Manajemen Evaluasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Output di Madrasah Diniyah Mu’allimin Pesantren Zainul Hasanain Genggong

Authors

  • Abdullah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Abdul Aziz Wahab Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Muhammad Hifdil Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.2902

Abstract

Abstrak

Manajemen merupakan prosesi perencanaan, pengorganisasian, pengrahan serta pmberdayaan sumber daya pendidikan agar tercapainya tujuan pendidikan dengan efektif dan efesien. Pembelajaran merupakan upaya segenap guru dalam mendesian instruktional, menyelenggrakan kegiatann belajarr-mengajarr (KBM), mengevaluasihasil belajar yang merupakan hasil pembejaran. Seorang pendidikk perlu memiliki ketrampilan dalam pengelolan pembelajara yang meliputii tiga tahap kegiatan, diantaranya membuat perencanaan pembelajara, melakukan proses pembelajara, dan melaksanakan evaluasii pembelajara. Rencana pembelajara itu dasar bagi peseta didik guna menerima pengalaman belajar di kelas. Perencanan pembelajaran meliputi penatan guru (pendidik), peserta didik dan tenaga administrasi, penggunaan metode, materil, prosedur yang merupakan unsur-unsur perangkat pembelajaran yang terorganisasi dengan sistematis dan sistematik.

Kata Kunci: Manajemen, Evaluasi, Pembelajaran

 

Abstract

Management is the proces of planing, organizing, directing and controlling educational resources to achieve educational goals effectively and efficiently. Learning is the teacher's effort in designing instructional, organizing teaching-learning activities, evaluating learning outcomes in the form of teaching outcomes. An educator must have skills in learning management which includes three stages of activities, including making lesson plans, carrying out the learning process, and carrying out learning evaluations. The lesson plan is the basis for students to receive the learning experience in the classroom. Learning plannig include the arrangement of teacher (educator), students and administrative staff, the use of methode, materils, procedures which are elements of learning tools that are organyzed systematicaly and systematically.

Keywords: Management, evaluation, learning

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Tanzeh dan Suyitno, Dasar-Dasar Penelitian, (Surabaya: Elkaf, 2006),

Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta, Bina Aksara, 2010),

Candra Wijaya dan Muhammad Rifa‟I, Dasar – Dasar Manajemen, ( Medan: PERDANA PUBLISHING, 2016),

Darsono. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press. 2000.

Dedy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001).

Departemen Agama RI. 2009. Al-Quran dan Terjemahnya. PT Sygma Examedia Arkanleema. Jakarta.

Ismil SM, Setrategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, ( Semarang : RaSAIL Media Grub, 2009),

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008).

Mahirah b., Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa), (Makasar, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alaluddin Makasar), 2017

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2011.

Musthofa Rembang, Pendidikan Transformatif: Pergulatan Kritis Merumuskan Pendidikan di Tengah Pusaran Arus Globalisasi, Cet. II (Yogyakarta : Teras, 2010).

Rahmad Hiddayat dan Chandra Wijaya. 2017. Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Rhenald kasali, The Great Shifting, PT gramedia pustaka utama, Jakarta 10270, 321

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2001),

Syaiful Sagala. Konsep dan Wacana Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2013.

Widoyoko, Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran; Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.

Downloads

Published

2022-09-21