Efektivitas Pembelajaran Dengan Metode Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa

Authors

  • Dianita Rahayu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Daniel Stefanus Marpaung Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Fatimatuzzahrah Fatimatuzzahrah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ilham Kusuma Prabu Ningrat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Roudatus Solihah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2790

Keywords:

Pandemi covid-19, Blended Learning, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran dengan metode blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa di perguruan tinggi terutama pada saat terjadinya pandemi Covid-19 di Indonesia.  Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode deskriptif melalui studi literatur jurnal serta buku-buku. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dengan melibatkan beberapa mahasiswa dari berbagai Universitas sebagai responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan media kuesioner didapatkan hasil bahwa blended learning mempunyai dampak yang lebih efektif dari pada pembelajaran online ataupun pembelajaran tatap muka dari segi hasil belajar mahasiswa. Sebagian hasil data analisis kami, mahasiswa juga setuju dengan diadakannya pembelajaran dengan menggunakan metode blended learning terutama saat pandemi Covid-19. Jadi, pembelajaran blended learning juga cukup efektif terhadap hasil belajar mahasiswa di perguruan tinggi terutama saat terjadinya wabah virus pandemi Covid-19.

Kata Kunci: Pandemi covid-19, Blended Learning, Hasil Belajar

 

Abstract

This research aims to analyze the effectiveness of learning with the blended learning method on student learning outcomes in higher education, especially during the Covid-19 pandemic in Indonesia. This research uses quantitative methods and descriptive methods through literature studies of journals and books. This research instrument uses a questionnaire involving several students from various universities as respondents. Based on the results of research and data analysis conducted using questionnaire media, it was found that blended learning has a more effective impact than online learning or face-to-face learning in terms of student learning outcomes. Some of the results of our analysis of data, students also agree with holding learning using the blended learning method, especially during the Covid-19 pandemic. So, blended learning is also quite effective on student learning outcomes in higher education, especially during the Covid-19 pandemic virus.

Keywords: Covid-19 pandemic, Blended Learning, Learning Outcomes

References

DAFTAR PUSTAKA

Ambar Ningsih, W. S., Suana, W., & Maharta, N. (2018). Pengaruh Penerapan Blended Learning Berbasis Schoology Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 3(2), 85–93. https://doi.org/10.20414/konstan.v3i2.16

Anggraeni, A., Supriana, E., & Hidayat, A. (2019). Pengaruh Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 758. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12505

Aritantia, Y., Muslim, S., Wibowo, T., Rijanto, T., & Cholik, M. (2021). Kajian Literatur Sistematis Blended Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMK. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 8(2), 178–185. https://doi.org/10.17977/um031v8i22021p178

Aritonang, I., & Safitri, I. (2021). Pengaruh Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 735–743. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.555

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–989. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/476

Halik, A. (2021). Jurnal Edusciense Jurnal Edusciense. Jurnal Edusciense, 8(1), 1–11.

Herliana, F., Supriyati, Y., & Astra, I. M. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis blended learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika siswa sma. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 61–66. http://snf-unj.ac.id/kumpulan-prosiding/snf2015/

Jati, S. P., Nurulita, A., Winarta, R. D. A., & Sulistyorini, S. (2021). Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Google Meet Dan Zoom Meeting. July.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667

Manggabarani, A. F., & Masri, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pitumpanua Kab. Wajo (Studi Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur) The Effect Of “Blended Learning†Models On Motivation and Student Achieve. Jurnal Cemica, 17, 83–93.

Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458

Widyasari, L. A., & Rafsanjani, M. A. (2021). Apakah Penerapan Blended Learning Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh? Edukatif: Jurnal Ilmu …, 3(3), 854–864. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/453

Downloads

Published

2022-06-14

Issue

Section

Articles