Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2887Abstract
Abstrak
Untuk membangun potensi peserta didik yang unggul tentu nya kita tidak bisa asal mendidik saja, apalagi jika kita ingin menciptakan peserta didik sebagai warga negara yang berakhlak mulia serta bertanggung jawab kepada negara nya, penting sekali bagi kita mengajarkan peserta didik tentang nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila sendiri memiliki 5 nilai yang pertama ada ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, keadilan. Yang dimana nilai nilai tersebut merupakan nilai nilai yan mempunyai satu tujuan, yaitu untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat dan negara Indonesia. Dan dapat kita ketahui juga bahwa kelima nilai tersebut sudah bersifat universal dan objektif dimana kelima nilai tersebut sudah di akui oleh negara lain.Â
Kata Kunci: implementasi, nilai-nilai, pancasila
Â
Abstract
To build the potential of superior students, of course, we cannot just educate, especially if we want to create students as citizens who have noble character and are responsible for their country, it is very important for us to teach students about the values contained in Pancasila. Pancasila itself has 5 values, the first is divinity, humanity, unity, democracy, justice. Where these values are values that have one goal, namely to build and prosper the people and state of Indonesia. And we can also know that the five values are universal and objective where the five values have been recognized by other countries.
Keywords : implementation, values, Pancasila
References
DAFTAR PUSTAKA
Aisyah. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.
Budi, M., & Pada, P. (2021). Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. 8(2), 234–242.
Hermawan, R., & Wicaksono, V. D. (2021). Analisis Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Metode Penugasan Pada Pembelajaran Ppkn Secara Daring Kelas V Sdn Balasklumprik I Surabaya. Jpgsd, 09(07), 2861–2870.
Hidayat, H., Mulyani, H., Ummah, A. N., Yusifa, A., & Wahyuni, B. O. (2021). Metode Pembelajaran Interaktif Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Di Madrasah Ibtidahiyah Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 42–48.
Julya Marlita Khaerunisa, S., Anggraeni Dewi, D., & Furi Furnamasari, Y. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar. Action Research Literate, 4(1), 21–23. https://doi.org/10.46799/arl.v4i1.4
Kartini, D., & Dewi, D. (2021). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 113–118. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1304
Lestari, P., Sunarto, & Cahyono, H. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Sila Kelima Dalam Pembelajaran. Sosial Horizon, 7(2), 130–144.
Nisa’, F., Larasati, H. R., & Supratman, Y. B. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Pancasila Di Sekolah Terhadap Penerapan Implementasi Pancasila Pada Pelajar. Jurnal Pancasila Dan Bela Negara, 1(1). https://doi.org/10.31315/jpbn.v1i1.4435
Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School, 7(1), 38–49.
Nurohmah, A. N., Rahma, D., Izzati, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Aulad : Journal on Early Childhood Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar dalam Kehidupan Sehari-hari. 4(3), 116–124. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.191
Octavian, W. A. (2019). Terhadap Siswa Melalui Kegiatan Penyuluhan.
Pancasila, I. N. (2008). 7_Bunyamin_Maftuh_rev. II(2).
Pendidikan, J., Fauziah Hazimah, G., & Dewi, A. (2021). Upaya Memajukan Pendidikan Indonesia Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila. Sains Dan Teknologi, 8(1), 2021–2149.
Prahesti, D., Ismaya, H., Mayasari, N., Pendidikan, F., Pengetahuan, I., Ilmu, F., & Sosial, P. (n.d.). Di era ini , penanaman nilai karakter sangat penting dan diperlukan dalam proses tumbuh kembang siswa di sekolah agar siswa dapat memiliki akhlak yang baik dan juga dapat meningkatkan keberhasilan prestasi siswa . Dengan memberikan anak pendidikan artinya. 1–8.
Ridla ‘Adawiyyah. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Universitas Pendidikan Indonesia, 5, 1–9.
Rossa, B. (2019). Implementasi Nilai Pancasila Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Di Sma Negeri 4 Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Syafitri, M. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Sila Keempat pada Anak Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7684–7692. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2211
Syaumi, I. K., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pelatihan Pendidikan Karakter dan Budaya Berbasis Pancasila. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7863–7867. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2258
Tangu, Y. Y., Supeni, S., & Yusuf. (2020). Jurnal Global Citizen. Jurnal Global Citizen Jurnalilmiah, 9(2), 103–119.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ihda Khaerunisa Syaumi, Dinie Anggraenie Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.