALFABET.

Supriyati. (2012). Metodologi Penelitian . Dalam Supriyati, Metodologi Penelitian (hal.38). Bandung: LABKAT.

Tempo.co. (2020). Mobilitas Transportasi Udara demi Pencegahan Covid-19.

Yunaningsih, Ani; Indah, Diani; Setiawan, Fajar Eryanto. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia. Batam:Tourism Department Universitas Internasional Batam.

Downloads

Published

2022-06-09

Issue

Section

Articles