Peran Guru Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Era Globalisasi

Authors

  • Yulia Nuraeni Pebriani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2746

Abstract

Abstrak

 

Pancasila adalah dasar dalam menjalankan hidup mulai dari lingkungan kecil seperti keluarga sampai dengan kehidupan lingkungan yang lebih besar yaitu berbangsa dan bernegara. Pancasila digunakan sebagai pegangan baik di masyarakat, lingkungan sekitar, keluarga bahkan yang lebih utama adalah sebagai acuan guru dalam mengajar siswa di sekolah dasar. Dengan berlandaskan pancasila, maka guru akan mengajar sesuai dengan norma dan amalan nilai-nilai yang yang tertuang di dalam pancasila. Pada saat ini, perkembangan siswa baik dari segi internal maupun eksternal sangat berbeda sekali pada setiap kemampuan siswa di sekolah dasar. Artinya perkembangan siswa banyak yang sudah tidak sesuai dengan nilai yang tertuang di dalam pancasila. Dengan demikian diharapkan guru mampu untuk membawa arah perkembangan siswa pada arah yang lebih baik sehingga kemampuan siswa di sekolah dasar bisa untuk dijadikan bekal nanti siswa masuk pada jenjang yang lebih tinggi dengan mengikuti norma dan aturan yang sesuai dengan nilai pancasila. Maka dari itu, dengan adanya penelitian terhadap peran guru dalam menerapkan nilai-nilai pancasila bagi siswa di sekolah dasar mampu untuk menjadikan guru sebagai peran terbaiknya bagi siswa dalam setiap pengajaran yang disampaikan. Selain itu, guru diharapkan untuk terus mampu menerapkan setiap nilai yang terdapat dalam pancasila sebagai dasar dan pegangan guru ketika mengajar siswa di sekolah dasar sehingga nilai pancasila mampu dijalankan dengan semestinya dalam kehidupan. Dengan menerapan nilai-nilai Pancasila, siswa sekolah dasar maka akan mudah dalam menghadapi globalisasi.

Kata kunci: peran guru, nilai-nilai pancasila, siswa sekolah dasar, globalisasi

 

Abstract

 

Pancasila is the basis for carrying out life starting from a small environment such as a family to a larger environmental life, namely the nation and state. Pancasila is used as a guide both in the community, the surrounding environment, the family and even more importantly as a reference for teachers in teaching students in elementary schools. Based on Pancasila, the teacher will teach according to the norms and practices of the values contained in Pancasila. At this time, the development of students both internally and externally is very different for each student's ability in elementary school. This means that the development of many students is not in accordance with the values contained in Pancasila. Thus, it is hoped that the teacher will be able to bring the direction of student development in a better direction so that the ability of students in elementary schools can be used as a provision for students to enter a higher level by following the norms and rules that are in accordance with Pancasila values. Therefore, with research on the role of teachers in implementing Pancasila values for students in elementary schools, it is able to make teachers the best role for students in every teaching delivered. In addition, teachers are expected to continue to be able to apply every value contained in Pancasila as the basis and guidance for teachers when teaching students in elementary schools so that Pancasila values can be carried out properly in life. By applying the values of Pancasila, elementary school students will be better prepared to face globalization and maintain an Indonesian identity at the same time.

Keywords : the role of teachers, Pancasila values, elementary school students, globatization

References

DAFTAR PUSTAKA

Alyanti, E. S., & Dewi, A. D. (2021). Pancasila Sebagai Senjata Generasi Muda. 9(1), 9. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.126

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Haryanti, A. (2021). Peranan Pancasila Dalam Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Masa Pandemi Covid-19. Open Jurnal Unpam, 1(1), 19–27. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/gnp/article/view/11254

Hidayat, N. (2015). Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global. El-Tarbawi, 8(2), 131–145. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art2

Khusus, B., Slb, D. I., & Gunungsari, N. (n.d.). 1) , 2) , 3) 1.

Lestari, E. Y., Janah, M., & Wardanai, P. K. (2019). Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Adil Indonesia Jurnal, 1(1), 20–27.

Pancasila, I. N. (2008). 7_Bunyamin_Maftuh_rev. II(2).

Pebriani, Y. N., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, U. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan bagi Siswa dalam Perubahan Sosial di Masyarakat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8811–8815.

Pratama, F. F., & Rahmat. (2018). Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan pengalaman pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 170–179.

Rachman, H. (2013). NILAI-NILAI DALAM PENDIDIKAN BERDASARKAN PANCASILA DAN UUD 1945 Huriah Rachmah. E-Journal WIDYA Non-Eksakta, 1(1), 7–14.

Ridla ‘Adawiyyah. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Universitas Pendidikan Indonesia, 5, 1–9.

Safitri, A. O., Dewi, D. A., Pendidikan, U., & Kampus, I. (2021). Universitas muhammadiyah enrekang. 3, 88–94.

Template JPT 2020 (3). (n.d.).

Wulandari, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Membumikan Pancasila Bagi Karakter Penerus Bangsa di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2018), 926–930. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1054

Downloads

Published

2022-06-09

Issue

Section

Articles