Analisis Strategi Bandar Udara Notohadinegoro Dalam Meningkatkan Minat Pengguna Jasa Di Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2872Abstract
Abstrak
Dunia penerbangan di Indonesia mengalami dampak pandemi covid-19, pandemi ini menyebabkan maskapai penerbangan dan banyak pengelola bandara di Indonesia merugi. Hal tersebut membuat bandara Notohadinegoro menutup sementara aktivitas penerbangan hingga tidak melayani angkutan penumpang, sesuai dengan arahan pemerintah pusat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi serta hal-hal apa saja yang menghambat Bandara Notohadinegoro dalam upaya meningkatkan minat pengguna jasa di era pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Strategi promosi Bandara Notohadinegoro adalah menggelar Joyflight yang bertujuan untuk menarik pengguna jasa kembali menikmati layanan penerbangan. Joy Flight bertujuan untuk meningkatkan pariwisata dengan melakukan perjalanan melalui kota Jember di udara, sehingga Bandar Udara Notohadinegoro tetap menunjukkan bahwa bandara tersebut tetap eksis meski tidak berfungsi secara normal. Beberapa hal yang menghambat proses perencanaan strategis bandar udara menarik minat pengguna jasa adalah terbatasnya sumber daya yang dibutuhkan pengelola bandar udara dan persaingan jasa transportasi yang lebih ekonomis. Bagi pihak bandara Notohadinegoro Jember sebaiknya terus berdiskusi dengan stakeholder, tidak hanya mengandalkan penumpang, tetapi dapat bekerjasama dengan pihak-pihak yang bersangkutan. Hal itu dapat dilakukan sebagai usaha untuk menarik maskapai agar kembali bekerja sama dengan bandar udara Notohadinegoro.
Kata Kunci: Pandemi covid-19, Aktivitas penerbangan, Atrategi, Minat pengguna jasa
Â
Abstract
The world of aviation in Indonesia is experiencing the impact of the covid-19 pandemic, this pandemic has caused airlines and many airport managers in Indonesia to lose money. This has caused Notohadinegoro airport to temporarily close flight activities so that it does not serve passenger transportation, in accordance with the direction of the central government. The purpose of this study is to find out what strategies and things are hindering Notohadinegoro Airport in an effort to increase the interest of service users in the era of the Covid-19 pandemic. This study uses a qualitative descriptive research method with data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. Notohadinegoro Airport's promotional strategy is to hold Joyflight which aims to attract service users to enjoy flight services again. Joy Flight aims to increase tourism by traveling through the city of Jember in the air, so that Notohadinegoro Airport still shows that the airport still exists even though it is not functioning normally. Several things that hinder the airport's strategic planning process to attract service users are the limited resources needed by airport managers and competition for more economical transportation services. For Notohadinegoro Airport, Jember, it must continue to discuss with stakeholders, not only relying on passengers, but can work together with related parties. This can be done as an effort to attract airlines to cooperate with Notohadinegoro airport.
Keyword: Covid-19 pandemic, Aviation activities, Strategies, Interests of service usersReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anselm Strauss, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003), hlm. 4-5.
Annex 14 Vol I. 2004. Arodrome Design and Operation Fourth.
Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus. Naskah Publikasi Penelitian. Universitas Mercu Buana dan National Research Tomsk State University.
David, Fred R. 2011. Manajemen Strategis. Jakarta, Salemba Empat
Fatoni, 2015. http://repository.uin-suska.ac.id/6664/4/BAB%20III.pdf, (6 Oktober 2019 jam 08.15)
Fauziyah,Nur (2015) Efektifitas Penggunaan Alat Bantu Reaksi Gerakan Tangan Bagi Kaum Disabilitas
Hunger, David & L, Whelen.,Thomas. Manajemen Strategi Ter. Julianto Agung. Yogyakarta: ANDI, 2009.
Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif : Rekontruksi Pemikirsn Dasar Serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial Dan Humaniora. Yogyakarta: Medialiterasi.
Hary Soegiri, Moeljadi, Sherlinda Octa Yuniarsa. (2020). ANALYSIS OF INNOVATION PROCESS FOR ENVIRONMENTAL GREEN PERFORMANCE: CASE STUDY ON NOTOHADINEGORO AIRPORT, JEMBER
Hariadi, Bambang. 2003. Strategi Manajemen : Strategi Memenangkan Perang Bisnis.
Kementerian Kesehatan. (2020). Panduan Pelayanan Kesehatan Balita pada Masa Tanggap Darurat Covid-19. Jakarta: Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.
Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Gugus Tugas Percepatan Penangan Virus Desase 2019 diubah dengan Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020
Keputusan Presiden 12 Tahun 2020 Tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Covid 19 sebagai Bencana Nasional
Kementrian perhubungan republic Indonesia bekerja sama dengan Universitas Indonesia, (2020). Model Dan Strategi Pemulihan Bisnis Penerbangan Pasca Pandemi Covid-19
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management (13 ed., Vol. 2). Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip (1994), “Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Contrlâ€, Englewood Cliffs, New Jersey, Prentice Hall Inc., Edisi Delapan.
Luthfiyah, Talitha Sahda & Fidel Miro. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Transportasi di Daerah Jabodetabek. Naskah Publikasi Penelitian. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Bung Hatta Padang
Liu, dkk. 2009. Strategi Peningkatan Pelayanan Prasarana Transportasi Di Nusa Tenggara Timur. Nisak, Zuhrotun. 2013. http://journal.unisla.ac.id/pdf/12922013/4.pdf. (25 September 2019 jam 22.28)
Malang, Bayu Media. Mulyadi. 2001. Sistem Perencanaan & amp ; Pengendalian Manajemen. Jakarta,
Moleong, Lexy. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Bersekala Besar Dalam
Polater, A. (2020) A Surge Capacity Management Perspective. Journal of Air Transport Management.
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 69 Tahun 2013 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional. Jakarta: Departemen Perhubungan
Pere Suau-Sancheza, Augusto Voltes-Dortac, Natà lia Cugueró-Escofeta. (2020). An early assessment of the impact of COVID-19 on air transport: Just another crisis or the end of aviation as we know it?. Barcelona, Spain
Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019.Wilke, Sabine (2013)
Salemba Empat Taufiqurokhman. 2016. Manajemen Strategik. Jakarta. Fakultas Ilmu Sosial dan IlmuPolitik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama
Skelcher, Chris, 1992, Managing for Service Quality, Long Man Group, U.K.Lpd, London.
Sugiarto, E. (2002). Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiarto, E. (2002). Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tjiptono, F.(2005). Servise Marketing: Esensi &’ Aplikasi. Penerbit Marnesis.
Teknik Sipil dan Perencanaan, Universitas Bung Hatta Padang
Tjiptono, Fandy. (2014). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: Andi.
Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantina Kesehatan
Whelen, Hunger. Manajemen Strategik. Yogyakarta: Gramedia. 2019
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Leo Martin Al'amin B., Febriansyah Ignas Pradana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.