Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Era Modern Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ridla 'Adawiyyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2779

Abstract

Abstrak

Era modern memberikan pengaruh yang sangat kuat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, seperti di Indonesia. Tidak hanya dampak postif melainkan dampak negative terjadi di era modern ini. Dampak negative dari era modern ini dapat menimbulkan berbagai permasalahan permasalahan seperti turunnya moralitas pemuda bangsa. Padahal nantinya, pemuda itulah yang akan menjadi cikal bakal penerus generasi bangsa. Dengan gerbang pendidikan peserta didik benar-benar di tuntun menuju jalan kebenanran. Dan nilai nilai seperti nasionalis, kemandirian, religius, integritas dan gotong royong menjadi sebuah nilai pembentukan karakter yang baik.   Oleh karena itu, melalui sebuah proses pendidikan yaitu dengan mengimplementasikan nilai-nilai pancasila, hal tersebut diharapkan mampu membuat generasi bangsa terhindar dari pengaruh buruk era modernisasi.

 

Kata kunci: Modernisasi, Pancasila, Siswa

 

Abstract

The modern era has a strong influence on the life of the nation and state, such as in Indonesia. Not only positive impacts but also negative impacts occur in this modern era. The negative impact of this modern era can cause various problems such as the decline in the morality of the nation's youth. In fact, it is the youth who will become the forerunner of the next generation of the nation. Education is really a gate of knowledge that can lead students to the path of truth. And values such as nationalism, independence, religion, integrity and mutual cooperation become values for building good character. Therefore, through an educational process, namely by implementing Pancasila values, it is expected to be able to make the nation's generation avoid the bad influence of the modernization era.

 

Keywords: Modernisasi, Pancasila, Student

References

DAFTAR PUSTAKA

‘Adawiyyah, R. ., Dewi, D. ., & Furnamasari, Y. F. . (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9026–9033.

Anggriani. (2018). Pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP), 2(1), 9.

Hidayat. (2017). Metode Penelitian: Pengertian, Tujuan, Jenis. Stastikian.Com.

Inu, A, N., Dewi, D. (2021). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di sekolah Dan Di Masyarakat. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1).

Kaelan, & Zubaidi, Ahmad. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.

Kalidjernih, Freddy K, ‘Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan Terhadap

Revitalisasi Pancasila’, 16.1 (2019), 103–10

Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 9-11

Nurgiansah, T. H. (2020). Filsafat Pendidikan. In Banyumas: CV Pena Persada.

Regiani, E., Dewi, D.(2021). Pudarnya Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1),

Samsuri (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara Kritik Pembangunan Karakter Bangsa. Sleman: Diandra Pustaka Indonesia.

Savitri, S, A., Dewi, D. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan di Era Globalisasi. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2)

Sri Untari. 2012. “Pancasila dalam Kehidupan Berasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara†dalam Margono (Ed). Pendidikan Pancasila Topik Aktual Kenegaraan dan Kebangsaan. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Sumaryati. (2016). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Tarbawiyah, 13(2), 205–220.

Ubaidillah, A., dkk. (2000). Pendidikan Kewarganegaraan (Civil Education), Demokrasi, HAM & Masyarakat Madani. Jakarta: IAIN Jakarta Press.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2022-06-11

Issue

Section

Articles