Peran Mahasiswa Dalam Mempertahankan Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Negara
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2876Abstract
 Abstrak
Penelitian ini dilakukan searah dengan perkembangan teknologi, dimana banyak sekali kekacauan dan kurangnya moral di kalangan mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kasus-kasus seperti tawuran, kejahatan social, bullying, pencurian dan berakhir pada pembunuhan. Hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan oleh karena itu perlu adanya perbaikan moral di mahasiswa tersebut. Pada kajian penelitian ini metode yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara deskriptif. Dasar atau teori dari pada pembahasan kali ini didapat dari hasil studi literatur atau kepustakaan yang didapatkan dari beberapa sumber-sumber yang relevan seperti buku, jurnal, dan artikel. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sehingga mendapatkan cara untuk mengurangi kekacauan dan kerusakan moral di kalangan mahasiswa dan digunakan untuk mengetahui peran mahasiswa dalam mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila sebagai ideologi negara yang memiliki nila-nilai seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan merupakan cara untuk mengurangi kerusakan moral di masyarakat. Pelaksanaan dan pengimplementasian nilai Pancasila harus ditanamkan sampai kapanpun sehingga dapat membentuk suatu karakter dan moral yang dapat meningkatkan kualitas bangsa Indonesia.
Kata Kunci: peran mahasiswa, cara mempertahankan, ideologi Pancasila
Â
Abstract
This research was conducted in line with technological developments, where there was a lot of chaos and lack of morals among students. This can be seen from the many cases such as brawls, social crimes, bullying, theft and ending in murder. This, of course, should not be allowed to do so, therefore there is a need for moral improvement in these students. In this research study, the method used is using a qualitative approach which is carried out descriptively. The basis or theory of the discussion this time is obtained from the results of the study of literature or literature obtained from several relevant sources such as books, journals, and articles. This study was used to determine the values contained in Pancasila so as to find a way to reduce chaos and moral damage among students and was used to determine the role of students in defending the ideology of Pancasila as the basis of the state. Pancasila as a state ideology that has values such as divinity, humanity, unity, democracy, and justice is a way to reduce moral damage in society. The implementation and implementation of Pancasila values must be instilled at any time so that it can form a character and morals that can improve the quality of the Indonesian nation.
Keywords: the role of students, how to defend, Pancasila ideologyReferences
DAFTAR PUSTAKA
Asmaroini, A. P. (2016). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA BAGI SISWA DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan.
Asmaroini, A. P. (2017). Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan.
Badudu, J. S. (2002). Kamus umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Hatta, M. (1984). Uraian Pancasila. Jakarta: Mutiara.
INDONESIA, P. P. (1990). PENDIDIKAN TINGGI
Kaelan, &. Z. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta.
KBBI. (2008). Pengertian Mahasiswa.
Maulidya, C. (2022). Ideologi Pancasila di Era Milenial. Jakarta. (https://bpip.go.id/berita/1035/1198/ideologi-pancasila-di-era-milenial.html)
Nugroho, I. (2010). Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Falsafah Pandangan Hidup Bangsa Untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Pembangunan Lingkungan Hidup. Malang: Mahkamah Konstitusi (MK) dan Puskasi Universitas Widyagama.
Nurizka, R. &. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An.
Salim, P. &. (2002). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern english press.
Sastrapratedja, M. (2002). ide-Ide Menerobos.
Septi Mulyanti Siregar, N. N. (2016). Peran Keluarga dalam Menerapkan Nilai Budaya Suku Sasak dalam Memelihara Lingkungan. Jurnal Green Growth dan Manajemen Lingkungan.
Soekarno. (1984). Pancasila Sebagai Dasar Negara. Jakarta: Inti Idayu Press.
Surono, e. (2010). Nasionalisme dan Pembangunan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Pusat Studi Pancasila Press.
Tri, D. (2011). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai-Nilai Nasionalisme. Jakarta.
Yudistira. (2016). Aktualisasi & Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menumbun Kembangkan Karakter Bangsa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hesti Hopipah Aliyani, Dinie Anggraenie Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.