Pemanfaatan Media Pembelajaran Papan Informasi Untuk Peserta Didik Dalam Mempelajari Norma-Norma Yang Berlaku Dalam Masyarakat Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan

Authors

  • Sukmawati Sukmawati Universitas Tadulako Palu
  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Tadulako Palu
  • Nuralia Nuralia Universitas Tadulako Palu
  • Bryan Bryan Universitas Tadulako Palu
  • Anastasya Anastasya Universitas Tadulako Palu
  • Juana Juana Universitas Tadulako Palu
  • Dalil Dalil Universitas Tadulako Palu
  • Nursianna Nursianna Universitas Tadulako Palu
  • Siti Nurhaliza Universitas Tadulako Palu

DOI:

https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2911

Abstract

Abstrak

Diera perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti saat ini, gaya belajar sangat berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik. Hal ini diakibatakan tersediannya secara instan segala informasi atau materi pemebelajaran di berbagai platform internet. Hal tersebut membuat tenaga pengajar harus lebih kretif lagi dalam menyamapaikan isi materi pembelajaran yang dibawakannya, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewaraganegaraan. Sehingga media pemebelajaran muncul sebagai salah satu alternatif yang digunakan sebagai pemberi informasi dalam proses belajar dan mengajar, adanya media pembelajaran tersebut di harapkan mampu merangsanag perhatian dan minat peserta didik untuk belajar. Dan salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk merangsang minat dan perhtian peserta didik ialah media pembelajaran papan informasi dengan materi Norma-norma dalam masyarakat sebagai materi belajar yang di praktekkan. Papan informasi sebagai media pembelajaran dipilih penulis sebab cara atau parkteknya mudah dipahami oleh peserta didik. Media tersebut dipilih untuk memudahkan peserta didik dalam memahami dzn mendapatakan informasi mengenai materi norma-norma dalam masyarakat. Pemilihan materi norma-norma dalam masyarakat sendiri di pilih sebab maraknya terjadi terjadinya degradasi moral yang tampak pada perilaku generasi muda sekarang dengan maraknya pemberitaan tawuran pelajar yang berujung kematian. Sehingga kami berharap dengan pemilihan materi norma-norma dalam masyarakat yang kami aplikasikan kedalam media pembelajaran,bisa mengurangi atau paling tidak mengurangi tindakan penyimpangan terhadap norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

Kata Kunci: Media pembelajaran, Teknologi, norma

 

Abstract

In the era of the development of science and technology as it is today, learning styles are very influential on students' interest in learning. This is due to the instant availability of all information or learning materials on various internet platforms. This makes the teaching staff have to be more creative in delivering the learning materials they bring, especially in the subjects of Pancasila Education and Citizenship. So that the learning media appears as an alternative that is used as a provider of information in the learning and teaching process, the existence of the learning media is expected to be able to give attention and interest to students to learn. And one of the learning media used to arouse interest and students is the information board learning media with the material on norms in society as learning material that is practiced. The information board as a learning medium was chosen by the author because the method or practice is easily accessible by students. The media was chosen to make it easier for students to understand and get information about the material norms in society. The selection of material norms in society itself was chosen because of the rampant occurrence of moral degradation which is seen in the behavior of the younger generation now with the rampant news of student deaths. So we hope that the selection of material norms in society that we apply to learning media can reduce or at least reduce actions against deviations from norms that apply in society.

Keywords: learningmedia, technology, norm

References

DAFTAR PUSTAKA

A Atem (2016). Ancaman Cyber Pornography Terhadap Anak-anak. 1(2),107-121,2016

Ainah. (2015). “Guru Dan Pendidikan Karakter: Sinegritas Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Era Milenialâ€. CV Adanu Abimata: Indramayu. Hal. 18.

Buchari, A. (2018). Peran guru dalam pengelolaan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(2), 106- 124.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

N Zuriah. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Polysynchronous. 6(1),12-25,2021

Normah, e. a. (2020). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Pada Era Disrupsi di Lingkungan Pendidikan Dasar. Jurnal Civic: Media Kajian Kewarganegaraan, 2(2), 117-129

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha. Vol 09, 33-41

Nurgiansah, T. H. (2022). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310–7316. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

P Adi. (2016),Pemudayaan nilai-nilai pancasila bagi masyarakat sebagai modal dasar pertahanan NKRI

Permendikbud No. 24 tahun 2016 jo Permendikbud No. 37 tahun 2018 tentang Kompetensi Inti

Rachman, F., Sugara, mochmamad H., & Nurgiansah, T. H. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Budaya Sunda Dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Madrasah Aliyah Negeri Purwakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 252–262

Rahman, A., & Suharno . (2019). Pelaksanaan Pendidikan Politik melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Volume 4(2), 282- 290.

Rifki Afandi 2015 https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/2450

Sapriya, d. (2016). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Bidang Keilmuan dan Program Pendidikan Dalam Konteks Penguatan Daya Saing Lulusan. Preceeding Internasional Seminar. Laboratorium Pendidikan kewarganegearaan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0. (n.d.). Preciding Semateksos 3.

Sukmawati, Jamaluddin. (2020). Implementasi Pemanfaatan Aplikasi QR Code Dalam Proses Pembelajaran PPKn. Palu.

Sukmawati, N. N. (2021). Studi Pustaka Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning pada Mahasiswa PPKn Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7188-7191.

Sukmawati. (2019). Pelaksanaan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Integritas Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Palu.

Sukmawati. (2020). Implementasi Pemanfaatan Geogle Classroom Dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4.0. Palu.

Ubaedillah. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Pancasila Demokrasi dan Pencegahan Korupsi. Media Grup: Jakarta

Downloads

Published

2022-06-18

Issue

Section

Articles