Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kegiatan Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2816Abstract
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa tinggi peranan orang tua dalam meningkatkan kegiatan belajar anak dan seberapa besar kontribusi peranan orang tua terhadap kegiatan belajar anak berdasarkan indikator dari variabel peranan orang tua dalam meningkatkan kegiatan belajar anak pada masa pandemi Covid-19 di RT.01/RW.15 Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Kegiatan Belajar Anak pada Masa Pandemi Covid-19 serta untuk mengetahui kontribusi peranan orang tua terhadap kegiatan belajar anak berdasarkan indikator variabel peranan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan angket. Adapun indikator dalam penelitian ini terdiri dari 1) peranan orang tua sebagai informator, 2) peranan orang tua sebagai motivator, 3) peranan orang tua sebagai inisiator, 4) peranan orang tua sebagai fasilitator, dan 5) peranan orang tua sebagai pembimbing. Hasil penelitian menunjukkan peranan orang tua dalam meningkatkan kegiatan belajar anak pada masa pandemi Covid-19 tergolong cukup tinggi. Kontribusi indikator tersebut memberikan berkontribusi sebanyak 68%, sisanya 32% ditentukan oleh indikator lain yang tidak menjadi bagian dari penelitian ini.
Kata kunci: Kegiatan Belajar, Orang Tua, Peranan
Â
Abstract
The problem in this study is how high the role of parents in improving children's learning activities and how big the contribution of the role of parents to children's learning activities based on indicators of the parental role variable in improving children's learning activities during the Covid-19 pandemic in RT.01/RW.15 Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. This study aims to determine the level of the role of parents in Improving Children's Learning Activities during the Covid-19 Pandemic and to determine the contribution of the role of parents to children's learning activities based on variable indicators of the role of parents. This research is a descriptive research with a quantitative approach. Data was collected through observation, interviews and questionnaires. The indicators in this study consist of 1) the role of parents as informants, 2) the role of parents as motivators, 3) the role of parents as initiators, 4) the role of parents as facilitators, and 5) the role of parents as mentors. The results of the study show that the role of parents in improving children's learning activities during the Covid-19 pandemic is quite high. The contribution of these indicators contributes as much as 68%, the remaining 32% is determined by other indicators that are not part of this study.
Keywords: Learning Activities, Parents, Role
References
DAFTAR PUSTAKA
Ali, Nugraha, 2016, Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini, Bandung: JILSI Foundation.
Al-Mahiroh, dkk. (2020). Kontribusi Teori KognitIF Robert M. Gagne dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. QALAMUNA. Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 117-126
Bahfen, M., Farihen, F., &Fitri, N. L. (2020). Peranan Orang Tua dalam Mendampingi Anak Usia Dini Belajar di Rumah Selama Masa Pandemi COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian Lppm Umj (Vol. 1, No. 1)
Bahi, T., Tasik, F. C., & Mumu, R. (2021). Peranan Orang Tua dalam Menunjang Tingkat Pendidikan Anak pada Masa Pandemi COVID-19 Di Desa Saolat Kecamatan Wasile Selatan Kabupaten Halmahera Timur. Holistik, Journal Of Social And Culture
Djamarah, Syaiful Bahri, 2000, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Hartati, T., Oviyanti, F., & Sukirman, S. (2019). Peran Orang Tua dalam Membina Akhlak Anak Usia 5-10 Tahun (Studi di Desa Pendingan Kecamatan Muara Lakitan Kabupaten Musi Rawas). Jurnal Pai Raden Fatah, 1(2), 139-151
Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. Tasyri': Jurnal Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah, 27(2), 23-32
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujjiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. LP2M
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549-558
Moh. Suardi & Syofrianisda, 2018, Belajar dan Pembelajaran, Parama Ilmu, Yogyakarta
Mukmin, T. (2018). Pendekatan dalam Mengajar Perspektif Syaiful Bahri Djamarah dan Abuddin Nata (Studi Komparatif Deskriptif). El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman, 14(1), 25-54
Nurcahyani, I. T., & Suwarno, S. H. (2021). Peranan Orang Tua dalam Membimbing Anak Belajar di rumah Terhadap Hasil Belajar Di Kelas V Mim Purno Wuryantoro Wonogiri Era Pandemi (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah, 03(2), 333-352
Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan Orang Tua Dalam Program Sekolah di TK Kha;ifah. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2(5), 205-218
Sumiati, M. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Mengajar Terhadap Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Guru PAI SMA-SMK Negeri Kota Metro. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 6, (2), 102-109
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Zutri Juni Sakhera, Daeng Ayub, Titi Maemunaty, Aswandi Bahar, Miki Rahmat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.