Pentingnya Peran Pendidikan Pancasila Di Kalangan Mahasiswa Untuk Mencegah Paham Radikalisme

Authors

  • Novi Suci Dinarti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dinie Anggraenie Dewi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2890

Abstract

Abstrak

Indonesia merupakan negara yang majemuk dan dapat disebut juga masyarakat multicultural. Keanekaragaman bangsa Indonesia harus betul-betul dijaga. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai macam permasalahan yang dihadapi oleh bangsa, negara dan masyarakat Indonesia yang sangat pelik dengan munculnya gerakan dan paham radikalisme yang ada di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan bersifat kajian pustaka yang bertujuan agar pembaca mengetahui seberapa penting peran pendidikan pancasila dikalangan mahasiswa dalam mencegah masuknya paham radikalisme serta upaya agar mahasiswa dapat meningkatkan kesadaran dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam upaya menuntut ilmu. Peran mahasiswa sebagai Aeron Stock sangatlah penting untuk negara Indonesia, untuk itu dibutuhkannya ideologi yang kuat agar paham radikalisme sulit menenmbus pemikiran mahasiswa.

Kata Kunci: Pancasila, Radikalisme, Mahasiswa

 

Abstract

Indonesia is a pluralistic country and can also be called a multicultural society. The diversity of the Indonesian nation must really be maintained. This research is motivated by various kinds of problems faced by the Indonesian nation, state and society which are very complicated by the emergence of radicalism movements and understandings in society. This research uses qualitative research methods and is a literature review which aims to make readers know how important the role of Pancasila education is among students in preventing the entry of radicalism and efforts so that students can increase awareness in instilling national values in an effort to study. The role of students as Aeron Stock is very important for the Indonesian state, for that we need a strong ideology so that understanding radicalism is difficult to penetrate student thinking.

Keywords : Pancasila, Radicalism, Students

References

DAFTAR PUSTAKA

Arini, N. (2013). Tujuan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ketahui Landasannya! In Bpip.Go.Id. https://bpip.go.id/bpip/berita/1035/571/tujuan-pendidikan-pancasila-di-perguruan-tinggi-ketahui-landasannya.html

Belakang, A. L. (2017). No Title. 1–7.

Franky Rengkung, J. P. L. (2020). Pentingnya Revitalisasi Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila Untuk Mencegah Mekarnya Radikalisme Pada Generasi Muda. Politico, 9(4), 1689–1699.

Lestari, D., Sutono, A., & Sudrajat, R. (2021). Upaya Dosen Mata Kuliah Umum Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Mencegah Paham Radikalisme Di Perguruan Tinggi. Majalah Lontar, 33(1), 1–14. http://103.98.176.9/index.php/LONTAR/article/view/8045

Nurhayati, Indriani, I., & Utaminingsih, S. (2020). Efektivitas Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Dalam Mencegah Radikalisme Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitan & Pengabdian Kepada Masyarakat 2020 (SENANTIAS 2020), 1(1), 337–346.

Oktanisa, S., Maja, F. U. M. I., & Wasiran, Y. (2021). Pemahaman Ideologi Pancasila pada Aspek Agama. 1(1), 22–30.

Pantan, F., Benyamin, P. I., Handori, J., Sumarno, Y., & Sugiono, S. (2021). Resiliensi spiritual menghadapi disruption religious value di masa pandemi Covid-19 pada lembaga keagamaan. Kurios, 7(2), 435–445. https://doi.org/10.30995/kur.v7i2.352

Pradana, R., & Setiyono, J. (2021). Peran Pendidikan Pancasila Terhadap Pencegahan Penyebaran Terorisme Di Kalangan Pelajar. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 3(2), 136–154. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jphi/article/download/11085/5548

Rulyansah, A., Wardana, L. A., & Sari, I. N. (2018). Idealisasi Ideologi Pancasila untuk Pencegahan Radikalisme melalui Aktivitas Bela Negara pada PK2MABA Universitas Panca Marga. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1680–1687.

Suci, N., Dinie, D., Dewi, A., & Furi, Y. (2021). Meningkatkan Integrasi Nasional melalui Implementasi Nilai-Nilai Bhinneka Tunggal Ika. 5, 7890–7899.

UNDIP. (2018). Pentingnya Revitalisasi Mata Kuliah Untuk Tangkal Radikalisme di Kampus. https://www.undip.ac.id/language/id/archives/10463

Untuk, A., Nilai, P., & Di, T. (n.d.). No Title. 1–9.

Downloads

Published

2022-06-17

Issue

Section

Articles