Peran Mahasiswa Dalam Mempertahankan Ideologi Pancasila Sebagai Dasar Negara

Authors

  • Hesti Hopipah Aliyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2876

Abstract

 Abstrak

Penelitian ini dilakukan searah dengan perkembangan teknologi, dimana banyak sekali kekacauan dan kurangnya moral di kalangan mahasiswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kasus-kasus seperti tawuran, kejahatan social, bullying, pencurian dan berakhir pada pembunuhan. Hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan oleh karena itu perlu adanya perbaikan moral di mahasiswa tersebut. Pada kajian penelitian ini metode yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara deskriptif. Dasar atau teori dari pada pembahasan kali ini didapat dari hasil studi literatur atau kepustakaan yang didapatkan dari beberapa sumber-sumber yang relevan seperti buku, jurnal, dan artikel. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sehingga mendapatkan cara untuk mengurangi kekacauan dan kerusakan moral di kalangan mahasiswa dan digunakan untuk mengetahui peran mahasiswa dalam mempertahankan ideologi Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila sebagai ideologi negara yang memiliki nila-nilai seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan merupakan cara untuk mengurangi kerusakan moral di masyarakat. Pelaksanaan dan pengimplementasian nilai Pancasila harus ditanamkan sampai kapanpun sehingga dapat membentuk suatu karakter dan moral yang dapat meningkatkan kualitas bangsa Indonesia.

Kata Kunci: peran mahasiswa, cara mempertahankan, ideologi Pancasila

 

Abstract

This research was conducted in line with technological developments, where there was a lot of chaos and lack of morals among students. This can be seen from the many cases such as brawls, social crimes, bullying, theft and ending in murder. This, of course, should not be allowed to do so, therefore there is a need for moral improvement in these students. In this research study, the method used is using a qualitative approach which is carried out descriptively. The basis or theory of the discussion this time is obtained from the results of the study of literature or literature obtained from several relevant sources such as books, journals, and articles. This study was used to determine the values contained in Pancasila so as to find a way to reduce chaos and moral damage among students and was used to determine the role of students in defending the ideology of Pancasila as the basis of the state. Pancasila as a state ideology that has values such as divinity, humanity, unity, democracy, and justice is a way to reduce moral damage in society. The implementation and implementation of Pancasila values must be instilled at any time so that it can form a character and morals that can improve the quality of the Indonesian nation.

Keywords: the role of students, how to defend, Pancasila ideology

References

DAFTAR PUSTAKA

Asmaroini, A. P. (2016). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA BAGI SISWA DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan.

Asmaroini, A. P. (2017). Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan.

Badudu, J. S. (2002). Kamus umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Hatta, M. (1984). Uraian Pancasila. Jakarta: Mutiara.

INDONESIA, P. P. (1990). PENDIDIKAN TINGGI

Kaelan, &. Z. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta.

KBBI. (2008). Pengertian Mahasiswa.

Maulidya, C. (2022). Ideologi Pancasila di Era Milenial. Jakarta. (https://bpip.go.id/berita/1035/1198/ideologi-pancasila-di-era-milenial.html)

Nugroho, I. (2010). Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Falsafah Pandangan Hidup Bangsa Untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Pembangunan Lingkungan Hidup. Malang: Mahkamah Konstitusi (MK) dan Puskasi Universitas Widyagama.

Nurizka, R. &. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An.

Salim, P. &. (2002). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern english press.

Sastrapratedja, M. (2002). ide-Ide Menerobos.

Septi Mulyanti Siregar, N. N. (2016). Peran Keluarga dalam Menerapkan Nilai Budaya Suku Sasak dalam Memelihara Lingkungan. Jurnal Green Growth dan Manajemen Lingkungan.

Soekarno. (1984). Pancasila Sebagai Dasar Negara. Jakarta: Inti Idayu Press.

Surono, e. (2010). Nasionalisme dan Pembangunan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Pusat Studi Pancasila Press.

Tri, D. (2011). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai-Nilai Nasionalisme. Jakarta.

Yudistira. (2016). Aktualisasi & Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menumbun Kembangkan Karakter Bangsa.

Downloads

Published

2022-06-16

Issue

Section

Articles