Sosialisasi Pembangunan Rasa Percaya Diri Siswa SMAN 2 Kampar Untuk Melanjutkan Pendidikan Tingkat Universitas
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.2789Abstract
Abstrak
Rendahnya minat untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi merupakan suatu permasalahan dalam bidang pendidikan di Desa Koto Tibun tepatnya di SMAN 2 Kampar. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi minat siswa-siswi dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, faktor ekonomi, tidak memiliki kepercayaan diri, dan tidak ada bimbingan untuk melangkah ke pendidikan yang lebih tinggi. Dalam pengabdian tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Koto Tibun membuat sebuah kegiatan sosialisasi dengan sasaran siswa-siswi kelas 12 untuk menanyakan dan meyakinkan diri para siswa-siswi untuk berani mengambil keputusan untuk melanjutkan pendidikan tidak hanya berakhir di tingkat SMA.
Kata Kunci: Pendidikan, Perguruan Tinggi, SMA
References
DAFTAR PUSTAKA
Creme, H., Donde, P. D., & Khaeruddin. (2010, February). Education and Social Mobility. Retrieved September 4, 2022, from ResearchGate Springer Verlag: https://www.researchgate.net/publication/45138283_Education_and_Social_Mobility
Elvira. (2021). Faktor Penyebab Rendahnya Kualitas Pendidikan dan Cara Mengatasinya (Studi pada : Sekolah Dasar di Desa Tonggolobibi). Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman , 93-98.
Haling, S., Halim, P., & Badruddin, S. (2018). Perlindungan Hak Asasi Anak Jalanan dalam Bidang Pendidikan Menurut Hukum Nasional dan Konvensi Internasional. Jurnal Hukum dan Pembangunan , 361-378.
Hasanah Y. M, J. C. (2017). Evaluasi Program Wajib Belajar 12 Tahun Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta. Junal Akuntabilias Manajemen Pendidikan , 228-239.
Hikmah, A. N. (2015). Pengaruh Latar Belakang Jurusan di SMA Terhadap Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi (Studi Kasus Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2015). Bachelor's Thesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta .
Lestari, D., Anis, H., & Khaeruddin. (2019). Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Fisika Berdasarkan Jalur Masuk (SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri) Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika , 15-25.
Pratama, A., Sihabudin, A., & Muldi, A. (2022). Diseminasi Media Komunikasi Penerimaan Mahasiswa Baru Pada LTMPT Provinsi Banten. Journal Of Scientific Communication (JSC) , 12-21.
Proyeksi Penduduk Indonesia. (n.d.). Retrieved September 5, 2022, from bps.go.id: , https://www.bps.go.id/publication/2018/10/19/78d24d9020026ad95c6b5965/proyeksi-penduduk-indonesia-2015-2045-hasil-supas-2015.html
S Prasarti, P. E. (2020). Karakter dan Perilaku Milenial: Peluang atau Ancaman Bonus Demografi. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling , 10-22.
Sudrajad, A. (n.d.). Definisi Pendidikan Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Retrieved September 4, 2022, from Wordpress.com: https://akhmadsudrajad.wordpress.com
Surjanto, A. E. (2008). Potret Subordinasi Perempuan dalam Pendidikan Musawa. Jurnal Studi Gender dan Islam , 97-115.
Vito, B., & Krisnani, H. (2015). Kesenjangan Pendidikan Desa dan Kota. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat , 247-250.
Website Resmi LTMPT. (2022). Retrieved September 5, 2022, from Ltmpt.ac.id: https://ltmpt.ac.id/
Wibisono, Y. (2008). Ekonomi Masyarakat. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Wulandari, S., Khaswarina, S., & Eliza. (2021). Analisis Pendapatan Petani Karet Anggota Kub dan Non Anggota Kub di Desa Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia , 76-78.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Andryan Juliardy, Bunga Cantika, Soufyana Zahra Minda, T. Nalacintia Miazara, Radhiansyah Fikri, Triani Cahya Fitri Sabilah, Deta Anjellyta, Anugrah Aurora Dhearesta, Febri Samuel L.G, Muhammad Fadil Ghifari, Indra Suharman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.