Sosialisasi Pembangunan Rasa Percaya Diri Siswa SMAN 2 Kampar Untuk Melanjutkan Pendidikan Tingkat Universitas

Authors

  • Muhammad Andryan Juliardy Universitas Riau
  • Bunga Cantika Universitas Riau
  • Soufyana Zahra Minda Universitas Riau
  • T. Nalacintia Miazara Universitas Riau
  • Radhiansyah Fikri Universitas Riau
  • Triani Cahya Fitri Sabilah Universitas Riau
  • Deta Anjellyta Universitas Riau
  • Anugrah Aurora Dhearesta Universitas Riau
  • Febri Samuel L.G Universitas Riau
  • Muhammad Fadil Ghifari Universitas Riau
  • Indra Suharman Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.2789

Abstract

Abstrak

Rendahnya minat untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi merupakan suatu permasalahan dalam bidang pendidikan di Desa Koto Tibun tepatnya di SMAN 2 Kampar. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi minat siswa-siswi dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, faktor ekonomi, tidak memiliki kepercayaan diri, dan tidak ada bimbingan untuk melangkah ke pendidikan yang lebih tinggi. Dalam pengabdian tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Koto Tibun membuat sebuah kegiatan sosialisasi dengan sasaran siswa-siswi kelas 12 untuk menanyakan dan meyakinkan diri para siswa-siswi untuk berani mengambil keputusan untuk melanjutkan pendidikan tidak hanya berakhir di tingkat SMA.

Kata Kunci: Pendidikan, Perguruan Tinggi, SMA

References

DAFTAR PUSTAKA

Creme, H., Donde, P. D., & Khaeruddin. (2010, February). Education and Social Mobility. Retrieved September 4, 2022, from ResearchGate Springer Verlag: https://www.researchgate.net/publication/45138283_Education_and_Social_Mobility

Elvira. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya (Studi pada : Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi). Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman , 93-98.

Haling, S., Halim, P., & Badruddin, S. (2018). Perlindungan Hak Asasi Anak Jalanan dalam Bidang Pendidikan Menurut Hukum Nasional dan Konvensi Internasional. Jurnal Hukum dan Pembangunan , 361-378.

Hasanah Y. M, J. C. (2017). Evaluasi Program Wajib Belajar 12 Tahun Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta. Junal Akuntabilias Manajemen Pendidikan , 228-239.

Hikmah, A. N. (2015). Pengaruh Latar Belakang Jurusan di SMA Terhadap Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2015). Bachelor's Thesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta .

Lestari, D., Anis, H., & Khaeruddin. (2019). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Fisika Berdasarkan Jalur Masuk (SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri) Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika , 15-25.

Pratama, A., Sihabudin, A., & Muldi, A. (2022). Diseminasi Media Komunikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada LTMPT Provinsi Banten. Journal Of Scientific Communication (JSC) , 12-21.

Proyeksi Penduduk Indonesia. (n.d.). Retrieved September 5, 2022, from bps.go.id: , https://www.bps.go.id/publication/2018/10/19/78d24d9020026ad95c6b5965/proyeksi-penduduk-indonesia-2015-2045-hasil-supas-2015.html

S Prasarti, P. E. (2020). Karakter dan Perilaku Milenial: Peluang atau Ancaman Bonus Demografi. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling , 10-22.

Sudrajad, A. (n.d.). Definisi Pendidikan Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Retrieved September 4, 2022, from Wordpress.com: https://akhmadsudrajad.wordpress.com

Surjanto, A. E. (2008). Potret Subordinasi Perempuan dalam Pendidikan Musawa. Jurnal Studi Gender dan Islam , 97-115.

Vito, B., & Krisnani, H. (2015). Kesenjangan Pendidikan Desa dan Kota. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat , 247-250.

Website Resmi LTMPT. (2022). Retrieved September 5, 2022, from Ltmpt.ac.id: https://ltmpt.ac.id/

Wibisono, Y. (2008). Ekonomi Masyarakat. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wulandari, S., Khaswarina, S., & Eliza. (2021). Analisis Pendapatan Petani Karet Anggota Kub dan Non Anggota Kub di Desa Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia , 76-78.

Downloads

Published

2022-09-21