Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2783Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertejuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan karakter melalui nilai-nilai pancasila pada siswa sekolah dasar. Dunia Pendidikan menjadi sorotan besar karena dipendidikan lah karakter dan perilaku seseorang dibentuk Pendidikan karakter menjadi salah satu yang penting dalam menciptakan generasi bangsa di Indonesia. Karna Pancasila merupakan pondasi awal untuk membentuk karakter peserta didik agar dapat menjalin hubungan sosial kepada sesamanya maupun alam sekitar dalam menjalani kehidupannya sebagai masyarakat yang berbangsa dan bernegara. Metode penelitian menggunakan metode studi literatur.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter , Nilai-Nilai Pancasila
Â
Abstract
This study aims to find out how the implementation of character education through Pancasila values in elementary school students. The world of education has become a big spotlight because it is the education of a person's character and behavior that is formed. Character education is one of the most important things in creating the nation's generation in Indonesia. Because Pancasila is the initial foundation to shape the character of students so that they can establish social relationships with each other and the natural environment in living their lives as a nation and state community. The research method uses the literature study method.
Keywords: Character Education, Pancasila Values
References
DAFTAR PUSTAKA
Azizan, N., & Lubis, M. A. (2018). Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar Berbasis Pancasila Di Era Revolusi Insdustri 4.0. 2(Kurikulum 2013), 585–587. http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435x
Budi Raharjo, S. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16, 229–238. https://media.neliti.com/media/publications/123218-ID-pendidikan-karakter-sebagai-upaya-mencip.pdf
Citra, Y. (2012). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. E-JUPEKhu (JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS), 1(1), 237–249. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/795
Erlina, T. (2019). Membangun Karakter Ke-Indonesiaan Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Global. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 8(2), 153–162. https://doi.org/10.17509/factum.v8i2.21612
Fira Ayu Dwiputri1, D. A. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. 5, 1267–1273. file:///C:/Users/Acer/Downloads/1097-Article Text-2199-1-10-20210428.pdf
Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto, 1–9.
Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156
Kusumawardani, fitri, Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraaan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10
Li, B. A. B., & Pendidikan, A. P. (2003). Haryanto, 2012: dalam artikel “pengertian pendidikan menurut para akhli http://belajarpsikologi. com/pengertian- pendidikan-menurut-ahli/ diakes pada tanggal 9 april 2017 8. april 2017, 8–22.
Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Putri, F. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pembelajaran PKn sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7362–7368. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2151
Qomaruzzaman, B. (2012). Pendidikan karakter berbasis pancasila: pendekatan NLP. http://digilib.uinsgd.ac.id/33679/
Sudrajat, A. (n.d.). Mengapa pendidikan karakter? 47–58.
Sulistyarini. (2015). Pengembangan Karakter Berbasis Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(1), 8.
Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter (Jakarta : Kencana Prenada Media Group,2012,Cet.2) hlm. 12 23. 18–58.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Frysca Amanda Putri, Dinie Anggraenie Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.