Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kegiatan Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Zutri Juni Sakhera Universitas Riau
  • Daeng Ayub Universitas Riau
  • Titi Maemunaty Universitas Riau
  • Aswandi Bahar Universitas Riau
  • Miki Rahmat Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2816

Abstract

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa tinggi peranan orang tua dalam meningkatkan kegiatan belajar anak dan seberapa besar kontribusi peranan orang tua terhadap kegiatan belajar anak berdasarkan indikator dari variabel peranan orang tua dalam meningkatkan kegiatan belajar anak pada masa pandemi Covid-19 di RT.01/RW.15 Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Kegiatan Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19 serta untuk mengetahui kontribusi peranan orang tua terhadap kegiatan belajar anak berdasarkan indikator variabel peranan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Adapun indikator dalam penelitian ini terdiri dari 1) peranan orang tua sebagai informator, 2) peranan orang tua sebagai motivator, 3) peranan orang tua sebagai inisiator, 4) peranan orang tua sebagai fasilitator, dan 5) peranan orang tua sebagai pembimbing. Hasil penelitian menunjukkan peranan orang tua dalam meningkatkan kegiatan belajar anak pada masa pandemi Covid-19 tergolong cukup tinggi. Kontribusi indikator tersebut memberikan berkontribusi sebanyak 68%, sisanya 32% ditentukan oleh indikator lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini.

Kata kunci: Kegiatan Belajar, Orang Tua, Peranan

 

Abstract

The problem in this study is how high the role of parents in improving children's learning activities and how big the contribution of the role of parents to children's learning activities based on indicators of the parental role variable in improving children's learning activities during the Covid-19 pandemic in RT.01/RW.15 Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. This study aims to determine the level of the role of parents in Improving Children's Learning Activities during the Covid-19 Pandemic and to determine the contribution of the role of parents to children's learning activities based on variable indicators of the role of parents. This research is a descriptive research with a quantitative approach. Data was collected through observation, interviews and questionnaires. The indicators in this study consist of 1) the role of parents as informants, 2) the role of parents as motivators, 3) the role of parents as initiators, 4) the role of parents as facilitators, and 5) the role of parents as mentors. The results of the study show that the role of parents in improving children's learning activities during the Covid-19 pandemic is quite high. The contribution of these indicators contributes as much as 68%, the remaining 32% is determined by other indicators that are not part of this study.

Keywords: Learning Activities, Parents, Role

References

DAFTAR PUSTAKA

Ali, Nugraha, 2016, Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini, Bandung: JILSI Foundation.

Al-Mahiroh, dkk. (2020). Kontribusi Teori KognitIF Robert M. Gagne dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. QALAMUNA. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 117-126

Bahfen, M., Farihen, F., &Fitri, N. L. (2020). Peranan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar di Rumah Selama Masa Pandemi COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Lppm Umj (Vol. 1, No. 1)

Bahi, T., Tasik, F. C., & Mumu, R. (2021). Peranan Orang Tua dalam Menunjang Tingkat Pendidikan Anak pada Masa Pandemi COVID-19 Di Desa Saolat Kecamatan Wasile Selatan Kabupaten Halmahera Timur. Holistik, Journal Of Social And Culture

Djamarah, Syaiful Bahri, 2000, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hartati, T., Oviyanti, F., & Sukirman, S. (2019). Peran Orang Tua dalam Membina Akhlak Anak Usia 5-10 Tahun (Studi di Desa Pendingan Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas). Jurnal Pai Raden Fatah, 1(2), 139-151

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. Tasyri': Jurnal Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah, 27(2), 23-32

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujjiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. LP2M

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558

Moh. Suardi & Syofrianisda, 2018, Belajar dan Pembelajaran, Parama Ilmu, Yogyakarta

Mukmin, T. (2018). Pendekatan dalam Mengajar Perspektif Syaiful Bahri Djamarah dan Abuddin Nata (Studi Komparatif Deskriptif). El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 14(1), 25-54

Nurcahyani, I. T., & Suwarno, S. H. (2021). Peranan Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar di rumah Terhadap Hasil Belajar Di Kelas V Mim Purno Wuryantoro Wonogiri Era Pandemi (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah, 03(2), 333-352

Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah di TK Kha;ifah. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(5), 205-218

Sumiati, M. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Mengajar Terhadap Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Guru PAI SMA-SMK Negeri Kota Metro. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 6, (2), 102-109

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2022-06-13

Issue

Section

Articles