Implementasi Nilai-Nilai Pancasila di Masa Pandemi Covid-19 Pada Anak Sekolah Dasar & Lingkungan Masyarakat

Authors

  • Haldini Reygita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2806

Abstract

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja nilai-nilai pancasila pada anak Sekolah Dasar serta apa saja implementasinya disaat masa pandemi covid-19 ini. Artikel ini merupakan artikel dengan metode pendekatan kualitatif karena ditulis berdasarkan hasil pengamatan jurnal-jurnal yang relevan serta yang terjadi di situasi sekarang ini. Dampak dari pandemi covid-19 serta kaitannya dengan niilai-nilai pancasila yang masih membuat anak menjadi bertanggung jawab, cinta tanah air dan menjadikan pancasila sebagai tolak ukur berperilaku dalam hidup bermasyarakat yang didampingi oleh nila-nilai pancasila itu sendiri yakni ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persetuan indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan keadilan sosial baggi seluruh rakyat indonesia dan harapannya untuk mengimplementasikan nilai-nilai pancasila di situaasi pandemi covid-19.

Kata kunci: Pancasila, Covid-19, Implementasi.

                                                      

Abstract

 

This article aims to describe the implementation of Pancasila values in elementary school children during this covid-19 pandemic. This article is an article with a qualitative approach method because it is written based on the observations of relevant journals and what is happening in the current situation. The impact of the COVID-19 pandemic and its relation to Pancasila values which still make children responsible, love the homeland and make Pancasila a benchmark for behavior in social life which is accompanied by the values of Pancasila itself, namely God Almighty, humanity. fair and civilized, Indonesian unity, democracy led by wisdom in deliberation of representatives and social justice for all Indonesian people and their hope to implement Pancasila values in the Covid-19 pandemic situation.

Keywords : Pancasila, Covid-19, Implementation

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Ardi Al Amin, M. D. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(1), 11. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.4945

Fadilah, N. (2019). Tantangan Dan Penguatan Ideologi Pancasila Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca), 2(02), 66–78. https://doi.org/10.30871/deca.v2i02.1546

Hidayat, N. (2015). Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global. El-Tarbawi, 8(2), 131–145. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art2

Isnaini, P. N., & Dewi, D. A. (2021). Upaya Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 322–328. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1344

Julya Marlita Khaerunisa, S., Anggraeni Dewi, D., & Furi Furnamasari, Y. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar. Action Research Literate, 4(1), 21–23. https://doi.org/10.46799/arl.v4i1.4

Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2097–2105. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128

Palinggi, S., & Ridwany, I. (2020). Peran Nilai-Nilai Moral Pancasila dalam Kemajuan Teknologi di Era Milenium. Seminar Nasional (SEMNAS) Pendidikan Bela Negara, March, 48–53. http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2020/9_Sandryones_Hlm_48-53.pdf

Pratama, S. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas V Sdn 03 Negeri Batin Kec. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Negeri Raden Intan Lampung, hlm.3.

Reygita, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Pondasi Negara dengan Menaati Konstitusi. Pendidikan Tambusai, 5(3), 7711–7717.

Sulisworo, D., Wahyuningsih, T., & Baehaqi Arif, D. (2012). Pancasila Sebagai sistem Filsafat dan Implikasinya. Hibah Materi Pembelajaran Non Konvensional 2012, 1, 1–18. http://eprints.uad.ac.id/9432/1/Pancasila Dwi.pdf

Suryani, N. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Era dan Pasca Pandemi. Lembaga Pengembangan Dan Penjamin Mutu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 3.

TERIMAKASIH, U. (2017). Ucapan Terimakasih. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 20(4), 548. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2016.v20.i4.2424

Zoller, M., Irlbeck, M., & Zwissler, B. (2020). Coronavirus disease 2019: More safety through compact facts and recommendantions for action. Anaesthesist, 69(4), 223–224. https://doi.org/10.1007/s00101-020-00761-2

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles