Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan teknologi Dapat Mempengaruhi Gaya Anak Muda Dan Etika Pancasila Pada Masyarakat Indonesia

Authors

  • Winda Nur Azizah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2745

Abstract

Abstrak

Berbagai perubahan terjadi karena globalisasi. Pada saat ini terjadi perubahan yang disebabkan oleh pengaruh dari luar maupun dari dalam negeri (Taufiqurrahman, 2018). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat sini sedang mengalami perkembangan yang begitu luar biasa, khususnya teknologi yang dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia. Hal tersebut memberikan dampak yang begitu besar terutama generasi muda yang tak lepas dari teknologi. Terkikisnya kebudayaan dan etika Pancasila memunculkan permasalahan-permasalahan baru bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, artikel ini dibuat untuk memberikan informasi terkait perkembangan IPTEK yang mempengaruhi gaya masyarakat Indonesia khususnya anak muda serta dapat juga mempengaruhi etika Pancasila. Pengambilan data  pada artikel ini  menggunakan kajian  literatur  yang  bersumber  dari  jurnal,  artikel,  dan  buku  cetak.  Diharapkan masyarakat Indonesia lebih pintar dalam memilah informasi dan menyikapi perkembangan yang terjadi, baik itu dari luar negeri maupun dalam negeri.

Kata kunci : Teknologi, Masyarakat Indonesia, Perkembangan, Pancasila.

Abstract

Various changes occur because of globalization. At this time there are changes caused by influences from outside and from within the country (Taufiqurrahman, 2018). Science and Technology (IPTEK) is currently experiencing extraordinary developments, especially technology that can affect the lives of Indonesian people. This has a huge impact, especially the younger generation who cannot be separated from technology. The erosion of Pancasila culture and ethics raises new problems for the Indonesian people. Therefore, this article was created to provide information related to the development of science and technology that affects the style of Indonesian society, especially young people and can also affect the ethics of Pancasila. Data collection in this article uses a literature review sourced from journals, articles, and printed books. It is hoped that the Indonesian people will be smarter in sorting information and responding to developments that occur, both from abroad and within the country.

Keywords : Technology, Indonesian Society, Development, Pancasila.

References

DAFTAR PUSTAKA

Afifah, M., Maretta, A., Kusumaning, A., & ... (2021). Problematika Remaja Sebagai Generasi Penerus Bangsa. Prosiding Seminar …. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10775%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/10775/6073

Amaliyyah, R. (2021). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle. 1(2), 6.

Astuti, A. P., Nurmalita, A., & Doni, rohma F. (2014). Teknologi komunikasi dan perilaku remaja. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 91–111.

Azlina, N., Maharani, A., & Baedowi, M. S. (2021). Indonesian Journal of Instructional Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Bidang Pendidikan Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0. 2, 39–52.

Efianingrum, A., Wahyono, S. B., Chamidah, A. N., Herwin, Wurdayani, W., A.Tiarani, V., Sujarwo, Suyantiningsih, Prastyo, I., & Muhammad, K. D. N. (2020). Membangun Sumber Daya Manusia Unggul, Strategi Inovasi Dan Triple Helix Di Indonesia. Jurnal Mejelis, 7(September).

Hasanah, U. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Kalangan Generasi Millenial Untuk Membendung Diri Dari Dampak Negatif Revolusi Indutri 4.0. Pedagogy : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 52–59. https://doi.org/10.51747/jp.v8i1.705

Mahfiana, L. (2003). Kesadaran hukum mahasiswa terhadap teknologi dan perkembangannya. Prosiding Seminar Nasional & Temu Ilmiah Jaringan Peneliti IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi, 1–13.

Mauna, D., & Trisiana, A. (2021). Implementasi Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 101–108. https://doi.org/10.33061/jgz.v10i2.4915

Mufidah, N. Z., & Habibi, M. R. (2019). Simposium Hukum Indonesia. Simposium Hukum Indonesia, 1(1), 574–586. http://journal.trunojoyo.ac.id/shi

Putra, yovanda dwi. (2013). Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila Sebagai Ideologi Negara. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rahman, A. (2016). Pengaruh Negatif Era Teknologi Informasi Komunikasi pada Remaja (Perspektif Pendidikan Islami). Jurnal Studi Pendidikan, XIV(1).

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50. https://doi.org/10.20414/Qawwam.v14i1.2310

Saiful, N. I. (2019). Dampak globalisasi terhadap perubahan gaya hidup pada masyarakat Kampung Komboi Distrik Warsa Kabupaten Biak Numfor. “Gema Kampus†IISIP YAPIS BIAK, 14(2), 32–40. https://e-journal.iyb.ac.id/index.php/gemakampus/article/view/86

Taufiqurrahman. (2018). Pendidikan Pancasila.

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2014). Artikel Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Artikel Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat, 3((1)), 1–12. https://media.neliti.com/media/publications/227634-teknologi-dan-kehidupan-masyarakat-7686df94.pdf

Yani, D., & Dewi, D. A. (2021). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Tantangan di Arus Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 952–961.

Downloads

Published

2022-06-09

Issue

Section

Articles