Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pembentukan Karakter Pada Generasi Milenial
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2794Abstract
AbstrakNilai Pancasila pada dasarnya merupakan nilai-nilai filsafat dasar yang dijadikan aturan dan berdasarkan dari norma-norma yang berlaku di Indonesia. Hal ini menunjukan bahwa semua peraturan yang ada dan berjalan di Indonesia harus didaskan Pancasila.Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan nilai pancasila sebagai pembenukan serta pengembangan pada diri generasi milenial. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode studi litelatur yang dimana penulis mengumpulkan beberapa data rujukan artikel dan jurnal yang terpercaya.Pada kenyataanya lunturnya nilai pancasila dikehidupan generasi milenial yang menyebabkan beberapa prilaku yang menyimpang. Dalam mengatasi hal tersebut perlu mempelajarai pembelajaran pendidikan pancasila, salah satunya dengan mengimplementasikan konsep nilai pancasila ke dalam pembentukan karakter pada generasi milenial.
Kata Kunci: Nilai-nilai pancasila, Karakter, Generasi Milenial
Abstrak
The values of Pancasila are basically basic philosophical values that are used as rules and based on the norms that apply in Indonesia. This shows that all existing and running regulations in Indonesia must be based on Pancasila. This study aims to implement the values of Pancasila as the formation and development of the millennial generation. The research method used is a literature study method in which the authors collect some reliable reference data from articles and journals. In fact, the fading of Pancasila values in the life of the millennial generation that causes some deviant behavior. In overcoming this, it is necessary to study Pancasila education learning, one of which is by implementing the concept of Pancasila values into character building in the millennial generation.
Keywords: Pancasila values, Character, Millennial Generation
References
DAFTAR PUSTAKA
Agus, A. A. (2016). Relevansi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka di Era Reformasi. Jurnal Office, 2(2), 229–238. Retrieved from
Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Al Amin, M. D. A. (2020). Pengamalan nilai-nilai Pancasila bagi generasi milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial dan Politik (JISoP), 2(1), 11-18
Bhagaskoro, P., Utungga Pasopati, R., & Syarifuddin, S. (2019). Pancasila Dalam Interaksi Kearifan Lokal Dan Ideologi Transnasional. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik (JISoP), 1(2), 112–132.
Depdiknas 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem PenPendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Fitriani, R., & Dewi, D. A. (2021). Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Tengah Arus Globalisasi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 514-522.
Hasanah, U. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Kalangan Generasi Millenial Untuk Membendung Diri Dari Dampak Negatif Revolusi Indutri 4.0. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 52-59.
Insani, G. N., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8153-8160.
Kariyadi, D., & Suprapto, W. (2017). Membangun Kepemimpinan Berbasis NilaiNilai Pancasila Dalam Perspektif Masyarakat Multikultural. Citizenship Jurnal PancasilaDan Kewarganegaraan, 5(2), 86.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan NilaiNilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Putri, F. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Pembelajaran PKn sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7362-7368.
Rajasa.(2007). Kongres Pancasila IV. Jakarta: Bumi Aksara.
Shofa, A. M. A. (2016). Memaknai Kembali Multikulturalisme Indonesia Dalam Bingkai Pancasila. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(1), 34–40.
Septianingrum, A. D. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial Di Era Serba Modern. Jurnal Mahasiswa Indonesia, 1(1).
Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan Karakter Bangsa Sebagai
Implementasi Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 696- 711.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Galuh Nur Insani, Dinie Anggraenie Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.