Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ihda Khaerunisa Syaumi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2887

Abstract

Abstrak

Untuk membangun potensi peserta didik yang unggul tentu nya kita tidak bisa asal mendidik saja, apalagi jika kita ingin menciptakan peserta didik sebagai warga negara yang berakhlak mulia serta bertanggung jawab kepada negara nya, penting sekali bagi kita mengajarkan peserta didik tentang nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila sendiri memiliki 5 nilai yang pertama ada ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, keadilan. Yang  dimana nilai nilai tersebut merupakan nilai nilai yan mempunyai satu tujuan, yaitu untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat dan negara Indonesia. Dan dapat kita ketahui juga bahwa kelima nilai tersebut sudah bersifat universal dan objektif dimana kelima nilai tersebut sudah di akui oleh negara lain. 

Kata Kunci: implementasi, nilai-nilai, pancasila

 

Abstract

To build the potential of superior students, of course, we cannot just educate, especially if we want to create students as citizens who have noble character and are responsible for their country, it is very important for us to teach students about the values contained in Pancasila. Pancasila itself has 5 values, the first is divinity, humanity, unity, democracy, justice. Where these values are values that have one goal, namely to build and prosper the people and state of Indonesia. And we can also know that the five values are universal and objective where the five values have been recognized by other countries.

Keywords : implementation, values, Pancasila

References

DAFTAR PUSTAKA

Aisyah. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Budi, M., & Pada, P. (2021). Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. 8(2), 234–242.

Hermawan, R., & Wicaksono, V. D. (2021). Analisis Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Metode Penugasan Pada Pembelajaran Ppkn Secara Daring Kelas V Sdn Balasklumprik I Surabaya. Jpgsd, 09(07), 2861–2870.

Hidayat, H., Mulyani, H., Ummah, A. N., Yusifa, A., & Wahyuni, B. O. (2021). Metode Pembelajaran Interaktif Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Di Madrasah Ibtidahiyah Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 42–48.

Julya Marlita Khaerunisa, S., Anggraeni Dewi, D., & Furi Furnamasari, Y. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Sekolah Dasar. Action Research Literate, 4(1), 21–23. https://doi.org/10.46799/arl.v4i1.4

Kartini, D., & Dewi, D. (2021). Implementasi Pancasila dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 113–118. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1304

Lestari, P., Sunarto, & Cahyono, H. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Sila Kelima Dalam Pembelajaran. Sosial Horizon, 7(2), 130–144.

Nisa’, F., Larasati, H. R., & Supratman, Y. B. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Pancasila Di Sekolah Terhadap Penerapan Implementasi Pancasila Pada Pelajar. Jurnal Pancasila Dan Bela Negara, 1(1). https://doi.org/10.31315/jpbn.v1i1.4435

Nurizka, R., & Rahim, A. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah. Elementary School, 7(1), 38–49.

Nurohmah, A. N., Rahma, D., Izzati, N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Aulad : Journal on Early Childhood Implementasi Nilai-Nilai Pancasila pada Siswa Sekolah Dasar dalam Kehidupan Sehari-hari. 4(3), 116–124. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.191

Octavian, W. A. (2019). Terhadap Siswa Melalui Kegiatan Penyuluhan.

Pancasila, I. N. (2008). 7_Bunyamin_Maftuh_rev. II(2).

Pendidikan, J., Fauziah Hazimah, G., & Dewi, A. (2021). Upaya Memajukan Pendidikan Indonesia Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila. Sains Dan Teknologi, 8(1), 2021–2149.

Prahesti, D., Ismaya, H., Mayasari, N., Pendidikan, F., Pengetahuan, I., Ilmu, F., & Sosial, P. (n.d.). Di era ini , penanaman nilai karakter sangat penting dan diperlukan dalam proses tumbuh kembang siswa di sekolah agar siswa dapat memiliki akhlak yang baik dan juga dapat meningkatkan keberhasilan prestasi siswa . Dengan memberikan anak pendidikan artinya. 1–8.

Ridla ‘Adawiyyah. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Universitas Pendidikan Indonesia, 5, 1–9.

Rossa, B. (2019). Implementasi Nilai Pancasila Dalam Mengembangkan Sikap Sosial Siswa Di Sma Negeri 4 Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Syafitri, M. A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Sila Keempat pada Anak Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7684–7692. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2211

Syaumi, I. K., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Pelatihan Pendidikan Karakter dan Budaya Berbasis Pancasila. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 7863–7867. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2258

Tangu, Y. Y., Supeni, S., & Yusuf. (2020). Jurnal Global Citizen. Jurnal Global Citizen Jurnalilmiah, 9(2), 103–119.

Downloads

Published

2022-06-16

Issue

Section

Articles