Analisis Strategi Bandar Udara Notohadinegoro Dalam Meningkatkan Minat Pengguna Jasa Di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Leo Martin Al'amin B. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Febriansyah Ignas Pradana Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2872

Abstract

Abstrak

Dunia penerbangan di Indonesia mengalami dampak pandemi covid-19, pandemi ini menyebabkan maskapai penerbangan dan banyak pengelola bandara di Indonesia merugi. Hal tersebut membuat bandara Notohadinegoro menutup sementara aktivitas penerbangan hingga tidak melayani angkutan penumpang, sesuai dengan arahan pemerintah pusat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi serta hal-hal apa saja yang menghambat Bandara Notohadinegoro dalam upaya meningkatkan minat pengguna jasa di era pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Strategi promosi Bandara Notohadinegoro adalah menggelar Joyflight yang bertujuan untuk menarik pengguna jasa kembali menikmati layanan penerbangan. Joy Flight bertujuan untuk meningkatkan pariwisata dengan melakukan perjalanan melalui kota Jember di udara, sehingga Bandar Udara Notohadinegoro tetap menunjukkan bahwa bandara tersebut tetap eksis meski tidak berfungsi secara normal. Beberapa hal yang menghambat proses perencanaan strategis bandar udara menarik minat pengguna jasa adalah terbatasnya sumber daya yang dibutuhkan pengelola bandar udara dan persaingan jasa transportasi yang lebih ekonomis. Bagi pihak bandara Notohadinegoro Jember sebaiknya terus berdiskusi dengan stakeholder, tidak hanya mengandalkan penumpang, tetapi dapat bekerjasama dengan pihak-pihak yang bersangkutan. Hal itu dapat dilakukan sebagai usaha untuk menarik maskapai agar kembali bekerja sama dengan bandar udara Notohadinegoro.

Kata Kunci: Pandemi covid-19, Aktivitas penerbangan, Atrategi, Minat pengguna jasa

 

Abstract

The world of aviation in Indonesia is experiencing the impact of the covid-19 pandemic, this pandemic has caused airlines and many airport managers in Indonesia to lose money. This has caused Notohadinegoro airport to temporarily close flight activities so that it does not serve passenger transportation, in accordance with the direction of the central government. The purpose of this study is to find out what strategies and things are hindering Notohadinegoro Airport in an effort to increase the interest of service users in the era of the Covid-19 pandemic. This study uses a qualitative descriptive research method with data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. Notohadinegoro Airport's promotional strategy is to hold Joyflight which aims to attract service users to enjoy flight services again. Joy Flight aims to increase tourism by traveling through the city of Jember in the air, so that Notohadinegoro Airport still shows that the airport still exists even though it is not functioning normally. Several things that hinder the airport's strategic planning process to attract service users are the limited resources needed by airport managers and competition for more economical transportation services. For Notohadinegoro Airport, Jember, it must continue to discuss with stakeholders, not only relying on passengers, but can work together with related parties. This can be done as an effort to attract airlines to cooperate with Notohadinegoro airport.

Keyword: Covid-19 pandemic, Aviation activities, Strategies, Interests of service users

References

DAFTAR PUSTAKA

Anselm Strauss, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003), hlm. 4-5.

Annex 14 Vol I. 2004. Arodrome Design and Operation Fourth.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus. Naskah Publikasi Penelitian. Universitas Mercu Buana dan National Research Tomsk State University.

David, Fred R. 2011. Manajemen Strategis. Jakarta, Salemba Empat

Fatoni, 2015. http://repository.uin-suska.ac.id/6664/4/BAB%20III.pdf, (6 Oktober 2019 jam 08.15)

Fauziyah,Nur (2015) Efektifitas Penggunaan Alat Bantu Reaksi Gerakan Tangan Bagi Kaum Disabilitas

Hunger, David & L, Whelen.,Thomas. Manajemen Strategi Ter. Julianto Agung. Yogyakarta: ANDI, 2009.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif : Rekontruksi Pemikirsn Dasar Serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial Dan Humaniora. Yogyakarta: Medialiterasi.

Hary Soegiri, Moeljadi, Sherlinda Octa Yuniarsa. (2020). ANALYSIS OF INNOVATION PROCESS FOR ENVIRONMENTAL GREEN PERFORMANCE: CASE STUDY ON NOTOHADINEGORO AIRPORT, JEMBER

Hariadi, Bambang. 2003. Strategi Manajemen : Strategi Memenangkan Perang Bisnis.

Kementerian Kesehatan. (2020). Panduan Pelayanan Kesehatan Balita pada Masa Tanggap Darurat Covid-19. Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.

Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penangan Virus Desase 2019 diubah dengan Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020

Keputusan Presiden 12 Tahun 2020 Tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Covid 19 sebagai Bencana Nasional

Kementrian perhubungan republic Indonesia bekerja sama dengan Universitas Indonesia, (2020). Model Dan Strategi Pemulihan Bisnis Penerbangan Pasca Pandemi Covid-19

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management (13 ed., Vol. 2). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip (1994), “Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Contrlâ€, Englewood Cliffs, New Jersey, Prentice Hall Inc., Edisi Delapan.

Luthfiyah, Talitha Sahda & Fidel Miro. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Transportasi di Daerah Jabodetabek. Naskah Publikasi Penelitian. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Bung Hatta Padang

Liu, dkk. 2009. Strategi Peningkatan Pelayanan Prasarana Transportasi Di Nusa Tenggara Timur. Nisak, Zuhrotun. 2013. http://journal.unisla.ac.id/pdf/12922013/4.pdf. (25 September 2019 jam 22.28)

Malang, Bayu Media. Mulyadi. 2001. Sistem Perencanaan & amp ; Pengendalian Manajemen. Jakarta,

Moleong, Lexy. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Bersekala Besar Dalam

Polater, A. (2020) A Surge Capacity Management Perspective. Journal of Air Transport Management.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 69 Tahun 2013 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional. Jakarta: Departemen Perhubungan

Pere Suau-Sancheza, Augusto Voltes-Dortac, Natà lia Cugueró-Escofeta. (2020). An early assessment of the impact of COVID-19 on air transport: Just another crisis or the end of aviation as we know it?. Barcelona, Spain

Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019.Wilke, Sabine (2013)

Salemba Empat Taufiqurokhman. 2016. Manajemen Strategik. Jakarta. Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama

Skelcher, Chris, 1992, Managing for Service Quality, Long Man Group, U.K.Lpd, London.

Sugiarto, E. (2002). Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiarto, E. (2002). Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, F.(2005). Servise Marketing: Esensi &’ Aplikasi. Penerbit Marnesis.

Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Bung Hatta Padang

Tjiptono, Fandy. (2014). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantina Kesehatan

Whelen, Hunger. Manajemen Strategik. Yogyakarta: Gramedia. 2019

Downloads

Published

2022-06-16

Issue

Section

Articles