Pancasila Penuntun Generasi Milenial

Authors

  • Suzahra Salsabila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2844

Abstract

Abstrak

Pancasila merupakan dasar Negara yang berupa lima dasar pebentuk ideologi bangsa, Pancasila dibuat dengan sebagaimana para pemdahuku menyesuaikan dengan identitas bangsa yang ingin dibentuk dan menggambarkan bangsa negara Indonesia. Pengamalan pancasila tentu saja sangat penting untuk keberlangsungan kesejahteraan negara karena memiliki dampak yang kuat dalam identitas bangsa, akan tetapi zaman semakin berubah, oengaruh asing terus masuk ditengah kesempatan yang ada, dibalik pembaharuan yang hadir pasti terselip hal kurang positif yang dapat memicu lunturnya nilai dari esensi pamcasila itu sendiri. Globalisasi yang terus mempengaruhi generasi milenial perlu diperhatikan agarvtidak memicu terjadinya hal kurang baik, oleh ksrena itu pancasila sangat berperan sebagai pemuntun generasi milenial dalam menuntuh arah perkembangan zaman. Generasi milennial merupakan mereka yang lahir antara tahun 1980an sampai dengan tahun 2000an, dimana mereka sudah terbiasa dengan dunia modern dan teknologi yang canggih bahwa merekapun merupakan generasi di usia produktif. 

Kata Kunci: Pancasila, Generasi Milenial  

 

Abstract

Pancasila is the basis of the State in the form of five basic forms of national ideology, Pancasila is made as the local governments adjust to the identity of the nation they want to form and describe the nation state of Indonesia. The practice of pancasila is of course very important for the sustainability of state welfare because it has a strong impact on the identity of the nation, but the times are changing, foreign oengaruh continues to enter in the midst of existing opportunities, behind the renewal that is present, there must be a lack of positive things that can trigger the fading of the value of the essence of pamcasila itself. Globalization that continues to affect the millennial generation needs to be considered so that it does not trigger bad things to happen, by the ksrena, pancasila plays a very important role as a guide for the millennial generation in demanding the direction of the times. The millennial generation are those born between the 1980s and the 2000s, where they are used to the modern world and sophisticated technology that they are also a generation in the productive age. 

Keywords: Pancasila, Millennial Generation

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Ardi Al Amin, M. D. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(1), 11. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.494 5

Azzaria, S. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Meningkatkan Kesadaran Bela Negara Pada Generasi Milenial. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 19(1), 57–74. https://doi.org/10.35905/diktum.v19i1.19-25

Fadilah, N. (2019). Tantangan Dan Penguatan Ideologi Pancasila Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca), 2(02), 66–78. https://doi.org/10.30871/deca.v2i02.15-46

Ferry, A., & Angkrek, J. (n.d.). Situ No. 19 Sumedang 45323.

Hadiwijono, A. (2016). Pendidikan Pancasila, Eksistensinya Bagi Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(1), 82–97. https://doi.org/10.26905/idjch.v7i1.1784

Hanum, F. F. (2019). Pendidikan Pancasila Bagi Generasi Milenial. Digital Repository Universitas Negeri Medan, 15, 185–199. http://digilib.unimed.ac.id/37500/

Iii, B. A. B., & Penelitian, M. (2019). Proses Adaptasi Ikatan Mahasiswa Fakfak Di Kota Bandung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 54–69. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/1 558/

Mei Nur Rusmiati, & Anggraeni Dewi, D. (2021). Pancasila Dan Tantangan Millenial: Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Millenial Sebagai Landasan Dalam Bertindak Dan Berpikir. Jurnal Mahasiswa Indonesia, 1(1), 18–29.

Oktari, D., & Dewi, D. A. (2021). Pemicu Lunturnya Nilai Pancasila Pada Generasi Milenial. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 93– 103. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1170

SHAKTI, A. A. (2021). Esensi Pancasila Dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sultoni, S., Gunawan, I., & Argadinata, H. (2020). Dampak Pembelajaran Berkarakter Terhadap Penguatan Karakter Siswa Generasi Milenial. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2019), 160–170. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p160

Downloads

Published

2022-06-15

Issue

Section

Articles